Kemkominfo latih penggunaan aplikasi desa di PPU
Elshinta
Rabu, 02 Desember 2020 - 07:45 WIB |
Kemkominfo latih penggunaan aplikasi desa di PPU
Sekretaris DPMD Kabupaten PPU Usep Supriatna saat memberikan sambutan dalam pembukaan pelatihan SID secara virtual dengan narasumber dari Kemkominfo, Selesai (1/12) (Antaranews Kaltim/ M Ghofar)

Elshinta.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melatih penggunaan aplikasi administrasi kependudukan (adminduk) pada 30 desa di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, untuk mempermudah pelayanan warga desa.

"Aplikasi layanan kependudukan ini masuk dalam laman masing-masing desa," ujar Kasubdit Layanan Aplikasi Informatika Pemerintah Daerah Ditjen Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kemkominfo Hasyim Gautama dari Jakarta, Selasa.

Dalam pelatihan secara virtual ini, ia juga membagikan alamat laman untuk 30 desa di PPU plus kata sandinya, sehingga bagi desa-desa yang belum memiliki laman, langsung bisa memanfaatkan laman yang baru dibuatkan tersebut.

Sementara desa yang telah memiliki laman, maka laman yang baru ini diharapkan sebagai ajang pengenalan sehingga ke depan akan terbiasa menggunakannya, karena pihaknya ingin adanya penyeragaman laman desa berbasis dot id.

Sebanyak 30 laman desa baru yang langsung bisa digunakan ini antara lain girimukti-penajam.desa.id, giripurwa.desa.id, sidorejo-penajam.desa.id, bukitsubur.desa.id, apiapi-waru.desa.id, sesulu-waru.desa.id, bangunmulya.desa.id, labangka.desa.id, labangkabarat.desa.id, dan rintik.desa.id.

Hal itu disampaikan Hasyim saat menjadi narasumber dalam pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) dengan topik Bimibingan Teknis Aplikasi SiDEKA-NG-PPU secara virtual, yang diikuti oleh tim dari kabupaten dan operator dari 30 desa se-PPU.

Selain menyerahkan alamat laman dan kata sandi serta membimbing cara masuknya, materi yang tidak kalah penting dalam pelatihan jarak jauh ini adalah sistem pengimputan administrasi kependudukan skala desa.

Untuk sementara, lanjutnya, karena masih dalam tahap belajar, maka untuk pengimputan adminduk, baru untuk skala desa, sedangkan ke depan jika semuanya sudah siap, maka aplikasi adminduk ini akan terhubung dengan kabupaten, provinsi, hingga pusat.

Terkait dengan adanya laman gratis untuk desa yang diberikan oleh Kemenkominfo, ia mengatakan bahwa laman serta fasilitas apapun yang memanfaatan teknologi informasi, itu hanya merupakan alat untuk mempermudah, bukan merupakan tujuan.

"Untuk itu, tetap dibutuhkan kreativitas dan inovasi teman-teman di daerah maupun di desa dalam menggali potensi lokal, sehingga setiap potensi nantinya bisa dikemas dalam laman untuk mempermudah pelayanan sekaligus untuk mempromosikan semua yang ada di desa," kata Hasyim.

Sementara Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten PPU Usep Supriatna, saat pembukaan acara itu mengatakan bahwa saat ini desa-desa di PPU sudah mengarah pada desa digital

"Jika dedi (desa digital) ini sudah berjalan, maka langkah ke depan pun sudah kami programkan untuk pengembangannya, seperti menuju dewa (desa wisata agro), dewi (desa wisata industri) dan lainnya yang semuanya berbasis desa cerdas," ucap Asep.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
WhatsApp akan dilengkapi spanduk penjelasan kebijakan privasi
Senin, 22 Februari 2021 - 18:44 WIB
Aplikasi perpesanan milik Facebook, WhatsApp, akan menambahkan spanduk dan informasi tambahan yang a...
Spotify terapkan WFA untuk karyawan
Minggu, 14 Februari 2021 - 12:47 WIB
Perusahaan layanan musik alir dan siniar asal Swedia Spotify akan memungkinkan karyawan untuk bekerj...
Twitter perkirakan pertumbuhan pengguna melambat pada 2021
Rabu, 10 Februari 2021 - 12:37 WIB
 Twitter melaporkan berhasil melampaui perkiraan penjualan dan laba perkuartalan, namun memperkirak...
Langkat jadi pilot project penggunaan aplikasi `Strategis` untuk program sembako
Rabu, 10 Februari 2021 - 10:45 WIB
Kementerian Sosial menunjuk Kabupaten Langkat, Sumatera Utara sebagai satu-satunya kabupaten/kota di...
Google desain ulang hasil pencarian di seluler
Sabtu, 23 Januari 2021 - 18:55 WIB
Google mendesain ulang tampilan hasil pencarian pada perangkat seluler.
Dukung ekonomi kerakyatan, NU-Zamedia luncurkan `Nahdlyin Smartbox`
Sabtu, 23 Januari 2021 - 15:24 WIB
Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk membangun ekonomi kerakyatan  serta mencetak usahaw...
Telegram dan Signal naik, setelah WhatsApp perbarui kebijakan privasi
Sabtu, 09 Januari 2021 - 13:38 WIB
Aplikasi perpesanan Telegram dan Signal dilaporkan mengalami peningkatan penggunaan yang tiba-tiba s...
Adobe Flash Player tamat mulai 12 Januari
Sabtu, 02 Januari 2021 - 16:34 WIB
Adobe mengumumkan mereka tidak lagi memberikan dukungan untuk Flash Player setelah 31 Desember 2020,...
PeduliLindungi memuat daftar penerima vaksin tahap awal
Sabtu, 02 Januari 2021 - 14:11 WIB
Platform pelacakan sebaran virus corona dari pemerintah, PeduliLindungi, kini bisa digunakan untuk m...
Instagram luncurkan notifikasi baru tentang informasi COVID-19
Jumat, 18 Desember 2020 - 12:35 WIB
Instagram mengumumkan dua fitur baru untuk membantu memerangi misinformasi COVID-19.
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV