Menikmati liburan Natal dan Tahun Baru di tengah pandemi COVID-19
Elshinta
Jumat, 25 Desember 2020 - 09:30 WIB |
Menikmati liburan Natal dan Tahun Baru di tengah pandemi COVID-19
Cara teraman untuk merayakan liburan Natal dan Tahun Baru kali ini berada di rumah bersama orang-orang yang tinggal bersama Anda. Ilustrasi (Pixabay)

Elshinta.com - Cara teraman untuk merayakan liburan Natal dan Tahun Baru kali ini berada di rumah bersama orang-orang yang tinggal bersama Anda, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

Penelitian menunjukkan hampir setengah dari orang yang tertular COVID-19 tidak mengalami gejala apa pun dan karena hal ini mereka mungkin tanpa disadari menyebarkannya lebih jauh.

Jika seseorang tidak sadar terinfeksi SARS-CoV-2 dan bertemu dengan anggota keluarga atau rekannya selama liburan, maka dia berkontribusi menularkan virus termasuk pada mereka yang mungkin sudah lebih rentan, seperti kerabat yang lebih tua atau memiliki kondisi kronis yang ada misalnya diabetes atau penyakit kardiovaskular.

Itulah alasan saran menikmati liburan tahun ini ialah tetap menghindari pertemuan sosial dan hanya merayakan Natal dengan orang-orang dari rumah sendiri.

Namun, seperti dikutip dari Medical News Today, Jumat, bagi Anda yang ingin mengusir sepi, CDC menyarankan Anda menghindari bertemu orang-orang yang mungkin sudah menghadapi risiko tinggi COVID-19, menahan diri untuk tidak bepergian ke daerah dengan jumlah kasus COVID-19 meningkat.

Selain itu, jika memungkinkan, gunakan kendaraan pribadi daripada menggunakan transportasi umum untuk menghindari kontak dekat dengan wisatawan lain.

Jika tidak bisa, patuhilah aturan yang ditetapkan pengelola moda transportasi. PT KAI Daop 1 Jakarta misalnya, menerapkan lima aturan khusus bagi para calon penumpangnya pada Masa Angkutan Nataru 2020/2021, yakni: menunjukkan surat keterangan rapid test antigen dengan hasil negatif paling lambat 3 x 24 jam atau H-3 sebelum keberangkatan (anak dibawah usia 12 tahun tidak diwajibkan) atau PCR Swab Tes.

Kemudian, mewajibkan calon penumpang memiliki kondisi sehat tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare dan demam dengan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius.

Mereka juga wajib menggunakan masker kain tiga lapis atau masker medis menutupi hidung dan mulut serta menggunakan face shield dari stasiun keberangkatan dalam perjalanan sampai stasiun tujuan dan menggunakan pakaian pelindung (jaket atau lengan panjang).

"Dengan adanya aturan syarat naik KA Jarak Jauh harus menunjukkan hasil rapid test antigen, KAI memberikan kebijakan penumpang bisa membatalkan dan mengubah jadwal dengan tenggang waktu 3 bulan dan tidak akan dikenakan bea," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam siaran tertulisnya belum lama ini.

Selain itu, Anda juga sebaiknya menghindari bepergian dengan orang dari tidak tinggal serumah dengan Anda untuk meminimalkan risiko pajanan.

Terakhir, penting untuk mendapatkan vaksinasi flu untuk membantu mencegah risiko tambahan dan melakukan tes COVID-19 baik sebelum maupun setelah bepergian.

Saat harus bertemu orang lain
Para pakar kesehatan mengingatkan Anda untuk memakai masker saat berada di tempat umum atau di sekitar orang yang tidak tinggal serumah dengan Anda, menjaga jarak secara fisik yakni 1-2 meter.

Anda juga harus rajin mencuci tangan. Penelitian menunjukkan, jika lebih dari setengah dari orang yang bepergian sering mencuci tangan (dengan cara yang benar) maka penyebaran infeksi virus dapat melambat sekitar 70 persen.

Jika akses ke sabun dan air terbatas atau tidak ada, CDC menyarankan untuk menggunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60 persen kandungan alkohol.

Jika Anda perlu menghadiri pertemuan kecil, pastikan Anda dan tuan rumah paham tentang langkah-langkah kesehatan dan keselamatan dari COVID-19.

Dari sisi peralatan makan, mungkin yang terbaik menggunakan piring dan peralatan makan sekali pakai dan mempertimbangkan untuk membawa makanan sendiri daripada berbagi makanan dengan tamu lain.

Kemudian, dari sisi jumlah tamu, idealnya hanya dalam jumlah sedikit dan berasal dari lokasi yang tak jauh dari lokasi tuan rumah, mengadakan acara di luar ruangan tetapi jika di dalam ruangan pastikan lokasinya berventilasi baik.

Penting juga untuk menjaga kebersihan permukaan benda yang biasa disentuh dan hindarilah bernyanyi atau berteriak untuk membatasi emisi partikel ke udara.

Orang yang sedang sakit tidak boleh menghadiri pertemuan dan sebagai gantinya dia bisa mengadakan kumpul-kumpul melalui obrolan video.

Pada akhirnya, liburan tahun ini Anda perlu menjadikan kesehatan diri dan orang yang kita cintai sebagai prioritas.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
WhatsApp akan dilengkapi spanduk penjelasan kebijakan privasi
Sabtu, 20 Februari 2021 - 07:41 WIB
Aplikasi perpesanan milik Facebook, WhatsApp, akan menambahkan spanduk dan informasi tambahan yang a...
Kominfo rilis 15 nama calon anggota Dewan Pengawas RRI
Jumat, 19 Februari 2021 - 16:13 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika hari ini mengumumkan 15 nama yang lolos seleksi calon anggota...
Gembong narkoba Asia produksi sendiri bahan `meth` di Golden Triangle
Sabtu, 13 Februari 2021 - 07:38 WIB
Gembong-gembong narkoba Asia kemungkinan memproduksi sendiri bahan-bahan mentah metamfetamin `meth`,...
Cara bangkit setelah kehilangan pekerjaan, kata ahli feng shui
Jumat, 12 Februari 2021 - 12:14 WIB
Perekonomian yang lesu di tengah pandemi COVID-19 membuat sebagian orang kehilangan mata pencaharian...
Google Chrome gulirkan pembaruan `patch` keamanan
Sabtu, 06 Februari 2021 - 13:45 WIB
Google mengeluarkan pembaruan keamanan untuk Chrome, berupa \"patch\" untuk mengatasi kerentanan d...
Pajak pulsa tak bebani konsumen, lahirkan kepastian hukum
Sabtu, 06 Februari 2021 - 13:15 WIB
Mulai bulan ini, peraturan baru pemerintah soal pengenaan pajak untuk pulsa seluler, voucher, kartu...
Pertama dalam 13 tahun, Suzuki Hayabusa hadir dengan wajah baru
Sabtu, 06 Februari 2021 - 10:30 WIB
Suzuki Motor Corporation menghadirkan generasi terbaru hyperbike All New Hayabusa 2021 pada Jumat ...
Menparekraf paparkan strategi pemulihan pariwisata di Forum ASEAN
Jumat, 05 Februari 2021 - 14:30 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahud...
Rumah tanpa lahan bukan penghalang untuk berkebun
Rabu, 03 Februari 2021 - 23:38 WIB
Ada sementara orang yang berpendapat tidak bakat dalam berkebun sebelum mencobanya. Salah satu alasa...
Operator seluler kaji aturan soal pajak pulsa
Sabtu, 30 Januari 2021 - 14:00 WIB
Operator seluler saat ini sedang mengkaji peraturan yang baru dikeluarkan pemerintah tentang pajak u...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV