Mengenal fungsi dan kegunaandari modem Wi-Fi untuk kehidupan
Elshinta
Jumat, 25 Desember 2020 - 22:44 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Mengenal fungsi dan kegunaandari modem Wi-Fi untuk kehidupan
Sumber foto: www.riaume.com.

Elshinta.com - Di zaman yang serba modern ini, rasanya hidup tanpa koneksi internet akan membuat hari-hari mu menjadi suram. Pasalnya, jika tanpa internet, kamu jadi tidak bisa mengakses informasi terkini yang datang dari berbagai belahan dunia. Kehadiran internet dalam mempermudah komunikasi serta memberi hiburan memang tak bisa dipungkiri lagi.

Untuk menyokong kebutuhan manusia dalam penggunaan internet, para ahli teknologi mengembangkan alat yang memungkinkan penggunanya untuk selalu terhubung dengan sambungan internet.

Saat ini, telah tercipta teknologi yang menyediakan sambungan internet yaitu modem Wi-Fi. Dengan alat ini, kamu bisa selalu terhubung dengan internet asalkan terdapat provider operator seluler yang menunjang jalannya kegiatan berselancarmu.

Kehadiran modem Wi-Fi saat ini makin krusial ketika pandemi Covid-19 melanda berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Banyak negara yang pada akhirnya sempat menerapkan lockdown. Di Indonesia sendiri, pemerintah sempat juga menerapkan PSBB (PembatasanSosial Skala Besar). Dengan terjadinya hal tersebut, tren WFH (work from home) akhirnya meningkat.

Memindahkan pekerjaan dari kantor menuju rumah tentunya bukanlah hal yang mudah, apalagi jika belum pernah melakukan sebelumnya. Untuk karyawan yang melakukan kerja dari rumah pertama kali pasti produktivitas akan menurun, belum lagi kalau ada gangguan misal dari koneksi yang kurang stabil, dan router ataupun modem yang kurang memadai. Karena itu, keberadaan modem wifi saat aktivitas seperti WFH saat ini sangatlah penting.

PengertianWi-Fi

Wi-Fi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data menggunakan gelombang radio atau secara nirkabel melalui sebuah jaringan komputer, termasuk juga koneksi Internet berkecepatan tinggi.

Wi-Fi Alliance mengartikan Wi-Fi sebagai “produk jaringan area lokal nirkabel (WLAN) apapun yang didasarkan pada standar Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11”. Namun karena kebanyakan WLAN pada zaman sekarang ini berpatokan pada standar tersebut, istilah “Wi-Fi” dipakai dalam bahasa Inggris umum sebagai sinonim “WLAN”.

Beberapa alat elektronik yang dapat mengakses Wi-Fi antara lain adalah komputer pribadi, konsol permainan video, ponsel pintar (smartphone), tablet, atau pemutar audio digital.

Beberapa alat tersebut dapat terhubung dengan sumber jaringan seperti Internet melalui sebuah titik akses jaringan nirkabel.

Titik akses atau dapat disebut dengan hotspot itu sendiri memiliki jangkauan sekitar 20 meter (65 kaki) di dalam ruangan dan lebih luas lagi di luar ruangan. Cakupan hotspot atau titik akses itu juga dapat mencakup wilayah seluas kamar dengan dinding yang menghalangi gelombang radio atau beberapa mil persegi ini dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa titik akses yang saling tumpang tindih.

Selain itu, Wi-Fi juga merupakan merek dagang Wi-Fi Alliance dan nama merek untuk produk-produk dari keluarga standar IEEE 802.11. Produk-produk yang boleh menggunakan nama dan merek dagang “Wi-Fi CERTIFIED” adalah produk yang sudah menyelesaikan uji coba sertifikasi interoperabilitas Wi-Fi Alliance.

Pada umumnya,Wi-Fi akan menggunakan frekuensi gelombang radio di dalam rentang 2,4GHz s/d 5GHz, agar Wi-Fi dapat terhubung atau terkoneksi dengan suatu perangkat elektronik. Untuk masalah frekuensi Wi-Fi berdasarkan standar dari Electrical And Electronis Engineers (IEEE), hal tersebut terbagi ke dalam empat bagian, antara lain:

  • 802.11b 11 Mb/s 2.4 GHz B
  • 802.11g 54 Mb/s 2.4 GHz B, G
  • 802.11a 54 Mb/s 5 GHz A
  • 802.11n 100 Mb/s 2.4 GHz B, G, N

PengertianModem

Modem adalah sebuah perangkat keras yang punya fungsi untuk mengubah 2 sinyal untuk menerima dan mengirim pesan bisa berjalan dengan baik. Kata modem merupakan singkatan dari Modulator Demodulator.

Modulator berfungsi sebagai pengubah sinyal informasi untuk dijadikan sinyal pembawa data yang siap dikirimkan. Sedangkan demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang dapat diterima dengan baik.

Pada umumnya, fungsi modem sebagai alat untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog maupun sebaliknya. Tetapi modem memiliki fungsi lainnya seperti berikut:

  • Perangkat untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog
  • Menghubungkan perangkat dengan jaringan
  • Melakukan proses modulasi dan demodulasi
  • Melakukan pengecekan data dan komunikasi
  • Melakukan kompresi data yang dikirimkan melalui sinyal

Perlu kamu tahu, terdapat dua jenis modem yang familiar saat ini, yaitu modem eksternal dan modem internal. Untuk modem internal biasanya dibuat sebagai perangkat tambahan yang dipasang pada motherboard komputer. Modem ini disebut internal karena memang berada di dalam casing komputer. Jika dijelaskan secara lebih mudah, modem ini hanya bisa dilepas dengan cara membuka casing komputer terlebih dahulu.

Modem internal umumnya berbentuk seperti kartu yang ditanam pada slot PCI motherboard komputer. Pada modem tersebut terdapat beberapa saluran yang bisa dihubungkan dengan kabel telepon. Saluran ini biasa disebut dengan istilah Port. Saluran inilah nantinya yang akan menghubungkan antara modem internal dengan jaringan telepon yang berfungsi juga sebagai jaringan internet.

Sedangkan untuk modem eksternal, sebenarnya ini sudah lebih sering dijumpai. Pada umumnya, modem eksternal punya bentuk seperti Flasdisk USB yang bisa dipasang dan dilepas sesuai dengan kebutuhan.

Orang-orang yang sibuk dan sering bepergian paling cocok memakai modem ini. Umumnya menggunakan sim card sebagai penyedia jaringan. Dikategorikan sebagai modem eksternal karena bisa dipasang dan dilepas kapan saja tanpa membuka casing komputer. Modem jenis ini menggunakan slot PCMCIA yang ada di komputer atau laptop.

Selain keduajenis modem tersebut, smartphone saat ini juga dapat dijadikan modem. Saat ini hampri semua jenis smartphone, dari entry-level hingga flagship sudah memiliki fitur hotspot. Dengan begitu, kamu pun dapat menggunakan smartphone untuk menghubungkan jaringan internet ke perangkat lainnya.

Kamu hanya perlu mengaktifkan pengaturan hotspot smartphone, lalu sambungkan perangkat lain dengan fitur WLAN atau wifi yang ada pada gadget tersebut. Maka internet sudah bisa diakses.

Fungsi Modem Wi-Fi

Di era sekarang, ada berbagai macam modem yang beredar untuk kemudahan akses internet, salah satunya adalah modem Wi-Fi. Adapun, salah satu fungsi modem WiFi yaitu sebagai media perantara jaringan internet dengan berbagai perangkat seperti smartphone, laptop, tablet, maupun komputer tanpa batasan jumlah perangkat yang tersambung.

Fungsi modem WiFi selanjutnya adalah untuk memeriksa status paket data dari provider operator seluler yang kamu gunakan untuk berselancar internet. Status paket data yang bisa kamu periksa melalui modem WiFi adalah sisa kuota internet yang digunakan.

Selain itu, modem Wi-Fi juga memiliki peran seperti ponsel yaitu dapat mengirim dan menerima pesan (SMS) dengan cara menghubungkan modem terlebih dahulu dengan laptop atau komputer.

Selanjutnya, fungsi modem Wi-Fi yang harus kamu tahuya itu kamu bisa mengubah nama koneksi WiFi sesuai keinginanmu sehingga ketika pengaturan WiFi pada smartphone diaktifkan, akan muncul nama WiFi yang kamu buat beserta kata sandi yang sudah kamu atur melalui modem.

Keunggulan Menggunakan Modem Wi-Fi

Setelah mengetahui fungsi dari modem Wi-Fi, ada baiknya juga jika kamu mengetahui keunggulan-keunggulan dari menggunakan modem jenis ini. Adapun, modem Wi-Fiportable yang sedang populer saat ini mempunyai tugas sebagai perantara antara koneksi internet dengan berbagai perangkat elektronik lainnya, mulai dari laptop, PC, tablet, maupun smartphone.

Nah, berikut ini adalah beberapa keunggulan dari menggunakan modem Wi-Fi!

1. Punya Bentuk yang Simpel

Modem Wi-Fi saat ini cenderung didesain portable dan punya bentuk yang mungil sehingga tidak akan membuat repot penggunanya saat sedang dibutuhkan. Pasalnya, dengan ukuran modem Wi-Fi yang secara umum lebih kecil dari ukuran mouse tidak akan memenuhi kantong atau menghabiskan ruangan kerjamu.

2. Tidak Membutuhkan Listrik

Di masa sekarang, modem Wi-Fi saat yang didesain portable tidak akan membutuhkan listrik. Hal ini karena sudah tertanam baterai yang memungkinkan modem untuk tetap aktif tanpa tersambung dengan listrik.

Dengan demikian, kamu tidak membutuhkan stop kontak untuk menyalakan modem Wi-Fi portable milikmu. Kamu hanya perlu mengisi daya modem Wi-Fi seperti ketika mengisi baterai smartphone.

Namun, hal ini tidak bisa diterapkan pada modem Wi-Finon portable. Hal ini karena tidak hadirnya baterai dalam modem Wi-F in onportable yang kemudian mengharuskan kamu untuk membawa kepala charger agar modem WiFi bisa aktif. Untungnya, kamu juga bisa menggunakan power bank untuk menghidupkan modem Wi-Fi non-portable loh.

3. Menghemat Baterai Smartphone

Ketika smartphone milikmu terhubung dengan sinyal dari modem Wi-Fi, akan dipastikan baterai smartphonemu menjadi lebih awet dibanding berselancar menggunakan paket data di smartphone. Hal ini karena smartphone milikmu tidak perlu mengeluarkan energi berlebih karena harusmencari sinyal internet.

Terlebih lagi jika kamu terbiasa menggunakan smartphonemu untuk tethering, baterai akan sangat cepat terkuras karena harus memancarkan jaringan internet ke perangkat lainnya. Oleh karena itu, memilih modem WiFi adalah keputusan yang tepat untuk menghemat baterai smartphone sekaligus mengurango resiko rusaknya gawaimu karena dipaksa mengeluarkan energi terlalu besar.

4. Kemampuan Mengirim dan MenerimaSinyal

Selain ukurannya yang mungil, modem Wi-Fi juga dapat mencakup sinyal secara luas. Yang dimaksud di sini adalah dibanding smartphone yang hanya dapat menerima sinyal terbatas spesifikasi merek, modem Wi-Fi dapat menerima sinyal dari provider operator seluler secara maksimal. Alhasil, gawai seperti smartphone dan laptop yang terhubung dengan modem Wi-Fi akan menerima cakupan sinyal secara mudah dan banyak.

Tidak hanya itu, sinyal yang dikirimkan modem Wi-Fi juga cukup luas meskipun tetap bergantung pada spesifikasi yang ditawarkan tiap merek. Jarak jangkau maksimal yang ditawarkan sebagian besar merek modem Wi-Fi adalah sepanjang 30 meter.

5. Biaya Internet Lebih Hemat

Apabila kamu menggunakan PC atau laptop, maka kamu sudah pasti memerlukan koneksi internet. Kebanyakan orang memanfaatkan hotspot Wi-Fidari smartphone agar bisa berseluncur di dunia internet dengan laptop/PC. Namun cara tersebut tentunya akan sangat memboroskan. Pasalnya, satu perangkat apabila dipakai bersamaan akan jauh lebih boros biaya internetnya.

Beda ceritanya jika kamu mempunyai modem Wi-Fi. Dengan menggunakan modem Wi-Fi, biaya internetmu akan jauh lebih hemat, karena dengan satu modem saja bisa dibagi ke banyak perangkat. Apalagi kalau sudah mengaktifkan paket internet unlimited murah.

6. Bisa untuk Sharing Internet

Keunggulan terakhri dari menggunakan modem Wi-Fi yang wajib kamu ketahui adalah bisa dipakai untuk sharing internet. Perlu kamu tahu, modem Wi-Fi ini tidak hanya bisa digunakan oleh satu user saja, tetapi lebih dari satu user.

Bahkan ada yang mampu menampung 32 user sekaligus. Dengan begitu, apabila temanmu sedang membutuhkan koneksi internet, kamu bisa mengajaknya untuk terhubung dengan modem Wi-Fi portabel milikmu itu.

Itulah pembahasan seputar fungsi dan kegunaan dari modem Wi-Fi. Apakah kamu sudah menggunakannya?

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Cegah pelanggaran UU ITE, Kominfo BAKTI rangkul Komisi l masifkan edukasi ke masyarakat
Senin, 22 Februari 2021 - 16:26 WIB
Penggunaan kemajuan teknologi informasi diharapkan menjadi penguatan Kebhinekaan NKRI dan penunjang ...
Pemerintah tuntaskan target dukungan akses internet bagi 3.126 fasilitas layanan kesehatan
Minggu, 27 Desember 2020 - 12:10 WIB
Presiden Joko Widodo menyatakan pandemi menjadi momentum untuk melakukan reformasi kesehatan. Salah ...
Mengenal fungsi dan kegunaandari modem Wi-Fi untuk kehidupan
Jumat, 25 Desember 2020 - 22:44 WIB
Di zaman yang serba modern ini, rasanya hidup tanpa koneksi internet akan membuat hari-hari mu menja...
Kominfo fokuskan pembangunan jaringan 4G pada 2021
Selasa, 15 Desember 2020 - 15:12 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan fokus membangun jaringan 4G di seluruh Indones...
BRTI: Sharing frekuensi diperlukan agar tidak ada monopoli
Kamis, 12 November 2020 - 09:50 WIB
Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) bidang teknologi Agung Harsoyo mengatakan ...
BAKTI Kominfo raih penghargaan dunia
Sabtu, 07 November 2020 - 12:39 WIB
Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (K...
Huawei dan pakar gelar pertemuan bahas teknologi ramah lingkungan
Rabu, 04 November 2020 - 17:25 WIB
Huawei kembali menggelar ``Better World Summit 2020 ``dengan ``Power Digitalization 2025`` menjadi t...
Huawei Indonesia dukung program vokasi pemerintah
Kamis, 29 Oktober 2020 - 13:21 WIB
Huawei Indonesia menyatakan kesiapan mereka dalam mendukung komitmen Pemerintah Indonesia terkait pr...
Jaringan internet desa dukung kegiatan di tengah pandemi
Kamis, 29 Oktober 2020 - 11:58 WIB
Di tengah masa pandemi Covid-19 kehadiran jaringan internet ke desa-desa di Subang Jawa Barat diras...
Industri dorong konsumen beli ponsel resmi dukung aturan IMEI
Minggu, 20 September 2020 - 10:40 WIB
Pemerintah awal pekan ini resmi memberlakukan kebijakan pengendalian International Mobile Equipment ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV