Forum Komunikasi Induk Cabor Indonesia usulkan penyempurnaan regulasi keolahragaan
Elshinta
Selasa, 29 Desember 2020 - 21:48 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Forum Komunikasi Induk Cabor Indonesia usulkan penyempurnaan regulasi keolahragaan
Sumber foto: Bayu Koosyadi/elshinta.com

Elshinta.com - Dalam diskusi secara virtual atau webinar yang dimoderatori oleh Eddy Fadil Rahman, Forum Komunikasi Induk Cabor Indonesia yang diikuti oleh 15 cabor yakni PP IJBA (Jet ski), PP Persambi (Sambo), PB Porlasi (Layar), PP PTMSI (Tenis Meja), PB IPSI (Pencak Silat), PB JI (Jujitsu), PB FOPI (Petanque), PB PODSI (Dayung), PB PERSANI (Senam), PB POBSI (Biliard), PB PERBASI (Basket), PB Perkemi (Kempo), PB MPI (Modern Pentathlon), PB Pelti (Tenis Lapangan) dan PB Porgatsi (Gateball) sepakat untuk dilakukan penyempurnaan regulasi keolahragaan. 

 "Bahwa opini yang ada selama ini dipihak Kemenpora dukungan atas proses peningkatan prestasi olahraga Indonesia lebih cenderung dukungan kepada keikutsertaan atlet pada kegiatan multi event internasional seperti Olimpiade Asian Games, Asian Beach Games serta Sea Games. Sementara kegiatan yang single even seperti kejuaraan dunia, asia maupun regional selama ini kurang mendapat perhatian," jelas Renaldi yang selaku Sekjen PB IJBA seperti dilaporkan Reporter Elshinta, Bayu Koosyadi, Selasa (29/12). 

Forum Komunikasi Induk Cabang Olahraga Indonesia mengusulkan kepada pemeintah agar dilakukan penyempurnaan regulasi keolahragaan dalam hal ini adalah perundang-undangan beserta turunannya baik regulasi menyangkut teknis keolahragaan maupun regulasi menyangkut dukungan anggaran yang memadai bagi pelaksanaan proses pembinaan prestasi olahraga nasional.

Renaldi Duyoh selaku juru bicara Forum Komunikasi Induk Cabang Olahraga Indonesia menjelaskan bahwa penyempurnaan yang dimaksud adalah selain merubah kandungan regulasinya juga menambahkan atau menyederhanakan termasuk meniadakan regulasi teknis yang dianggap berlebihan dan tidak memberikan ruang fleksibel dalam mendukung proses pembinaan prestasi olahraga.

Oleh karenanya seperti dikatakan Renaldi, Forum Komunikasi Induk Cabang Olahraga Indonesia, proses kompetisi prestasi yang sangat ketat adalah di single event sehingga hal ini perlu diluruskan agar secara keseluruhan proses peningkatan prestasi dapat seirama dengan apa yang dílakukan oleh induk cabang olahraga Indonesia.

Dilain hal lanjut Renaldi  kejuaraan single event itu juga rangkain dari proses pembinaan peningkatan prestasi atlet.

Diskusi yang merupakan refleksi akhir tahun 2020 ini pada prinsipnya menindaklanjuti pernyataan Presiden Joko Widodo pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September 2020 lalu.

Presiden Jokowi secara gamblang mengatakan bahwa proses peningkatan prestasi olahraga Indonesia harus dirombak total terutama pada sistim tata kelola pembinaan keolahragaan.

Namun Forum Komunikasi Induk Cabang Olahraga Indonesia melihat sejak adanya arahan Presiden Jokowi agar Kemenpora dan seluruh stake holder olahraga prestasi Indonesia melakukan rombak total sistim tata kelola pembinaan prestasi olahraga nasional ternyata belum ada gerakan nyata yang dilakukan oleh Kemenpora agar arahan tersebut dilaksanakan segera.

Sistem tata kelola pembinaan prestasi olahraga Indonesia saat ini dianggap tidak mampu memenuhi tuntutan prestasi olahraga untuk bersaing  di tingkat dunia. Sementara itu di negara lainpun melaksanakan secara serius proses pembinaan para atletnya.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran bersama bahwa pihak Kemenpora tidak mampu menangkap harapan Presiden Jokowi yang berkeinginan kuat agar proses pencapian prestasi olahraga Indonesia dapat meningkat dan bahkan menjadi pesaing kuat bagi negara-negara maju dibidang olahraga.

Dalam kesempatan diskusi yang berlangsung selama 3 jam itu, Forum Komunikasi Induk Cabang Olahraga Indonesia menyarankan agar Menpora Zainudin Amali dapat secara rutin melakukan komunikasi/pertemuan dengan seluruh induk cabang olahraga yang ada.

Selama ini induk cabang olahraga merasa kesulitan untuk melakukan audensi dengan menpora yang sebenarnya telah ada tradisi rutin dilakukan oleh beberapa menpora sebelumnya.

Hal ini dimaksud agar menpora dapat mendengar dan menerima langsung masukan-masukan dari para pengurus induk cabang olahraga dalam rangka bersinergi untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
KONI Pusat dukung PP IMI untuk hadirkan lagi balap motor bebek
Selasa, 02 Maret 2021 - 22:41 WIB
Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman mendukung rencana Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IM...
Ganda putra Bagas/Fikri adaptasi lapangan setibanya di Swiss
Selasa, 02 Maret 2021 - 11:23 WIB
Pasangan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang menjadi salah satu dari tiga wakil ganda putra b...
Menpora targetkan Indonesia tembus 10 besar di Olimpiade 2032
Senin, 01 Maret 2021 - 14:47 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memiliki target ambisius kepada kontingen Merah Putih aga...
IPSI Lampung Barat bersiap diri hadapi Sirkuit Pencak Silat Lampung
Senin, 01 Maret 2021 - 07:11 WIB
Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung mulai bersiap diri un...
Pramoedya Sufallah optimistis raih medali di PON Papua
Minggu, 28 Februari 2021 - 16:53 WIB
Atlet lontar martil Pramoedya Sufallah optimistis mampu menyumbangkan medali untuk kontingen Sumater...
Timnas bulu tangkis Indonesia bertolak ke Swiss Sabtu malam
Sabtu, 27 Februari 2021 - 22:32 WIB
Tim nasional bulu tangkis Indonesia yang beranggotakan 22 atlet bertolak dari Bandara Soekarno Hatta...
Ade Yasin ajak pemuda sukseskan turnamen esports Piala Bupati Bogor
Sabtu, 27 Februari 2021 - 21:58 WIB
Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin mengajak para pemuda setempat untuk mensukseskan turnamen esport...
Siap berlaga di IBL 2021, tim basket Satya Wacana bidik lolos `playoff`
Sabtu, 27 Februari 2021 - 11:11 WIB
Dalam hitungan hari tim basket milik Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) akan berkompetisi pada ...
Minim anggaran dan pemasukan, Dispora Kota Bandung tetap pelihara Stadion GBLA
Jumat, 26 Februari 2021 - 15:38 WIB
Di tengah keterbatasan anggaran dan minimnya pemasukan, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ban...
Atlet hingga tim pendukung Pelatnas PBSI disuntik vaksin Jumat
Kamis, 25 Februari 2021 - 23:14 WIB
Sebanyak 82 orang penghuni Pelatnas PBSI Cipayung yang terdiri dari atlet, pelatih, hingga tim pendu...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV