Pelindo III: Terminal LNG Benoa Dukung Ketahanan Kelistrikan Bali melalui Green Energy
Elshinta
Kamis, 31 Desember 2020 - 09:35 WIB | Penulis : Dody Handoko | Editor : Administrator
Pelindo III: Terminal LNG Benoa Dukung Ketahanan Kelistrikan Bali melalui Green Energy
Terminal LNG Benoa yang dioperasikan cucu usahanya PT Pelindo Energi Logistik (PT PEL)- foto ist

Elshinta.com - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III terus berinovasi dan berkontribusi nyata dalam menjaga kehandalan energi Indonesia. Salah satunya dengan hadirnya Terminal LNG Benoa yang dioperasikan cucu usahanya PT Pelindo Energi Logistik (PT PEL) yang diresmikan Presiden Jokowi pada 11 Juni 2016 telah memberikan angin perubahan dalam pemanfaatan energi hijau atau green energy di Pulau Dewata.

"PT Pelindo III melalui PT PEL berkomitmen tinggi untuk memberikan pelayanan terbaik dalam mendukung ketahanan energi nasional," ujar Direktur Utama PT Pelindo Energi Logistik (PEL) Wawan Sulistiawan, dikutip dari rilis tertulis, Rabu (30/12/2020).

Terminal LNG Benoa juga telah ditetapkan sebagai Obyek Vital Nasional bidang Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui penetapan Kementerian ESDM yang diputuskan melalui Kepmen ESDM No.159/2020 (Terminal LNG Benoa halaman 27 nomor urut 118) itu sebagai bentuk komitmen PT Pelindo III dalam mengamankan fasilitas Terminal LNG Benoa untuk mendukung kehandalan kelistrikan Indonesia.

Terminal LNG Benoa merupakan LNG Terminal Terapung Pertama skala menengah (middle scale) di Indonesia untuk menyimpan, meregasifikasi dan menyalurkan gas ke Pembangkit Listrik Tenaga Diesel dan Gas 200 MW Pesanggaran (PLTDG) milik PT Indonesia Power (PT IP) yang merupakan anak perusahaan PT PLN.

Menurutnya, pola pemanfaatan Terminal LNG terapung untuk mendukung kehandalan energi listrik tersebut dinilai paling tepat untuk Indonesia sebagai negara kepulauan. Peran pelabuhan sebagai link (supply chain logistik); gateway (pintu gerbang ekonomi) dan interface (pertemuan sea dan land transportation) sangat mendukung terciptanya efisiensi energi listrik di Pulau Bali.

"Hingga akhir tahun 2020 Terminal LNG Benoa telah berhasil melakukan 83 (delapan puluh tiga) pengapalan LNG dengan status Zero Accident untuk memenuhi kebutuhan pasokan gas PLTDG Pesanggaran dimulai sejak tahun 2016 hingga saat ini," kata Wawan.

"Hal ini merupakan komitmen PT Pelindo III menjalankan lima prioritas prinsip Kementerian BUMN yaitu Pengembangan Talenta yang diimplementasikan oleh PT PEL dalam meningkatkan kompetensi SDM dan memiliki sertifikasi dari BNSP," lanjutnya.

Dikatakan bahwa penggunaan LNG (gas alam cair) untuk energi listrik juga memiliki nilai lingkungan dan ekonomis yang tinggi. Dibandingkan dengan bensin dan solar, LNG lebih ramah lingkungan karena dapat mengurangi emisi sekitar 85%, dan dibandingkan CNG, LNG memiliki nilai densitas energi 3 kali lebih besar pada volume yang sama disamping menghasilkan harga ekonomi kelistrikan yang sangat efisien.

"Kolaborasi antara PT Pelindo III, PT PLN dan PT Pertamina dalam ekosistem bisnis BUMN itu mendukung program pemerintah 'konversi energi pembangkit listrik' dari BBM menjadi gas yang lebih ramah lingkungan, juga mampu menghemat Rp4 milyar/hari dari penggunaan BBM," jelasnya.

Selain itu, PT PEL telah mendapatkan sertifikasi dan selalu berkomitmen dalam penerapan sesuai dengan ketentuan ISO 9001:2015 (Sistem Manajemen Mutu) dan ISO 14001:2015 (Sistem Manajemen Lingkungan) serta Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja ISO 45001:2018 oleh Badan Audit Lloyd’s Register. 

"Ke depan Pelindo III melalui cucu usahanya PT PEL akan mengembangkan pemanfaatan LNG untuk Menjaga Ketahanan Energi Nasional melalui fasilitas midstream LNG untuk kebutuhan Pembangkit, Industri, Retail dan Rumah Tangga," ungkapnya.

Sesuai dengan kontrak kerjasama antara PT PEL dengan PT IP tentang penyediaan fasilitas midstream LNG, PT PEL memiliki wewenang dan tanggung jawab dalam menjamin pasokan penyaluran gas ke PLTDG Pesanggaran yang didukung oleh beberapa fasilitas pendukung seperti LNG Carrier, Floating Storage Unit, Floating Regasification Unit, dan Port and Pipe yang dikerjasamakan dengan beberapa mitra kerja. 

"Dalam rangka menjamin keandalan penyaluran gas ke pembangkit, PT PEL selalu berusaha menjaga kesiapan seluruh fasilitas pendukung. PT PEL melakukan perbaikan FRU yang seharusnya dilakukan oleh mitra kerja PEL demi tetap menjaga keandalan pasokan penyaluran gas ke pembangkit," pungkasnya.(dody)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Antisipasi kerusakan jalan dan longsor, BBPJN V Sumsel siapkan 17 posko  
Sabtu, 27 Februari 2021 - 09:44 WIB
Hadapi musim hujan yang berdapak terhadap kerusakan jalan dan longsor, Balai Besar Pelaksana Jalan N...
Sasaran fisik TMMD Boven Digoel bangun rumah warga
Sabtu, 27 Februari 2021 - 06:26 WIB
 Sasaran program fisik Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 di Kabupaten Boven Digoel tah...
Warga Desa Tolok sudah bisa menggunakan sebagian jalan Program TMMD
Jumat, 26 Februari 2021 - 17:58 WIB
Meskipun penambahan tanah untuk jalan dalam rangka program TNI Manunggal Membangun Desa Reguler ke-1...
Bersama warga, Prajurit Satgas Yonif 642 perbaiki jembatan yang rusak akibat banjir
Jumat, 26 Februari 2021 - 13:24 WIB
Untuk meningkatkan kualitas sarana prasarana umum demi kepentingan masyarakat di wilayah perbatasan ...
Forum SKPD Langkat jadi wadah koordinasi antar pelaku pembangunan
Jumat, 26 Februari 2021 - 10:55 WIB
Forum Satuan Kinerja Perangkat Daerah (SKPD) digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) ...
Kerukunan masyarakat Papua di Jawa Timur dukung keberlanjutan Otsus
Jumat, 26 Februari 2021 - 10:11 WIB
Kerukunan Masyarakat Papua yang berada di Jawa Timur mendukung program pemerintah tentang keberlanju...
Kepala Suku di Penggunungan Tengah Papua dukung otsus diperpanjang
Senin, 22 Februari 2021 - 12:24 WIB
Para Kepala suku yang tergabung dalam RKPT (Rukun Keluarga Pegunungan Tengah) Kabupaten Keerom, Papu...
Menteri PUPR siapkan langkah darurat dan jangka panjang
Minggu, 21 Februari 2021 - 08:27 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyiapkan langkah penanganan ...
Satgas Pamtas Yonif 642 bantu warga perbaiki gereja
Minggu, 21 Februari 2021 - 08:11 WIB
Sebagai bukti kedekatan dan kepedulian dengan masyarakat perbatasan RI-Malaysia, Satgas Yonif 642/...
Wamendes PDTT: UU Ciptaker untungkan BUMDes
Jumat, 19 Februari 2021 - 13:45 WIB
Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi mengatakan, h...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV