UB berangkatkan 21 nakes UB-RSSA ke Mamuju
Elshinta
Jumat, 22 Januari 2021 - 18:48 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
UB berangkatkan 21 nakes UB-RSSA ke Mamuju
Sumber foto: El Aris/elshinta.com.

Elshinta.com - Sebanyak 21 tenaga kesehatan UB-RSSA diberangkatkan guna memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak korban gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (22/1). Keberangkatan tim gabungan Fakultas Kedokteran UB dan RSUD dr. Saiful Anwar (RSSA) Malang yang difasilitasi oleh Komandan Lanud Abdulrachman Saleh dengan pesawat TNI AU Hercules ini menyusul dua anggota tim yang telah berangkat sehari sebelumnya.

Pelapasan Tim Emergensi Medis atau Emergency Medical Team (EMT) ini dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting yang diikuti oleh jajaran Wakil Rektor, perwakilan Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Dekan Fakultas, Direktur RSUD dr. Saiful Anwar beserta jajaran dan Direktur RSUB beserta jajaran. 

Ketua Tim dr. Satria Pandu Persada Isma, Sp.OT (K) menyampaikan, agenda yang dilakukan di hari pertama ini adalah koordinasi dengan RSUD Provinsi Sulawesi Barat, melakukan orientasi terhadap pasien, serta melanjutkan rencana yang sudah disusun oleh tim sebelumnya dari Universitas Hasanudin Makassar.

"Kita terus lakukan koordinasi dengan yang di Sulbar termasuk dimana kita memberikan bantuan medis," katanya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, El Aris, Jumat (22/1).

Sementara itu, Dekan FK-UB Dr. dr. Wisnu Barlianto, M.Si.Med, Sp.A (K) menyatakan, UB memiliki tanggung jawab moral dalam menghadapi bencana ini dengan memberikan yang terbaik sesuai kompetensi yang dimiliki. 

“Dalam fase tanggap darurat ini kita berharap bisa membantu khususnya dalam pelayanan di bidang kesehatan. Dan Ini bukan yang pertama kali dilakukan, dulu kami pernah membantu bencana di Palu dan Lombok. Insya Allah tim EMT selalu solid dan siap sedia dalam penanganan bencana,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Direktur RSSA Dr. dr. Kohar Hari Santoso, Sp.An., KAP., KIC, di mana konsep dasar sebuah rumah sakit harus mempunyai Hospital Disaster and Epidemic Plan. 

“RS ada bukan hanya untuk sekedar menolong orang yang datang ke RS, tetapi juga menolong mereka yang berada di luar RS yang mengalami musibah karena bencana. Semoga teman2 tim bisa melakukan pekerjaaannya dengan aman, lancar, dan barokah,” jelas Kohar.

Mewakili Komandan TNI AU Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Mayor Sufriadi menyatakan TNI AU siap mendukung misi kemanusiaan penanggulangan bencana ini. Baik berupa pendistribusian logistik, tenaga kesehatan atau relawan.

Rektor Universitas  Brawijaya Malang, Prof. Nufil Hanani, mengapresiasi kerja sama antara UB, RSUB, RSSA, dan Lanud Abdulrachman Saleh.

"Tim EMT untuk menjaga diri terutama pada masa pandemi Covid-19 ini. Terima kasih atas kerja sama berbagai pihak selama ini dalam kepeduliannya melakukan kegiatan sosial, terutama kegiatan yang tidak terduga seperti bencana gempa ini. Dan kami berharap tim EMT dapat mengikuti protokol kesehatan dengan baik, sehingga tim dapat bekerja menolong sesama dengan maksimal dan bisa kembali dengan sehat dan selamat,” pungkas Nufil. 

Tim EMT akan berada di Mamuju selama delapan hari. Total tenaga kesehatan yang diberangkatkan adalah 23 orang yang terdiri dari 13 dokter dan 10 perawat, dengan berbagai spesialisasi, yaitu Emergency Medicine (2 orang), Ilmu Penyakit Dalam (1 orang), Orthopedi (5 orang), Anastesi dan Terapi Intensif (4 orang), Ilmu Kesehatan Anak (1 orang), Manajeman Bencana (1 orang), Perawat Anastesi (2 orang), Perawat IGD (3 orang). Perawat IBS (2 orang), Perawat Ilmu Kesehatan Anak (1 orang), dan Perawat Ilmu Penyakit Dalam (1 orang).

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Gunung Sinabung kembali erupsi
Selasa, 02 Maret 2021 - 22:31 WIB
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi.
Legislatif minta Pemkab Karawang fokus tuntaskan persoalan banjir
Minggu, 28 Februari 2021 - 14:23 WIB
Menanggapi banjir di Karawang, Saan meminta Pemkab Karawang untuk segera mendorong Pemerintah Provin...
Pascadilantik, Wabup tinjau titik banjir terparah di Karawang
Minggu, 28 Februari 2021 - 13:25 WIB
Hari pertama pasca-dilantik, Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh langsung meninjau salah satu titik ...
Bencana hidrometeorologi PKS Lumajang bantu penanganan darurat
Minggu, 28 Februari 2021 - 13:11 WIB
Bencana hidrometeorologi di kabupaten Lumajang Jawa Timur menyebabkan sejumlah desa terendam banjir ...
Sempat dihentikan, pembersihan longsor di Jalan Payung hari ini dilanjutkan
Minggu, 28 Februari 2021 - 11:45 WIB
Setelah sempat ditutup semalam, karena longsor di KM 20 Jalan Brigjen Moh. Manan atau dikenal dengan...
DPD-DPC PDIP berikan bantuan untuk 650 KK terdampak banjir Nganjuk
Minggu, 28 Februari 2021 - 10:35 WIB
Prihatin dengan bencana banjir yang terjadi di Desa Sedang Bumen, Kecamatan Brebek, Nganjuk, Jawa Ti...
Dalam 6 jam, Gunung Merapi luncurkan 25 kali guguran lava pijar
Minggu, 28 Februari 2021 - 09:11 WIB
Aktivitas gunung Merapi yang berada di perbatasan Sleman DIY dan Jawa Tengah masih cukup tinggi. Gun...
Gempa M 5,2 Halmahera Selatan juga merusak RSUD dan rusunawa
Sabtu, 27 Februari 2021 - 14:24 WIB
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Selatan melaporkan gempa magnitudo 5,...
BNPB: 60 rumah rusak ringan pascagempa M 5,2 Halmahera Selatan
Sabtu, 27 Februari 2021 - 10:47 WIB
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 60 rumah rusak ringan pascagempa bumi...
Pemkab Tangerang tambah lima lokasi obyek normalisasi
Kamis, 25 Februari 2021 - 15:35 WIB
Untuk mencegah kembali terjadinya banjir di sepuluh titik lokasi yang ada di Kabupaten Tangerang, Pe...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV