Pemkab Langkat terus lakukan pembangunan jalan
Elshinta
Rabu, 27 Januari 2021 - 15:58 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Pemkab Langkat terus lakukan pembangunan jalan
Sumber foto: M Salim/elshinta.com.

Elshinta.com - Pemerintah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PU PR) terus melakukan pembangunan jalan lintas yang ada di Kabupaten Langkat, dimulai dari tingkat prioritasnya. “Kami terus melakukan pembangunan jalan di Langkat, mulai dari jalan Kabupaten sampai pedesaan, melihat dari skala prioritasnya,” kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Langkat, Subiyanto.

Teknis pembangunannya, lanjut Subiyanto menjelaskan, untuk jalan milik Pemkab Langkat, pembangunannya  dari pengalokasian anggaran yang  bersumber dari APBD. Sedangkan jalan lintas milik Provinsi Sumatera Utara yang melintasi Langkat,  pihaknya berkordinasi dengan Pemprov, yakni melalui Dinas Bina Marga Konstruksi Provinsi Sumut. Sedangkan untuk jalan nasional, berkordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) II Sumut .

Pada 12 november 2019 lalu, Dinas PU PR Langkat,  sudah melayangkan surat permohonan kepada Dinas Bina Marga Konstruksi Provsu, dengan No:620-7613/DPUPR/LKT/2019, untuk pemeliharaan jalan Provsu dari Simpang Durian Mulo Kecamatan Kuala sampai Jalan Namu Ukur kecamatan Sei Bingai. Karena jalan tersebut, milik Pemprov Sumut. “Surat permohonan perawatan ini kami layangkan, sebab dari pantauan kami, jalan tersebut  banyak mengalami kerusakan. Sehingga menghambat warga yang berlalu lintas, baik bagi para wisatawan yang akan berwisata ke Bukit Lawang, juga yang akan menuju Berastagi Kabupaten Karo,” katanya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, M Salim, Rabu (27/1).

Sedangkan untuk kondisi jalan nasional   yang berlubang, dari Kota Binjai sampai Tanjung Pura, lalu dari Tanjung Pura sampai Perbatasan Aceh, juga akan segera dilakukan perawatan oleh BBPJN II Sumut, pelaksanaannya ditahun 2021 ini. Hal ini, disampaikan langsung oleh pihak BBPJN II Sumut, saat melakukan rapat di Komisi D DPRD Langkat.

“Jadi di tahun ini, jalan nasional yang panjangnya berkisar 80 km, dari kota Binjai sampai perbatasan Aceh tersebut, akan segera diperbaiki/dirawat,” sebutnya.

Sementara, Sekretaris Dinas PUPR Ilham Bangun, menjelaskan, bahwa volume ruas jalan milik Pemkab Langkat yang tersebar di 23 Kecamatan, seluruhnya 1.614 km. Untuk kondisi jalan dengan kondisi baik dan sudah di hotmix, sepanjang 7.55 km. “Selebihnya, akan terus dilakukan perbaikan dan pembangunan, dari jalan ditingkat kabupaten sampai tingkat desa,” sebutnya.

Jadi di sisa tiga tahun kepimpinan Bupati Langkat Terbit Rencana PA, pihaknya akan  terus membangun jalan lainnya, guna mewujudkan visi misi Pemkab Langkat. Pembanguan dilakukan secara bertahap dengan melihat skala prioritas, disesuaikan kemampuan APBD Pemkab Langkat. “Langkat ini terdiri dari 23 Kecamatan dan 277 Desa/Kelurahan. Jadi sangan luas, jika meilhat dari APBD Pemkab Langkat sendiri. Maka pembangunannya harus dilakukan secara bertahap,” ujarnya.

Sembari menyampaikan, terkait pemberitaan dimedia cetak pada 25 januari 2021, soal pemotongan uang perjalanan dinas di Dinas PUPR. Ilham menyatakan, bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan tiga Kabid yang ada di Dinas PUPR, yakni Kabid Bina Marga Lorensus Situmorang, Kabid Cipta Karya Khairul Azmi dan Kabid Pengairan M. Yusuf Nasution. Guna melakukan pemeriksaan terhadap masing-masing stafnya yang berstatus PNS, terkait isu  pemotongan uang Perjalanan Dinas. “Kami telah berkordinasi dan melakukan pemeriksaan di masing-masing Bidang. Hasilnya dari pengakuan sejumlah staf, bahwa tidak ada pemotongan uang  perjalanan dinas tersebut,” ungkapnya.

Hal tersebut juga ditegaskan oleh Kadis PUPR sendiri, bahwa dirinya  tidak ada melakukan pemotongan uang Perjalanan Dinas, milik staf PNS nya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Antisipasi kerusakan jalan dan longsor, BBPJN V Sumsel siapkan 17 posko  
Sabtu, 27 Februari 2021 - 09:44 WIB
Hadapi musim hujan yang berdapak terhadap kerusakan jalan dan longsor, Balai Besar Pelaksana Jalan N...
Sasaran fisik TMMD Boven Digoel bangun rumah warga
Sabtu, 27 Februari 2021 - 06:26 WIB
 Sasaran program fisik Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 di Kabupaten Boven Digoel tah...
Warga Desa Tolok sudah bisa menggunakan sebagian jalan Program TMMD
Jumat, 26 Februari 2021 - 17:58 WIB
Meskipun penambahan tanah untuk jalan dalam rangka program TNI Manunggal Membangun Desa Reguler ke-1...
Bersama warga, Prajurit Satgas Yonif 642 perbaiki jembatan yang rusak akibat banjir
Jumat, 26 Februari 2021 - 13:24 WIB
Untuk meningkatkan kualitas sarana prasarana umum demi kepentingan masyarakat di wilayah perbatasan ...
Forum SKPD Langkat jadi wadah koordinasi antar pelaku pembangunan
Jumat, 26 Februari 2021 - 10:55 WIB
Forum Satuan Kinerja Perangkat Daerah (SKPD) digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) ...
Kerukunan masyarakat Papua di Jawa Timur dukung keberlanjutan Otsus
Jumat, 26 Februari 2021 - 10:11 WIB
Kerukunan Masyarakat Papua yang berada di Jawa Timur mendukung program pemerintah tentang keberlanju...
Kepala Suku di Penggunungan Tengah Papua dukung otsus diperpanjang
Senin, 22 Februari 2021 - 12:24 WIB
Para Kepala suku yang tergabung dalam RKPT (Rukun Keluarga Pegunungan Tengah) Kabupaten Keerom, Papu...
Menteri PUPR siapkan langkah darurat dan jangka panjang
Minggu, 21 Februari 2021 - 08:27 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyiapkan langkah penanganan ...
Satgas Pamtas Yonif 642 bantu warga perbaiki gereja
Minggu, 21 Februari 2021 - 08:11 WIB
Sebagai bukti kedekatan dan kepedulian dengan masyarakat perbatasan RI-Malaysia, Satgas Yonif 642/...
Wamendes PDTT: UU Ciptaker untungkan BUMDes
Jumat, 19 Februari 2021 - 13:45 WIB
Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi mengatakan, h...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV