Wali Kota Magelang teken komitmen penyelenggaraan mal pelayanan publik
Elshinta
Kamis, 04 Maret 2021 - 13:11 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Wali Kota Magelang <i>teken</i> komitmen penyelenggaraan mal pelayanan publik
Sumber foto: Antara/elshinta.com.

Elshinta.com - Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz menandatangani komitmen penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) tahun 2021 dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Selasa (2/3). 

Pada kegiatan yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat itu, sebanyak 24 bupati dan 16 wali kota di Indonesia juga melakukan penandatanganan komitmen yang sama. Penandatanganan disaksikan oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa. 

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengatakan, penandatangan komitmen tersebut merupakan langkah awal Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang dalam upaya mempercepat dan menyederhanakan proses pelayanan perizinan bagi warga Kota Magelang dalam satu tempat secara terintegrasi dan terpadu berbasis teknologi informasi. 

Aziz menyebut, penyelenggaraan MPP merupakan salah satu program unggulan Kota Magelang yang akan diluncurkan pada tahun 2022. 

Dikatakan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Magelang sebagai organisasi perangkat daerah yang menyelenggarakan MPP telah melaksanakan koordinasi dengan Instansi Pusat dan Daerah serta BUMN / BUMD dan Swasta yang akan bergabung dan menyiapkan payung hukum.

"Disamping itu, kita juga menyiapkan sarana dan prasarana, menyiapkan SDM Pelayanan dan sistem informasi pelayanan yang terintegrasi sampai dengan pelaksanaan peluncuran MPP nanti," ujar Aziz, didampingi Sekretaris Daerah Joko Budiyono dan Kepala DPMPTSP Muchamad Abdul Azis seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Kurniawati, Kamis (4/3). 

Menurutnya, sampai dengan saat ini Pemkot Magelang melalui DPMPTSP sudah melaksanakan rapat koordinasi pembahasan MPP baik internal maupun dengan instansi vertikal, BUMN / BUMD, Swasta dan OPD. Hal-hal yang dibahas diantaranya, terkait pembuatan Perwal Nomor 50 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan MPP dan konsultasi dengan Kemen PANRB dan Penandatanganan Komitmen Kepala Daerah.

“Masyarakat Kota Magelang bisa mendapatkan banyak layanan di MPP, mulai dari mengurus kartu tanda penduduk, mengurus akta kelahiran, akta kematian, memperpanjang surat izin mengemudi, mengurus NPWP, IMB , OSS, SiCantik, Reklame, pembuatan dan perpanjangan Paspor sampai ke mengurus sertifikat tanah," papar Aziz.

Kepala DPMPTSP Kota Magelang Muchamad Abdul Azis menjelaskan, MPP Kota Magelang dapat mengakomodasi lebih dari 300 jenis layanan dari 30 instansi yang bergabung, baik Instansi Vertikal, BUMN / BUMD, OPD dan Swasta. 

Menurut Abdul Azis, dengan membangun kerja sama dan budaya melayani, MPP menjadi simbol pemerintah dalam upaya memberikan peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat dan berintegritas tanpa pungutan liar sehingga dapat meningkatkan daya saing investasi di daerah. 

Sementara itu, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa dalam keterangan pers resmi menuturkan, pembangunan MPP semakin gencar di berbagai kota dan kabupaten. Tujuan penandatanganan komitmen ini adalah wujud keseriusan kepala daerah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui MPP.

Saat ini telah diresmikan 35 MPP di Indonesia dengan karakteristik sesuai dengan daerah masing-masing dari segi pengintegrasian layanan, pengintegrasian sistem, maupun sarana prasarana yang dimiliki. Pembentukan MPP tentu memerlukan komitmen yang kuat dari kepala daerah sebagai kunci utama keberhasilan dan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat secara berkelanjutan.

“Oleh karena itu Kementerian PANRB memfasilitasi bagaimana komitmen kepala daerah agar lebih fokus untuk menyelenggarakan MPP, dengan langkah awal berupa penandatanganan komitmen pembangunan MPP,” ujar Diah.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Banyak lansia di Banda Aceh belum mau divaksin
Selasa, 20 April 2021 - 23:18 WIB
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banda Aceh Lukman mengatakan bahwa masih banyak warga lanjut usia (l...
Mensos: Peralatan balai sudah`jadul` sehingga perlu dimutakhirkan
Selasa, 20 April 2021 - 22:45 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan peralatan yang dimiliki Balai Disabilitas Wirajaya Makassa...
Demokrat tegaskan nama dan logo didaftarkan bukan atas nama pribadi
Selasa, 20 April 2021 - 20:56 WIB
DPP Partai Demokrat menegaskan nama dan logo partai politik itu didaftarkan ke Direktorat Jenderal ...
Satgas: Vaksinasi COVID-19 di bulan Ramadhan aman tidak batalkan puasa
Selasa, 20 April 2021 - 20:23 WIB
Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penangan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan ...
140 perangkat dan kepala desa di Boyolali jalani vaksin Covid-19 tahap dua
Selasa, 20 April 2021 - 19:37 WIB
Hingga saat ini Pemerintah masih terus menggencarkan upaya pencegahan penyebaran dan penularan Covid...
 Komite pemberantasan mafia hukum yakin Polri bisa ambil tindakan hukum terhadap JPZ
Selasa, 20 April 2021 - 17:35 WIB
Terkait ocehan Joseph Paul Zhang melalui kanal yotubenya yang diduga menghina Islam dan mengaku nabi...
Ulama Lebak minta polisi segera tangkap pria mengaku nabi ke-26
Selasa, 20 April 2021 - 17:27 WIB
Ulama kharismatik Kabupaten Lebak KH Hasan Basri meminta kepolisian segera menangkap Jozeph Paul Zha...
Pasar Mitra Tani Kementan gratis ongkir
Selasa, 20 April 2021 - 17:20 WIB
Pasar Mitra Tani (PMT) Kementerian Pertanian menyediakan layanan gratis ongkos kirim (ongkir) untuk ...
Rupiah ditutup menguat pasca BI tahan suku bunga acuan
Selasa, 20 April 2021 - 17:15 WIB
Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa sore ditutup menguat ...
Moeldoko kunjungi Universitas Islam Internasional Indonesiadi Depok
Selasa, 20 April 2021 - 16:35 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan bahwa KSP akan terus mengawal proses pembangunan Univer...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV