Anies: Pemprov dukung kejuaraan basket Asia-Dunia di Jakarta
Elshinta
Kamis, 04 Maret 2021 - 23:35 WIB |
Anies: Pemprov dukung kejuaraan basket Asia-Dunia di Jakarta
Menteri BUMN sekaligus Member FIBA Erick Thohir (kanan), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri), dan Sekjen Persatuan Basket Indonesia (Perbasi) Nirmala Dewi (tengah) memberikan pernyataan usai membicarakan persiapan kejuaraan basket FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023 dengan tuan rumah Jakarta, Balai Kota Jakarta, Kamis (4/3/2021). (Antara/Ricky Prayoga)

Elshinta.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan Pemprov DKI akan mendukung kejuaraan basket Asia 2021 dan Dunia 2023 di Jakarta, usai pertemuan dengan Board Member FIBA sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir.

"Tadi kami disambangi oleh pak Erick Thohir untuk membicarakan kejuaraan dunia basket dunia 2023 dan kejuaraan Asia 2021 sekitar Agustus-September. Kami di Jakarta bersyukur, bangga, dan kita akan support semuanya, mulai dari  persiapan hingga kegiatan supaya lancar dan sukses," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis.

Erick yang juga mantan Ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) itu, hadir bersama Sekjen Perbasi Nirmala Dewi beserta jajaran berkunjung ke Balai Kota Jakarta untuk meminta izin kepada Anies sebagai pimpinan di Jakarta guna menggelar kejuaraan basket kelas dunia di ibu kota.

Atas sambutan dari Anies, Nirmala Dewi menyampaikan terima kasihnya karena Pemprov DKI memberi lampu hijau untuk kejuaraan bola basket bertajuk FIBA (Federasi Basket Internasional) Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023 di Jakarta.

"Tadi di dalam kita sudah diterima untuk persiapan FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023, tadi kita sudah dapat dukungan beliau, termasuk untuk pembangunan venue FIBA World Cup 2023 khususnya mengenai perizinan, alhamdulillah di-support," kata Nirmala.

Setelah dapat support dari pimpinan DKI itu Nirmala mengaku akan langsung menggelar rapat dengan tim panitia kejuaraan untuk membahas kelanjutan persiapan kejuaraan bola basket kelas dunia tersebut.

Terkait kejuaraan FIBA Asia Cup yang berlangsung pada Agustus 2021 Nirmala mengatakan pihaknya menjamin akan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku pada saat digelar, karenanya saat ini pihaknya juga berkoordinasi dengan kepolisian untuk perizinan.

"Kami enggak bisa intervensi perizinan itu sebelum kepolisian kasih tapi kami berkoordinasi. Dan nanti FIBA Asia Cup 2021, tentu kami akan ikuti protokol kesehatan, apakah nanti akan menggunakan sistem bubble atau sudah boleh menggunakan penonton sekian persen nanti kita lihat," ucap dia.

Lebih lanjut, Nirmala menyampaikan terkait arena kejuaraan bola basket bagi FIBA World Cup 2023 yang akan berada di Gelora Bung Karno (GBK), juga bakal dikoordinasikan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam pembangunannya.

"Akan dikoordinasikan, tentu sekarang di arena basket GBK kan lagi musim multifungsi. Kemudian lahan parkir yang sekarang juga ke depannya tetap kita manfaatkan, kita bangun lahan parkir baru lagi di situ. Tidak hanya untuk basket, tetapi juga bisa untuk kegiatan lain," ujar dia.

"Timeline pengerjaan proyek butuh waktu 16 bulan sehingga secepatnya kita akan diskusi dengan PUPR dalam pembangunan. Hari ini ada lampu hijau dari Gubernur DKI, dan selanjutnya kami akan mulai untuk berkoordinasi dengan stakeholder yang lain seperti pengelola GBK dan PUPR," tuturnya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Dua atlet kickboxing raih emas dan perak dalam seleksi nasional
Kamis, 15 April 2021 - 16:56 WIB
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah terus melakukan penguatan ...
Korem 174 Merauke siap sukseskan PON XX Tahun 2021 di Papua
Kamis, 15 April 2021 - 15:36 WIB
Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko didampingi Kepala Staf Korem Kolonel Arh Hamim Tohari,...
Tersingkir dari Liga Champions, Klopp: kami harus kembali musim depan
Kamis, 15 April 2021 - 07:51 WIB
Juergen Klopp menegaskan Liverpool harus bisa kembali tampil di Liga Champions musim depan, setelah ...
100 hari yang menantang menuju Olimpiade Tokyo
Kamis, 15 April 2021 - 07:29 WIB
Ketika Jepang memenangi bidding tuan rumah Olimpiade 2020 delapan tahun lalu, Tokyo diyakini bisa di...
Erick Thohir: FIBA Asia Cup 2021 momen Indonesia bangkit dari pandemi
Rabu, 14 April 2021 - 22:27 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan pergelaran FIBA Asia Cup 2021 di Jakarta merupakan momentum unt...
Wagub Papua: Masyarakat di area venue PON wajib vaksinasi COVID-19
Rabu, 14 April 2021 - 09:34 WIB
Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal menegaskan, warga di area empat klaster penyelenggara pertandingan...
Survei: 70 persen orang Jepang ingin Olimpiade dibatalkan atau ditunda
Senin, 12 April 2021 - 20:37 WIB
Lebih dari 70 persen orang di Jepang ingin Olimpiade Tokyo dibatalkan atau ditunda karena pandemi vi...
Erick Thohir: Kompetisi IBL gambaran sukses industri olahraga
Minggu, 11 April 2021 - 14:46 WIB
Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir menilai kompe...
KSP minta Pemprov Papua percepat vaksinasi empat klaster PON XX
Sabtu, 10 April 2021 - 08:01 WIB
Deputi V Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jaleswari Pramodhawardani meminta pemerintah Provinsi Papua ...
Tumbangkan Alter Ego, Bigetron Alpha puncaki klasemen MPL Season 7
Sabtu, 10 April 2021 - 06:15 WIB
Bigetron Alpha berhasil menduduki posisi puncak klasemen setelah mengalahkan Alter Ego dalam pertand...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV