BI dorong UMKM di Bali manfaatkan kanal penjualan daring
Elshinta
Jumat, 05 Maret 2021 - 15:05 WIB |
BI dorong UMKM di Bali manfaatkan kanal penjualan daring
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho saat menunjukkan bertransaksi menggunakan QRIS di sela-sela kegiatan \"Edukasi IKM Bali Bangkit dan IKM Kabupaten/Kota se-Bali\" (Antara/HO-BI Bali/2021)

Elshinta.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali terus mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Pulau Dewata, khususnya yang masih menggunakan sistem penjualan konvensional agar dapat memanfaatkan kanal penjualan daring dan pembayaran berbasis digital.

"Kita semua tentu sepakat bahwa pembatasan mobilitas manusia di tengah pandemi COVID-19 telah mendorong pergeseran perilaku menjadi serba digital, dengan peralihan kegiatan yang dulunya mayoritas offline menjadi online," kata Kepala KPwBI Provinsi Bali Trisno Nugroho di Taman Budaya, Denpasar, Jumat.

Dalam kegiatan "Edukasi IKM Bali Bangkit dan IKM Kabupaten/Kota se-Bali" itu, Trisno menyampaikan bahwa saat ini seluruh generasi, tidak terbatas pada hanya generasi milenial, telah menjadi semakin akrab dengan digitalisasi.

"Digitalisasi tidak saja untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, tetapi hingga keperluan pekerjaan. Kondisi ini harus direspons dengan baik terutama oleh UMKM," ucapnya.

Oleh karena itu, ujar dia, Bank Indonesia mendukung penyelenggaraan pameran dan kegiatan edukasi tersebut karena akan menstimulus geliat aktivitas ekonomi, baik penjualan maupun konsumsi masyarakat salah satunya melalui "Digitalisasi Proses Bisnis Menyongsong Era Baru".

Di samping itu, pameran dan edukasi yang diikuti UMKM se-Bali ini juga sejalan dengan program pemerintah yakni Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

"Bank Indonesia sangat mendukung program Gernas BBI terutama di Provinsi Bali, yang saat ini kita mulai melakukan on boarding terhadap ribuan UMKM yang ada di Provinsi Bali," ucapnya.

Selama 2021, ini Bank Indonesia sudah melakukan on boarding terhadap 1.325 UMKM yang berasal dari seluruh kabupaten/ kota se-Bali dengan target minimal 10 ribu UMKM selama 2021.

"Semua inovasi-inovasi digital ini memerlukan dukungan sistem pembayaran berbasis nirsentuh seperti Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), sesuai dengan rekomendasi WHO. QRIS bukanlah sebuah aplikasi, melainkan sebuah kebijakan standarisasi QR Code Pembayaran," kata Trisno.

Menurut dia, akselerasi implementasi QRIS di wilayah Bali sangat cepat perkembangannya dan masuk kedalam peringkat ke-8 besar nasional. Per 26 Februari 2021, jumlah merchant QRIS di Provinsi Bali telah mencapai 191.535 merchant meningkat hingga 700 persen dibandingkan Desember 2019 dan 77 persen diantaranya merupakan kelompok usaha mikro dan kecil.

"Kondisi ini menunjukkan bahwa QRIS sangat tepat digunakan oleh UMKM dikarenakan faktor CEMUMUAH (cepat, mudah, murah, aman dan handa). QRIS ini aman karena diawasi oleh Bank Indonesia selaku otoritas di sistem pembayaran," ucapnya.

Selain itu, Bank Indonesia juga telah memperpanjang Merchant Discount Rate (MDR) 0 persen bagi usaha mikro sampai dengan 31 Desember 2021 yang diharapkan dapat meminimalkan biaya transaksi oleh merchant UMKM sehingga mampu semakin mendorong geliat jual-beli di masyarakat.

Dalam acara Edukasi IKM Bali Bangkit ini juga dihadiri Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Bali I Wayan Jarta, Direktur Bisnis Non Kredit BPD Bali I Nyoman Sumanaya dan I Dewa Made Krishna Muku selaku narasumber.

Selain itu, kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh total 200 UMKM Kriya dan seluruh Dekranasda se-Bali melalui saluran daring dan luring.

Pada kegiatan tersebut, Bank Indonesia juga memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk dapat menukarkan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK 75 Tahun RI).

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Riset: Transformasi digital UMKM perlu edukasi dan pendampingan
Kamis, 08 April 2021 - 10:54 WIB
NeuroSensum, perusahaan riset konsumen berbasis neurosains dan kecerdasan artifisial, memaparkan has...
Pemkot Surabaya siap pamerkan produk 1.400 UMKM
Sabtu, 03 April 2021 - 10:30 WIB
Dinas Perdagangan Kota Surabaya siap memamerkan produk dari 1.400 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ...
Digitalisasi UMKM untuk bertahan, maju, dan naik kelas
Sabtu, 27 Maret 2021 - 18:55 WIB
Ketika pandemi COVID-19 mulai melanda Indonesia pada awal Maret 2020, usaha mikro kecil menengah (UM...
Aktivitas pameran UMKM di Depok mulai diperbolehkan
Jumat, 26 Maret 2021 - 17:19 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Depok Jawa Barat Dadang Wihana mengatakan untuk me...
UMKM Surabaya minta penambahan jam operasional selama PPKM
Jumat, 26 Maret 2021 - 09:01 WIB
Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) makanan di Kota Surabaya, Jawa Timur meminta penambahan jam...
Beragam dampak positif yang timbul dari kehadiran holding ultra mikro
Minggu, 21 Maret 2021 - 06:34 WIB
Rencana pemerintah membentuk holding atau perusahaan induk ultra mikro yang melibatkan tiga BUMN yak...
Industri kreatif Depok siapkan program digital marketing
Jumat, 19 Maret 2021 - 12:15 WIB
 Asosiasi Industri Kreatif Depok (AIKD) menyiapkan sejumlah program digital marketing untuk meningk...
UMKM akui digitalisasi mudahkan berbisnis
Selasa, 16 Maret 2021 - 16:58 WIB
Sejumlah usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang terlibat dalam program Gerakan Nasional Bangga Buata...
Kiat manfaatkan platform digital untuk iklankan produk UMKM
Selasa, 16 Maret 2021 - 16:37 WIB
Marketing Director Kantar Indonesia, Fanny Murhayati, membagikan beberapa kiatnya untuk pelaku usaha...
Pemkab Lombok Utara bangkitkan ekonomi dengan bazar UMKM
Senin, 08 Maret 2021 - 20:27 WIB
Pemerintah Kabupaten Lombok Utara Nusa Tenggara Barat menggelar bazar produk usaha mikro kecil dan m...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV