Legislatif ingatkan warga untuk tetap patuhi protokol kesehatan
Elshinta
Minggu, 07 Maret 2021 - 20:55 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Legislatif ingatkan warga untuk tetap patuhi protokol kesehatan
Sumber foto: Fendi Lesmana/elshinta.com.

Elshinta.com - Setiap kali mengikuti kegiatan penyerapan aspirasi masyarakat, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Hj Wara Sundari Renny Pramana sepertinya tidak pernah bosan berulang kali mengingatkan kepada masyrakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan. Disamping itu bibi dari Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana ini selalu menghimbau kepada masyarakat agar bersedia untuk divaksin. 

"Saya mengimbau kepada panjengan sedoyo, virus corona ini masih ada mari kita semua tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan dalam berprilaku sehari hari. Kalau bepergian jangan lupa pakai masker," imbaunya kepada sejumlah warga desa, yang menghadiri kegiatan reses 1 tahun 2021 yang dilaksanakan di Kantor Balai Desa Baye, Kecamatan Kayen Kidul, Minggu (7/3). 

Dalam kegiatan kali ini, istri dari ketua DPRD Kota Kediri tersebut didampingi  kepala kantor kecamatan, kepala desa serta turut serta tiga anggota DPRD Kabupaten Kediri dari fraksi PDI - Perjuangan antara lain,  Murdi Hantoro ketua Fraksi,  Dwi dari Komisi B serta Wasis dari Komisi D. 

Ini merupakan kunjungan kedua yang dilakukan oleh Hj Wara Sundari Renny Pramana ke balai desa Baye Kecamatan Kayen Kidul  karena pada saat awal pandemi corona terjadi awaln tahun lalu dirinya juga pernah singgah di tempat yang sama. Ketika itu kedatanganya karena diutus oleh ketua DPRD Provinsi Jawa Timur untuk melakukan peninjaun secara langsung terkait penyebaran virus covid -19 diwilayah Kabupaten Kediri. 

Dalam pertemuan itu perempuan yang akrab disapa Renny Pramana ini,  memberikan kesempatan kepada 4 orang warga untuk bertanya secara langsung terkait persoalan yang dihadapi. Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh warga antara lain persoalan ketersediaan pupuk yang sejak beberapa pekan terakhir sulit didapat oleh petani, disusul pertanyaan tentang perhatian pemerintah terhadap dunia pendidikan di Pondok Pesantren, kemudian pertanyaan seputar  bantuan hewan ternak bagi penderita  ODGJ serta persoalan pengairan sawah petani. 
Keempat pertanyaan yang diajukan oleh warga atau pun tokoh masyarakat setempat dijawab dengan tuntas oleh ibu dua anak ini.

Menurutnya, selama 7 hari ia keliling di wilayah Kabupaten Kediri kebanyakan para  petani  mengeluh tentang kelangkaan pupuk yang terjadi saat ini. "udah disampaikan oleh Bupati Kediri kepada Gubernur Jawa Timur saat menghadiri acara sertijab di Gedung DPRD Kabupaten Kediri beberapa waktu lalu," katanya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Fendi Lesmana, Minggu (7/3).  

"Selama 7 hari saya keliling, dari Kecamatan ke kecamatan memang hampir semua mengeluhkan terkait kelangkaan pupuk. Kemarin ketika saya menghadiri sertijab Bupati terpilih, saya mendengarkan pidatonya juga menyampikan hal yang sama kepada beliaunya (Gubernur Jatim). Dan sudah dipikirkan solusinya, yakni pupuk organik. Kita memang terlanjur terbiasa dengan pupuk kimia yang, seakan akan di awal hasilnya bagus tetapi kan tanah ini tidak selalu kuat dipupuk menggunakan pupuk kimia.  Maka nanti yang saya tangkap, selain pupuk ini dicarikan solusi salah satunya dengan pupuk organik, " jelasnya. 

Solusi yang ditawarkan oleh Bupati Kediri dengan memakai pupuk organik, menurutnya  sudah diterapkan di 6 wilayah Kecamatan dan hasilnya bagus. 

Reny menambahkan, permasalahan kelangkaan pupuk ini nantinya akan ia bawah ke tingkat Provinsi Jawa Timur. "Mudah mudahan Bupati Kediri terpilih bisa mengurai kelangkaan pupuk," harapnya. 

Sementara itu menjawab keinginan dari keterwakilan posyandu lentera jiwa desa baye yang menginginkan adanya bantuan ternak kambing bagi penderita gangguan jiwa sebagai upaya peningkatan  taraf hidup perekonomian mereka. Renny Pramana menjawab, jika bantuan yang diberikan tidak bisa diwujudkan dalam bentuk ternak.  

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pengamat: Wacana koalisi partai Islam jangan `jual` politik identitas
Jumat, 16 April 2021 - 21:21 WIB
Manajer Riset dan Program The Indonesian Institute, Arfianto Purbolaksono, mengingatkan wacana pembe...
PAN belum dapat informasi tawaran masuk Kabinet Indonesia Maju
Jumat, 16 April 2021 - 20:04 WIB
Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengatakan partai-nya hingga saat ini belum mendapatk...
Isu KLB PKB, KH Maman Imanulhaq: Ada yang iri
Jumat, 16 April 2021 - 14:12 WIB
Isu beberapa kader PKB mengusulkan muktamar luar biasa (MLB) untuk menggoyang kepemimpinan H. A. Muh...
PAN: Koalisi partai Islam kontraproduktif dengan rekonsiliasi nasional
Jumat, 16 April 2021 - 11:57 WIB
Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menilai wacana pembentukan koalisi partai...
Anggota DPR: Belum ada kepastian pembahasan RUU Ibu Kota Negara
Kamis, 15 April 2021 - 13:10 WIB
Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Guspardi Gaus mengatakan hingga saat ini belum ada kepastian ...
PPP dan PKS teken nota kesepahaman sepakat jaga demokrasi di Indonesia
Rabu, 14 April 2021 - 23:23 WIB
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meneken nota kesepahaman beri...
Kepala RSPAD: Anggota DPR menjadi sampel vaksin Nusantara
Rabu, 14 April 2021 - 22:49 WIB
Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Letnan Jenderal TNI dr. Albertus Bu...
Legislatif nilai larangan mudik tak efektif
Rabu, 14 April 2021 - 14:12 WIB
Mengenai larangan mudik yang diberlakukan oleh pemerintah dalam rangka menekan angka penyebaran dan ...
DPRD Banjarmasin sesalkan 90 persen anggaran sungai dipotong
Rabu, 14 April 2021 - 08:30 WIB
Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) M Isnaini menyesalkan 90 persen ...
Dai milenial: Ramadhan momen perkuat silaturahmi dan kebangsaan
Selasa, 13 April 2021 - 17:59 WIB
Dai milenial Habib Husein Ja`far Hadar mengatakan bulan Ramadhan yang identik dengan menyucikan ji...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV