Polda Metro luncurkan 30 kamera ETLE Mobile
Elshinta
Sabtu, 20 Maret 2021 - 14:27 WIB |
Polda Metro luncurkan 30 kamera ETLE Mobile
Polisi Lalu Lintas menunjukkan kamera Electric Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile yang terpasang di badan saat peluncuran di Polda Metro Jaya, Sabtu (20/3/2021). Polda Metro Jaya meluncurkan 30 perangkat kamera ETLE Mobile yang terpasang di badan petugas (body cam), helm (helmet cam), dan dashboard mobil (dash cam). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp

Elshinta.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya meluncurkan 30 kamera tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/ETLE) Mobile, Sabtu.

"ETLE Mobile melengkapi ETLE statis yang selama ini sudah ada. Ada 30 ETLE Mobile yang akan kita operasionalkan, digunakan di titik-titik yang rawan pelanggaran lalu lintas namun tidak ada ETLE statis," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Sabtu.

Fadil kemudian memberikan contoh tentang terjadinya pelanggaran di salah satu wilayah yang tidak mempunyai kamera ETLE statis, maka untuk mengatasi hal itu Polda Metro Jaya bisa langsung menurunkan petugas yang dilengkapi dengan kamera tilang elektronik portabel (mobile).

"Misal sering terjadi kebut-kebutan di kawasan Kemayoran maka ETLE Mobile ini akan merapat ke titik sasaran dan akan langsung merekam pelanggaran lalu lintas yang terjadi di sana," katanya

Fadil juga menyinggung soal fenomena banyaknya pelanggaran lalu lintas, mulai dari melawan arus lalu lintas, sepeda motor yang berboncengan tiga dan lainnya sebagainya.

Pelanggaran seperti ini nantinya ditindak dengan menggunakan kamera tilang elektronik portabel tanpa perlu menghentikan kendaraan yang melanggar tersebut.

Petugas Ditlantas Polda Metro Jaya yang telah dilengkapi dengan kamera tilang elektronik  dalam bentuk "dash cam", "helmet cam" dan "body cam" akan merekam plat nomor pelanggar tanpa perlu menghentikan kendaraan pelanggarnya.

Hasil rekaman tersebut kemudian diverifikasi oleh petugas dan apabila ditemukan pelanggaran, maka dalam waktu paling lama 7 hari surat tilang sudah sampai ke alamat pelanggar lalu lintas.

"Ini akan sangat baik untuk menjaga ketertiban kelancaran lalu lintas serta perilaku lalu lintas, perilaku pengemudi masyarakat di lapangan agar terus tertib berkendara," katanya.

Peluncuran ETLE Mobile ini adalah program Polda Metro Jaya untuk mendukung program ETLE Nasional yang akan diluncurkan pada 23 April 2021.

Pada tahap 1 ini, Korlantas Polri meluncurkan 244 kamera ETLE di 12 Polda. Untuk Polda Metro Jaya 98 titik, Polda Riau (5), Polda Jawa Timur (55), Polda Jawa Tengah (10), Polda Sulawesi Selatan (16), Polda Jawa Barat (21), Polda Jambi (8), Polda Sumatera Barat (10), Polda DIY (4), Polda Lampung (5), Polda Sulawesi Utara (11) dan Polda Banten satu titik.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo berharap sistem tilang elektronik dapat mengurangi interaksi pelanggar lalu lintas dengan petugas sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik Polri dan mengurangi penyalahgunaan wewenang aparat Kepolisian lalu lintas.

Karena itu, pihaknya menghindari hal itu sehingga tampilan Polri dalam pelayanan publik bisa betul-betul memberikan layanan terbaik, profesional dan menghilangkan hal-hal yang menimbulkan korupsi.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Polisi tangkap pencuri di toko modern di Jaksel libatkan karyawan
Jumat, 07 Mei 2021 - 23:59 WIB
Polsek Metro Pancoran Jakarta Selatan menangkap empat pencuri di salah satu toko modern di Jalan Bun...
Pengelola: Pasar Tanah Abang ditutup mulai 12 Mei untuk perawatan
Jumat, 07 Mei 2021 - 21:36 WIB
Pengelola Blok A Pasar Tanah Abang menyebutkan pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara yang akan dit...
Polda Metro cegat ambulans bawa pemudik di Cikarang
Jumat, 07 Mei 2021 - 21:04 WIB
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencegat sebuah ambulan yang mencoba membawa pemudik melewat...
Travel gelap terjaring di pos pemeriksaan Daan Mogot Jakbar
Jumat, 07 Mei 2021 - 20:53 WIB
Tim gabungan melakukan penindakan terhadap satu angkutan tanpa izin atau travel gelap dengan cara p...
Pengelola Kota Tua masih tunggu kebijakan selama libur lebaran
Jumat, 07 Mei 2021 - 17:36 WIB
Kepala Unit Pengelola Kawasan Kota Tua Taman Sari, Jakarta Barat, Dedi Tarmizi mengatakan, pihaknya ...
Pemerintah perlu antisipasi kerumunan di pasar dan mal jelang lebaran
Jumat, 07 Mei 2021 - 10:13 WIB
Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani menyatakan pemerintah perlu mengantisipasi potensi kerum...
Warga apresiasi layanan bus gratis TransJakarta di Stasiun Tanah Abang
Jumat, 07 Mei 2021 - 00:10 WIB
Sejumlah warga mengapresiasi layanan bus gratis yang disediakan  PT TransJakarta untuk memfasilita...
Polda Metro putar balik 1.070 kendaraan hari pertama larangan mudik
Kamis, 06 Mei 2021 - 23:15 WIB
Anggota Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat sudah memutarbalikkan 1.070 kendaraan di To...
Rizieq Shihab akan jalani sidang tuntutan kasus kerumunan Senin (10/5)
Kamis, 06 Mei 2021 - 23:04 WIB
Terdakwa Rizieq Shihab akan menjalani sidang tuntutan kasus dugaan tindak pidana karantina kesehatan...
AHY sambangi Anies bahas persoalan Partai Demokrat
Kamis, 06 Mei 2021 - 22:42 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)  menyambangi Gubernur DKI Jakarta Anies B...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV