Lemkapi: Tilang elektronik ubah wajah penegakan hukum jalan raya
Elshinta
Sabtu, 20 Maret 2021 - 22:46 WIB |
Lemkapi: Tilang elektronik ubah wajah penegakan hukum jalan raya
Personel Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menggelar sosialisasi pemberlakuan tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/ETLE) untuk kendaraan roda dua di simpang Sarinah, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020). ANTARA/Fianda Rassat/aa.

Elshinta.com - Lembaga Kajian Strategi Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menilai pemberlakuan tilang elektronik (elektronic traffic law enforcement/ETLE) akan mengubah wajah penegakan hukum berlalu lintas di jalan raya menjadi lebih modern.

"ETLE akan membuat masyarakat tertib di jalan raya. Kalau masih seperti sekarang ini, ya masih banyak terjadi pelanggaran dan ketidaktertiban oleh pengguna jalan," kata Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Hasibuan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini mengatakan penegakan hukum dengan menggunakan teknologi akan membuat tilang elektronik lebih transparan dan tidak mengenal diskriminasi kepada pengguna jalan.

"Hasil penindakan dengan teknologi ini bisa dipertanggungjawabkan secara hukum di pengadilan," kata pengajar di Universitas Bhayangkara ini.

Dia mengatakan kehadiran kamera untuk tilang elektronik di jalan raya seperti di kota metropolitan Jakarta dan kota-kota besar lainnya sudah sangat dibutuhkan.

"Tilang elektronik ini akan mendukung program Kapolri menuju Polri yang 'presisi' yakni prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan," katanya menegaskan.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pada program 100 hari kerja akan memberlakukan tilang elektronik dalam penegakan hukum di jalan raya di kota kota Indonesia.

Selama ini, tilang elektronik baru digelar di tiga kepolisian daerah (polda), namun pada Maret ini akan bertambah menjadi 12 polda.

Pada Sabtu, Polda Metro Jaya menambah 30 kamera ETLE "mobile" (portabel) untuk melengkapi kamera ETLE statis yang sudah banyak terpasang di Jakarta.

Kamera bergerak itu berupa kamera yang dipasang di badan anggota polisi (body cam), helm (helmet cam) dan dasbor kendaraan (dash cam).

"ETLE 'mobile' melengkapi ETLE statis yang selama ini sudah ada. Ada 30 ETLE 'mobile' yang akan kita operasionalkan dan digunakan di titik-titik rawan pelanggaran lalu lintas, namun tidak ada ETLE statis," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya.

Fadil menjelaskan jika ada wilayah yang tidak mempunyai kamera ETLE statis, maka untuk mengatasi hal itu Polda Metro Jaya bisa menurunkan petugas yang dilengkapi dengan kamera portabel.

"Misal sering terjadi kebut-kebutan di kawasan Kemayoran maka ETLE 'mobile' ini akan merapat ke titik sasaran dan akan langsung merekam pelanggaran lalu lintas yang terjadi di sana," katanya

Fadil juga menyinggung soal fenomena banyaknya pelanggaran lalu lintas, mulai dari melawan arus lalu lintas, sepeda motor yang berboncengan tiga dan lainnya sebagainya.

Pelanggaran seperti ini nantinya ditindak dengan menggunakan kamera tilang elektronik portabel tanpa perlu menghentikan kendaraan yang melanggar tersebut.

Hasil rekaman tersebut kemudian diverifikasi oleh petugas dan apabila ditemukan pelanggaran, maka dalam waktu paling lama tujuh hari surat tilang sudah sampai ke alamat pelanggar lalu lintas.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pedagang baju bekas Pasar Senen raup omzet hingga Rp12 juta per hari
Rabu, 12 Mei 2021 - 16:54 WIB
Pedagang baju bekas di Blok III Pasar Senen, Jakarta Pusat, meraup omzet penjualan hingga Rp12 juta ...
PKL Jati Baru ramai dipadati warga
Rabu, 12 Mei 2021 - 16:43 WIB
Aktivitas perdagangan di Pedagang Kaki Lima (PKL) kawasan Jati Baru, Jakarta Pusat, Rabu, ramai dip...
Menahan diri tidak mudik
Rabu, 12 Mei 2021 - 15:37 WIB
Dengan menggenggam ponsel pintarnya, Karsini, penjaga salah satu rumah indekos di kawasan Setiabudi,...
Polres Jakpus gagalkan peredaran sabu internasional seberat 310 kg
Rabu, 12 Mei 2021 - 09:02 WIB
Satgas Satuan Reserse (Satres) Polres Metro Jakarta Pusat menggagalkan peredaran narkotika jenis sab...
Polda Metro siapkan skenario antisipasi lonjakan arus balik
Rabu, 12 Mei 2021 - 06:48 WIB
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tengah menyiapkan skenario untuk mengantisipasi lonjakan aru...
Pemkot Jakpus pastikan takbir hanya dilakukan dalam masjid
Rabu, 12 Mei 2021 - 06:15 WIB
Pemerintah Kota Jakarta Pusat memastikan kegiatan pelaksanaan malam takbiran dalam menyambut rangka ...
Polda Metro siapkan skema bebas kendaraan di malam takbiran
Rabu, 12 Mei 2021 - 06:00 WIB
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan skema bebas kemacetan kendaraan di malam ha...
`Tanah Abang Explorer` beroperasi sampai 12 Mei
Selasa, 11 Mei 2021 - 22:57 WIB
Bus TransJakarta gratis `Tanah Abang Explorer` beroperasi sampai Rabu (12/5), meski Pasar Tanah Aba...
Masjid Istiqlal tak akan gelar Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah
Selasa, 11 Mei 2021 - 21:50 WIB
Pengurus Masjid Istiqlal menyatakan tak akan menggelar Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah setelah diputu...
Penjual kue di Pasar Senen kekurangan stok
Selasa, 11 Mei 2021 - 21:35 WIB
Sejumlah penjual kue kering di Pasar Senen Jaya, Jakarta Pusat, kekurangan stok barang yang didapat...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV