ITN Malang-KEK Singosari kerjasama pengembangan `hybrid university`
Elshinta
Rabu, 21 April 2021 - 19:36 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
ITN Malang-KEK Singosari kerjasama pengembangan `hybrid university`
Sumber foto: El Aris/elshinta.com.

Elshinta.com - Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang digandeng oleh Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari, Kabupaten Malang. Ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja Sama antara Rektor ITN Malang dengan David Santoso, Direktur Utama PT Intelegensia Grahatama (IG) sebagai pengelola area KEK Singhasari, di Ruang Sidang Rektorat Kampus 1 ITN Malang, Rabu (21/4).

“Kerjasama Kampus Biru dengan KEK Singhasari mencakup kolaborasi dalam bidang pengembangan pelaksanaan hybrid university termasuk technology readyness assestment dalam rangka link and match antara dunia pendidikan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Bersama-sama mengembangkan capacity building untuk penyelenggaraan Hybrid University dalam rangka implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Serta, kajian dan studi bersama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis revolusi industri 4.0. “ ungkap Rektor ITN Malang. Abraham Lomi pada Kontributor Elshinta, El-Aris.

Bahkan ITN mengapresiasi program pemerintah dengan KEK Singhasari sangat luar biasa. Apalagi, sekarang ITN Malang diberi kesempatan untuk berkolaborasi. 

“Program pemerintah ini luar biasa. Saya antusias. Saya berharap nantinya ada implementasi nyata, tidak hanya sekedar MoU. Kalau menyangkut kawasan Singosari, ITN Malang sudah mempunyai lokasi pemberdayaan masyarakat. Harapannya kegiatan nantinya bisa menyambung dengan kawan-kawan (program studi),” ujarnya.

Selain itu, tambah rektor ada dua alumni ITN Malang juga ikut dalam tim kebijakan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus di kementerian. Dan lebih membahagiakan lagi bahwa di dalam tim pengembangan KEK Singhasari juga ada alumni Teknik Sipil dan Arsitektur ITN Malang. “Saya kaget juga malam-malam ada whatsapp masuk dan yang bersangkutan memperkenalkan diri sebagai salah satu manager pengembangan KEK Singhasari. Dan, ternyata adalah alumni (Teknik Sipil) ITN Malang,” imbuhnya.

Sementara itu, Dirut PT IG David Santoso menyatakanada beberapa alumni ITN Malang yang bergabung dalam pengembangan KEK Singhasari. Oleh karena itu David berharap ada keterlibatan ITN Malang dalam berkolaborasi mengembangkan kawasan KEK Singhasari. 

“Orang teknik sangat mumpuni. ITN memiliki planologi, arsitektur serta teknik industri, nanti semua bisa dikerjasamakan. Ada perkawinan teknologi tepat guna, teknologi pangan dan merketing jadi satu. ITN bisa berkontribusi banyak di sini, kami akan mengakomodasi,” kata David. 

Menempati lahan seluas 120 hektar KEK Singhasari merupakan KEK ke-13 dari total 15 KEK di Indonesia. Dengan bidang pengembangan pariwisata dan teknologi KEK Singhasari juga digadang-gadang ikut serta mendukung wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Merupakan satu dari 10 destinasi wisata prioritas nasional. Dengan begitu TNBTS bisa menjadi destinasi wisata kelas dunia. 
Dikatakan David, KEK Singhasari memiliki wisata peninggalan Kerajaan Singhasari. Perencanaan sosio kultur yang menjadi embrio kampus ITN Malang sangat menarik dilihat dari sisi planologi. Sehingga ini bisa menjadi salah satu yang menjadi perhatian mahasiswa.

“Diskusi-diskusi itu dibutuhkan, tapi kadang tidak ada ruangnya,” imbuhnya. 

Malang yang diapit oleh Gunung Bromo dan Gunung Arjuno juga menarik perhatian David. Selain Bromo, Gunung Arjuno yang relatif berdekatan dengan kawasan KEK Singhasari memiliki keindahan dan berpotensi menjadi destinasi wisata baru. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Hasil seleksi ujian masuk Perguruan Tinggi Islam diumumkan siang ini
Kamis, 17 Juni 2021 - 12:19 WIB
Kementerian Agama menyatakan hasil seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPT...
Kegiatan di kampus Unsika dibatasi karena kasus COVID-19 meningkat
Rabu, 16 Juni 2021 - 21:51 WIB
Kegiatan di kampus Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang (Unsika) dibatasi menyusul peningkatan...
Kemendikbudristek: 33 persen sekolah sudah terapkan PTM terbatas
Rabu, 16 Juni 2021 - 21:40 WIB
Direktur Sekolah Dasar Ditjen PAUD Dikdasmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi...
Satgas Covid-19 terus pastikan kesiapan PTM Terbatas sesuai prokes
Rabu, 16 Juni 2021 - 12:35 WIB
Meski dinamika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) terus berkembang, Satuan Tugas Penanganan Cov...
Nadiem: Puluhan ribu mahasiswa berkegiatan di luar kampus
Selasa, 15 Juni 2021 - 18:57 WIB
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengataka...
Presiden: Mahasiswa jangan hanya belajar di kampus
Selasa, 15 Juni 2021 - 17:10 WIB
Presiden RI Joko Widodo meminta mahasiswa untuk tidak hanya belajar di kampus dengan dosen, melainka...
Satgas Covid-19 Bandung nilai sejumlah sekolah paham syarat PTM Terbatas
Selasa, 15 Juni 2021 - 11:37 WIB
Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Jawa Barat Ema Sumarna menilai sejumlah...
Kabupaten Nunukan akan buka pembelajaran tatap muka
Selasa, 15 Juni 2021 - 09:41 WIB
Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, akan  melaksanakan pembelajaran tatap muka pada tahun ajaran ...
UB terima 6.033 peserta jalur SBMPTN
Senin, 14 Juni 2021 - 21:24 WIB
Universitas Brawijaya (UB) Malang menerima sebanyak 6.033 calon mahasiswa melalui jalur Seleksi Bers...
LTMPT: 184.942 siswa lolos SBMPTN 2021
Senin, 14 Juni 2021 - 17:45 WIB
Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyatakan bahwa 184.942 siswa lolos Seleksi Bersama Masu...
Live Streaming Radio Network