Kemkominfo-TNI bahas peluang penguatan sektor digital 
Elshinta
Kamis, 06 Mei 2021 - 12:45 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Kemkominfo-TNI bahas peluang penguatan sektor digital 
Sumber foto: Bayu Koosyadi/elshinta.com.

Elshinta.com - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate bertemu dengan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Markas Besar TNI Cilangkap, Rabu (5/5). Pertemuan ini diadakan untuk menindaklanjuti berbagai kerja sama di sektor digital yang selama ini telah dilakukan oleh Kementerian Kominfo dan TNI.

Sebelumnya, Kementerian Kominfo dan TNI telah memiliki payung kolaborasi berupa Nota Kesepahaman tentang Sinergi Program Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Tentara Nasional Indonesia dalam Rangka Penguatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ditandatangani pada Desember 2018 lalu. Nota Kesepahaman ini mencakup kolaborasi dalam hal pemanfaatan sarana dan prasarana, pemberdayaan masyarakat dan TNI, dukungan pengamanan, diseminasi informasi, serta pertukaran data. 

“Kolaborasi antara Kementerian Kominfo dan TNI perlu semakin diperkuat, terutama untuk menjamin pemanfaatan ruang digital agar berkontribusi positif bagi keamanan dan pertahanan digital Indonesia,” jelas Menteri Johnny.

Kolaborasi untuk Transformasi Digital

Dalam pertemuan ini, Menteri Kominfo bersama Panglima TNI setidaknya membahas beberapa peluang penguatan kolaborasi untuk memperkuat ketahanan sektor digital Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan agenda Akselerasi Transformasi Digital Indonesia yang sedang menjadi prioritas Pemerintah.

“Transformasi digital semakin mendorong kita untuk memperluas strategi pertahanan negara agar tidak hanya terbatas pada aspek pertahanan tradisional saja, namun juga mencakup aspek lainnya termasuk pertahanan digital dan pertahanan siber,” ujar Menteri Johnny.

Untuk itu, Kementerian Kominfo dan TNI akan terus mendorong kolaborasi lebih lanjut dalam hal penyiapan dan fasilitasi kebutuhan teknologi militer untuk kepentingan pertahanan serta keamanan, seperti pemanfaatan spektrum frekuensi untuk pertahanan negara. 

Di samping itu, kolaborasi dalam membangun dan menjaga upaya pemerataan infrastruktur telekomunikasi dan informatika di seluruh pelosok Nusantara juga menjadi fokus utama antara Menteri Kominfo dengan Panglima TNI.

“Salah satu tugas utama Kementerian Kominfo adalah untuk menyediakan infrastruktur telekomunikasi dan informatika yang merata di seluruh penjuru Tanah Air agar dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Hal ini membutuhkan kolaborasi yang kuat lintas sektor. Kami berharap TNI dapat turut berkolaborasi dan memberikan dukungan yang dapat menjadi modal kuat dalam keberlangsungan juga keamanan pembangunan infrastruktur TIK untuk kepentingan rakyat Indonesia,” ujar Menteri Johnny.

Sepanjang tahun 2021 hingga 2022, Kementerian Kominfo melalui Badan Layanan Umum (BLU) BAKTI akan membangun Base Transceiver Stations (BTS) 4G di 7.904 desa/kelurahan pada wilayah 3T (terdepan, terluar, tertinggal), yang tersebar di Kepualuan Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan juga Papua. Selain untuk, Kementerian Kominfo juga akan mempersiapkan infrastruktur jaringan tambahan untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang ke-20 pada Oktober 2021 mendatang di Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Pembangunan infrastruktur TIK yang berkualitas dan merata merupakan modal utama bagi bangsa Indonesia agar semakin terkoneksi, semakin digital, dan semakin maju,” tegas Menteri Kominfo seperti dilaporkan Reporter Elshinta, Bayu Koosyadi, Kamis (6/5). 

Pertemuan tersebut berlangsung dalam susana penuh keakraban dan silaturahmi serta diakhiri dengan kesepakatan untuk memperkuat fondasi hubungan kerja sama dan koordinasi antar Kementerian Kominfo dan TNI.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Perkuat branding UMKM lokal, Menteri Johnny: Kominfo percepat bangun infrastruktur TIK
Jumat, 18 Juni 2021 - 20:03 WIB
Pemerintah melakukan pecepatan pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi untuk me...
Lima tips mengurangi risiko perundungan di Twitter
Jumat, 18 Juni 2021 - 12:56 WIB
Menciptakan pengalaman bermedia sosial yang nyaman merupakan hal penting agar pengguna tidak takut m...
 Menteri Johnny: Implementasi 5G perkuat pertumbuhan ekonomi nasional
Senin, 14 Juni 2021 - 19:55 WIB
Implementasi teknologi telekomunikasi 5G menjadi langkah untuk mewujudkan akses telekomunikasi yang ...
 Terima Dubes Arab Saudi, Menkominfo bahas tindak lanjut DCO dan kerja sama ekonomi digital
Kamis, 10 Juni 2021 - 11:13 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate membahas tindak lanjut Digital Collaboration Orga...
Tahap pertama dari Aceh, Menteri Johnny: Kominfo tempuh 4 langkah persiapkan ASO
Rabu, 09 Juni 2021 - 20:18 WIB
 Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun empat pilar utama sebagai langkah aksi untuk memp...
 Pacu transformasi ekonomi, Menkominfo siapkan 5 program strategis tahun 2022
Senin, 07 Juni 2021 - 19:11 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyiapkan 5 program strategis untuk mendukung te...
7 Juni 1994: Sejarah Internet di Indonesia
Senin, 07 Juni 2021 - 06:12 WIB
Sejarah Internet Indonesia dimulai tahun 1990-an jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebaga...
NASA siapkan dua misi untuk pahami kondisi iklim Venus
Jumat, 04 Juni 2021 - 07:45 WIB
NASA menyiapkan dua misi mereka, DAVINCI+ dan VERITAS untuk memahami bagaimana kondisi iklim Planet ...
Terapan teknologi netral, Menteri Johnny : 5G butuh dukungan infrastruktur yang besar
Kamis, 03 Juni 2021 - 19:38 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebutkan, pemerintah menetapkan pilihan teknol...
Teknologi belum mampu prediksi gempa secara akurat
Jumat, 28 Mei 2021 - 13:18 WIB
Hingga saat ini belum ada satu pun teknologi di dunia yang mampu memprediksi dengan tepat dan akurat...
Live Streaming Radio Network