KKP kembali buka penerimaan peserta didik vokasi kelautan perikanan
Elshinta
Rabu, 12 Mei 2021 - 13:13 WIB |
KKP kembali buka penerimaan peserta didik vokasi kelautan perikanan
Ilustrasi - Taruna di lembaga pendidikan di lingkungan KKP. ANTARA/HO-KKP

Elshinta.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan kembali memberikan kesempatan kepada putra dan putri WNI untuk dapat mengikuti pendidikan vokasi pada satuan pendidikan di lingkungan KKP yang terdiri dari satuan pendidikan tinggi dan satuan pendidikan menengah.

Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia KKP Sjarief Widjaja dalam siaran pers di Jakarta, Rabu, menyatakan, melalui Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan – Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM), KKP membuka pendaftaran penerimaan peserta didik baru, untuk satuan pendidikan tinggi pada 10 Mei – 8 Juli 2021 dan satuan pendidikan menengah pada 10 Mei – 12 Juni 2021.

"Satuan pendidikan KP menerapkan sistim vokasi dengan pendekatan teaching factory (Tefa) yakni 70 persen praktik dan 30 persen teori untuk pendidikan tinggi dan 60 persen praktik dan 40 persen teori untuk pendidikan menengah," kata Sjarief Widjaja.

Menurut Sjarief, sekolah atau kampus yang berada di bawah naungan KKP merupakan center of excellence bagi sekolah menengah kejuruan dan perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi terkait kelautan dan perikanan.

Ia memaparkan, pihaknya mendidik para siswa dan taruna/i secara kemiliteran untuk membangun kedisiplinan, kejujuran, jiwa korsa, kerja sama, dalam rangka mempersiapkan sumber daya unggul sektor kelautan dan perikanan.

"Kita butuh generasi muda yang memiliki daya saing yang kuat dan mampu menjawab tantangan kebutuhan dunia usaha atau dunia industri sektor kelautan dan perikanan. Terlebih di era globalisasi, generasi muda hadir sebagai garda terdepan dalam membangun bangsa dan berperan penting dalam memajukan negara untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas," ujarnya.

Satuan pendidikan tinggi di lingkungan KKP terdiri dari 13 Politeknik dan 1 Akademi komunitas kelautan dan perikanan yang menyelenggarakan program Diploma IV, III, dan I.

Program Diploma IV diselenggarakan oleh Politeknik Ahli Usaha Perikanan (Politeknik AUP). Program Diploma III diselenggarakan oleh Politeknik Kelautan dan Perikanan (Politeknik KP) Sidoarjo, Bitung, Sorong, Karawang, Bone, Kupang, Dumai, Pangandaran, Jembrana, Aceh, Pariaman dan Maluku. Program Diploma I diselenggarakan oleh Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan (AK-KP) Wakatobi.

Satuan pendidikan menengah di lingkungan KKP terdiri dari 5 SUPM, meliputi Sekolah Usaha Perikanan Menengah atau SUPM Ladong, SUPM Pariaman, SUPM Kotaagung, SUPM Tegal, dan SUPM Waiheru.

Jalur penerimaan peserta didik dilaksanakan melalui jalur umum dan jalur khusus. Jalur umum terbuka untuk pendaftar yang berasal dari masyarakat umum, adapun jalur khusus terbuka untuk peserta yang berasal dari anak pelaku utama (nelayan, pembudi daya ikan, pengolah ikan, petambak garam, pemasar perikanan).

Pada tahun akademik/pelajaran 2021/2022, KKP memberikan kesempatan kepada anak pelaku utama untuk mengikuti pendidikan di lingkungan KKP sebanyak 55 persen dari total jumlah yang diterima.

Nantinya para peserta yang sudah mendaftar, akan melewati berbagai tahapan penerimaan seleksi akademik, seleksi fisik, seleksi kesehatan, dan seleksi wawancara. Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan Penerimaan Peserta Didik KKP Tahun 2021, dapat mengakses pentaru.kkp.go.id.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pansus COVID-19 Yogyakarta khawatirkan BOR rumah sakit terus meningkat
Senin, 21 Juni 2021 - 18:23 WIB
Panitia Khusus COVID-19 DPRD Kota Yogyakarta mengkhawatirkan tingkat keterisian tempat tidur atau b...
KAI Commuter lakukan tes antigen acak untuk penumpang di stasiun
Senin, 21 Juni 2021 - 17:45 WIB
KAI Commuter mulai Senin pagi melaksanakan tes antigen secara acak kepada calon penumpang KRL di se...
ASN positif Covid-19,  Kantor Diskominfo Kota Salatiga ditutup
Senin, 21 Juni 2021 - 16:46 WIB
Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Salatiga,...
Wali Kota Kendari usul vaksinasi jadi syarat perjalanan antardaerah
Senin, 21 Juni 2021 - 16:35 WIB
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengusulkan kepada pemerintah pusat agar menjadikan vaksinasi CO...
 Warga antusias ikuti vaksinasi massal yang digelar Polres Magelang
Senin, 21 Juni 2021 - 16:24 WIB
Warga Kabupaten Magelang, Jawa Tengah antusias mengikuti vaksinasi massal yang digelar Polres Magela...
BP2MI Nunukan siap pulangkan belasan PMI jalur ilegal dari Malaysia
Senin, 21 Juni 2021 - 16:10 WIB
Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) siap memulan...
Bertambah 2, KAI kini layani pemeriksaan GeNose C19 di 65 stasiun
Senin, 21 Juni 2021 - 15:12 WIB
PT Kereta Api Indonesia (Persero) kini menyediakan 65 stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 p...
Asrama haji siap digunakan untuk pasien COVID-19
Senin, 21 Juni 2021 - 13:38 WIB
Kementerian Agama menyatakan asrama haji yang tersebar di seluruh Indonesia siap digunakan untuk men...
Delapan calon jamaah haji palembang mengundurkan diri
Senin, 21 Juni 2021 - 12:47 WIB
Sebanyak delapan orang calon jamaah haji di Kota Palembang menarik setoran awal pendaftaran haji seh...
Sambut HUT DKI, Ancol bersiap gelar atraksi ondel-ondel di bawah air
Senin, 21 Juni 2021 - 12:06 WIB
Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Jakarta ke-494 pada 22 Juni, manajemen Taman Impian Jaya Ancol...
Live Streaming Radio Network