Dufry sepakati usulan Erick, 100 gerai `duty free` dunia jajakan UMKM
Elshinta
Rabu, 12 Mei 2021 - 13:46 WIB |
Dufry sepakati usulan Erick, 100 gerai `duty free` dunia jajakan UMKM
Pertemuan Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir (tengah) dengan pendiri Perusahaan bebas bea atau duty free terkemuka dunia Dufry, Luis Andres N Holzer dan perwakilan terkait di Amerika Serikat . Dokumentasi Kementerian BUMN

Elshinta.com - Perusahaan bebas bea atau duty free terkemuka dunia yakni Dufry menyepakati usulan Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir yang mana 100 gerai duty free pilihan di dunia menjajakan produk unggulan UMKM dan komoditas Indonesia selama lima tahun ke depan.

Erick mengatakan Dufry menyepakati usulan dari Kementerian BUMN Republik Indonesia agar dalam 5 tahun ke depan 100 gerai duty free pilihan di dunia menjajakan produk unggulan UMKM dan komoditas Indonesia antara lain seperti kopi, teh, rempah-rempah, produk kecantikan dan kesehatan, serta ekspor rotan, mebel, wastra, dan berbagai hasil bumi Nusantara.

“Kita bisa memulai dengan 10 produk super prioritas, super unggul, dan super diminati di pasar duty free dan ekspor dulu, selain agar kita fokus, juga dimaksudkan untuk memperoleh consumers insights yang lebih dalam dari dinamika pasarnya," ujar Erick dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Di sela-sela kunjungan misi kerja sama bidang energi, kesehatan, dan investasi dengan beberapa pengusaha AS, pada Rabu ini hari Menteri BUMN Erick Thohir  bertemu dengan salah satu founder Dufry, Luis Andres N Holzer.

Dufry adalah sebuah perusahaan duty free terkemuka di dunia yang berkantor pusat di Switzerland dan didirikan pada 1865. Dufry yang memiliki dan mengoperasikan 2.400 gerai bebas bea di berbagai belahan dunia dengan jumlah pelanggan dan pengunjung sebesar 2.5 miliar orang/tahun adalah market leader global bisnis duty free. Dufry juga pemilik jaringan retail shop Hudson Corporation di Amerika Serikat.

Di bidang ritel, ekspor impor dan specialty store, Erick menegaskan kembali komitmen dan kerja sama salah satu BUMN yaitu Sarinah dengan Dufry yang telah dirintis tahun 2020 yang mana Sarinah akan menyediakan lahan untuk Dufry di Sarinah Thamrin dan membantu pengembangan bisnis duty free di pelabuhan udara internasional di Indonesia lainnya. Kerja sama resiprokal ini memberi peluang Indonesia dan Sarinah hadir di berbagai gerai bebas bea Dufry di seluruh dunia.

Sarinah sebagai promotor dan kurator produk UMKM Nusantara unggulan telah melakukan serangkaian strategi transformasi bisnis termasuk menyiapkan outlet down town duty free di Sarinah Thamrin Jakarta yang saat ini sedang dipugar dan disiapkan. Diharapkan pada kwartal ke-4 2021, soft opening sudah bisa dilakukan.

Dirut Sarinah Fetty Kwartati menegaskan bahwa kerja sama dengan mitra strategis kelas dunia seperti Dufry bukan pekerjaan mudah. Sarinah harus naik kelas dan harus berani bersaing di pasar global dari sisi demand, namun dari sisi supply banyak PR di dalam negeri untuk menyiapkan produk-produk Nusantara agar dapat bersaing dan merebut peluang pasar dunia baik melalui duty free retail maupun ekspor.

Fetty berterima kasih kepada Dufry atas kepercayaannya kepada Sarinah dan bangga atas dukungan habis-habisan atau all out Menteri BUMN Erick Thohir beserta jajarannya kepada Sarinah.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Sembuh, seluruh pasien Covid-19 asal Kudus dipulangkan dari Asrama Haji Donohudan
Selasa, 22 Juni 2021 - 21:23 WIB
Sebanyak 81 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal Kabupaten Kudus, Jawa Tengah telah dipulangka...
Vaksin Covid-19 di obyek wisata menarik minat masyarakat
Selasa, 22 Juni 2021 - 21:11 WIB
Pelaksanaan pemberian Vaksin Sinovak Covid-19 oleh tim medis dari Polres Pasuruan, Jawa Timur di tem...
Warga Kota Malang terpapar virus Delta pasca dari Bangkalan 
Selasa, 22 Juni 2021 - 20:57 WIB
Dinas Kesehatan Kota Malang, Jawa Timur memastikan warga Jalan Bandulan, Kecamatan Sukun, Kota Malan...
Sentra vaksinasi di JIEP Pulomas sediakan 10.000 dosis vaksin Sinovac
Selasa, 22 Juni 2021 - 19:30 WIB
Pemerintah dan swasta resmi meluncurkan Sentra Vaksinasi COVID-19 di Jakarta International Equestria...
 Kasus Covid-19 meningkat, Kantor Sekda Kota Salatiga masih buka
Selasa, 22 Juni 2021 - 18:56 WIB
Perkantoran Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Salatiga, Jawa Tengah di Kompleks Balai Kota Salatiga mas...
Ringankan beban pasien Covid-19, Komunitas Yaqut Centre salurkan bantuan
Selasa, 22 Juni 2021 - 18:23 WIB
Komunitas Yaqut Centre Rembang menyalurkan bantuan 1000 paket sembako kepada keluarga pasien positif...
Sultan HB X sebut PPKM Mikro di DIY belum maksimal
Selasa, 22 Juni 2021 - 16:58 WIB
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menilai implementasi Pemberla...
Dinkes Jatim sebut varian baru sudah tersebar di tiga daerah
Selasa, 22 Juni 2021 - 15:36 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur, Herlin Ferliana menyebutkan kasus baru COVID-19 varian B16172 De...
 Ketua FWP Polda Sumut berharap misteri pembunuhan Marasalem Haharap segera terungkap
Selasa, 22 Juni 2021 - 14:56 WIB
Cepat atau lambat, misteri pembunuhan Marasalem Harahap segera terungkap. Rasa optimisme tersebut di...
 Polda Sumut sudah periksa 34 saksi tewasnya wartawan Simalungun
Selasa, 22 Juni 2021 - 12:55 WIB
Direktorat (Dit) Reserse Kriminal Umum Polda Sumut terus mendalami penyelidikan terhadap kasus penem...
Live Streaming Radio Network