Kemenhub rancang ibu kota baru dengan sistem transportasi modern
Elshinta
Selasa, 25 Mei 2021 - 15:23 WIB |
Kemenhub rancang ibu kota baru dengan sistem transportasi modern
Lokasi Ibu Kota Negara Indonesia yang baru di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. ANTARA/Novi Abdi

Elshinta.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merancang sistem transportasi pintar, terpadu, dan berkelanjutan di Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan Timur guna memudahkan konektivitas masyarakat di wilayah tersebut.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan Kemenhub akan menerapkan sistem transportasi berbasis kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan menggunakan internet dalam operasionalnya.

Selain konektivitas, ia mengatakan IKN Kaltim akan dikembangkan sebagai wilayah ekonomi yang dikolaborasikan dengan daerah sekitarnya, seperti Balikpapan dan Samarinda.

"Ibu kota negara akan mendorong pengembangan ekonomi melalui kolaborasi segitiga perkotaan inti bersama Balikpapan dan Samarinda sebagai superhub," kata Budi dalam webinar "Sistem Transportasi Cerdas di Ibu Kota Negara" yang digelar Balitbang Perhubungan Kemenhub di Jakarta, Selasa.

Budi menjelaskan IKN dirancang sebagai pusat pemerintahan dan inovasi hijau yang ramah lingkungan.

Kemudian, Balikpapan akan dikembangkan sebagai pusat petrokimia dan logistik, sementara Kota Samarinda akan terus dikembangkan sebagai daerah pengembangan sektor energi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Ditjen Perhubungan Darat menerapkan sistem transportasi yang mengadopsi teknologi informasi dan komunikasi pada bidang transportasi darat, termasuk infrastruktur, kendaraan, pengguna, hingga manajemen lalu lintas dan pergerakannya.

"Pembangunan di IKN harus terintegrasi intramoda dan antarmoda sehingga pembangunan transportasi darat harus dapat menghubungkan simpul-simpul kegiatan mulai jaringan hingga layanan yang ada," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Agus H Purnomo mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan efisiensi logistik dan transportasi laut dengan menguatkan peran pelabuhan-pelabuhan yang ada di sekitar Kalimantan Timur, hingga pembangunan pelabuhan baru sebagai pendukung IKN.

"Pelabuhan-pelabuhan yang sudah ada akan diperkuat dengan pengerjaan teknis seperti pendalaman jalur, hingga pelebaran jalur kapal," katanya.

Di sisi pengelolaan, Ditjen Perhubungan Laut juga mengoptimalisasi layanan menggunakan jaringan internet dalam sistem navigasi kapal, kepelabuhanan, penjagaan laut dan pantai.

Agus menambahkan integrasi sistem transportasi laut sudah sesuai dengan konsep IKN yang menerapkan unsur keberlanjutan, modern, dan cerdas dalam penggunaan teknologinya.

Selanjutnya, dari sisi dukungan wilayah udara, Kemenhub menerapkan sejumlah kebijakan di antaranya pembangunan dan pengadaan sistem multibandara (multiple airports system).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan pembangunan sistem multibandara dirancang untuk melayani berbagai kebutuhan penerbangan mulai dari penerbangan komersial, logistik, hingga penerbangan prioritas oleh kepala negara, pejabat tinggi, atau tamu penting negara.

Novie mengatakan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Balikpapan akan melayani penerbangan internasional. Kemudian, Bandara APT Pranoto Samarinda melayani penerbangan dalam negeri dan logistik. Sementara, bandara khusus VVIP hanya melayani penerbangan prioritas.

"Bandara baru khusus VVIP ini akan dikelola bersama-sama dengan bandara lain untuk menunjang kebutuhan penerbangan satu sama lain," kata Novie.

Ia mengatakan, untuk meningkatkan pelayanan dan keamanan di wilayah udara, Kemenhub menggunakan teknologi navigasi berbasis satelit agar alur lalu lintas penerbangan semakin mudah dijalankan.

Adapun langkah-langkah yang ditempuh untuk meningkatkan keselamatan penerbangan, Ditjen Perhubungan Udara mengatur penggunaan drone di ruang udara wilayah Kalimantan Timur.

"Dengan adanya peningkatan konektivitas penerbangan, kita gunakan teknologi terkini yaitu satelit navigasi, dibantu dengan radar-radar untuk melindungi penerbangan dari kemungkinan adanya drone di luar kontrol kita," katanya.

Ia menambahkan, Kemenhub optimistis bahwa rencana dan kebijakan sektor transportasi yang telah disusun akan mampu memberikan dukungan terhadap rencana pembangunan IKN yang cerdas, hijau, indah, dan berkelanjutan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Jasamarga gencarkan operasi pengendalian Tol Gempol-Pasuruan
Jumat, 23 Juli 2021 - 16:36 WIB
PT Jasamarga Gempol Pasuruan (JGP) menggencarkan operasi pembatasan dan pengendalian lalu lintas di ...
18 Juli 1974: Perumnas, rumah murah untuk rakyat
Minggu, 18 Juli 2021 - 06:00 WIB
Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas) adalah Badan Usaha Milik Negara I...
Percepat perbaikan, BBPJN Sumsel tutup Jembatan Ogan 3 selama tiga bulan 
Sabtu, 17 Juli 2021 - 12:25 WIB
Menjamin kenyamanan masyarakat di Kota Palembang, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah Sumat...
16 Juli 1896: Pengoperasian tahap pertama proyek rel lokomotif uap Hindia Belanda
Jumat, 16 Juli 2021 - 06:00 WIB
Rute perjalanan kereta api dari Semarang menuju Tanggung, Jawa Tengah, yang berjarak 26 kilometer me...
TMMD Sengkuyung II Dayeuhluhur Tahun 2021 Kodim 0703 Cilacap resmi ditutup
Rabu, 14 Juli 2021 - 20:24 WIB
Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2021 Kodim 0703 Cilacap yang b...
Ini empat ruas tol baru bakal dibangun di Kabupaten Tangerang
Jumat, 09 Juli 2021 - 15:48 WIB
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten merencanakan pembangunan empat jalan tol ba...
Tim Wasev Korem 071/WK tinjau hasil pembangunan TMMD di Desa Dayeuhluhur Cilacap
Jumat, 02 Juli 2021 - 18:05 WIB
Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Korem 071 Wijayakusuma yang dipimpin Pasi Bakti TNI Mayor Arm Aris...
Program Sejuta Rumah 2021 hingga Mei capai 312.290 unit
Minggu, 27 Juni 2021 - 16:46 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan program Sejuta Rumah pada 2021 ini...
Bupati Cirebon sebut banyak proyek infrastruktur tidak sesuai target akibat pandemi
Jumat, 25 Juni 2021 - 16:25 WIB
Bupati Cirebon Imron bersama Wakil Bupati Wahyu Tjiptaningsih dan Dinas PUPR melakukan monitoring p...
 Satgas TMMD Kodim Cilacap kebut sasaran fisik
Jumat, 25 Juni 2021 - 14:07 WIB
Satgas TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0703 Cilacap terus kebut semua sasaran fisik yang ada dalam pr...
Live Streaming Radio Network