Tangani Covid-19, Pangdam dan Kapolda gelar apel gabungan di Kudus
Elshinta
Sabtu, 05 Juni 2021 - 09:14 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Tangani Covid-19, Pangdam dan Kapolda gelar apel gabungan di Kudus
Sumber foto: Sutini/elshinta.com.

Elshinta.com - Kabupaten Kudus, Jawa Tengah masih menempati posisi kasus Covid-19 tertinggi di Provinsi Jawa Tengah, sehingga upaya maksimal terus dilakukan dalam rangka menangani Covid-19. Kini, Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto dan Kapolda Jateng Irjen (Pol) Ahmad Luthfi beserta jajaran turun tangan membantu memaksimalkan penanganan Covid-19 di Kudus. Komitmen Kudus terbebas dari Covid-19 disampaikan dalam apel bersama TNI-Polri dan Satgas Covid-19 Kab. Kudus di Alun-Alun Simpang Tujuh, Jum'at, (4/6). Pangdam IV/Diponegoro dan Kapolda Jateng akan mengevaluasi penanganan Covid-19 di Kudus. Evaluasi tersebut menyangkut pelaksanaan PPKM mikro, penanganan di rumah sakit, tempat isolasi, dan pemulasaran jenazah pasien Covid-19. Pangdam yang memimpin apel bersama Kapolda membentuk tim sesuai bidang masing-masing untuk melakukan pengarahan kepada para petugas.

Menurut Pangdam, masyarakat Kabupaten Kudus adalah masyarakat yang patuh pada pemimpin dan tokoh masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya juga mengimbau agar para tokoh masyarakat dan pemuka agama ikut serta mengedukasi pelaksanan protokol kesehatan. Pasalnya, saat ini pencegahan yang paling tepat adalah melaksanakan 3M.  "Kami mohon agar tokoh agama dan tokoh masyarakat memberikan contoh dan berpartisipasi aktif laksanakan protokol kesehatan. Masyarakat Kudus itu selalu melihat pemimpinnya. Jangan sampai pemimpin mengajari tak pakai masker. Saat ini masker itu obat, agar tak terpapar Covid-19," katanya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Sutini, Sabtu (5/6). 

Edukasi kepada masyarakat juga akan digalakkan oleh jajaran TNI dan Polri. Pamflet dan sosialisasi langsung kepada masyarakat terus dilakukan agar lebih disiplin. Masyarakat diajak disiplin untuk dan bersatu menekan angka kasus Covid-19 di Kudus. "Kami akan terus memberikan edukasi dan penerangan kepada masyarakat kalau Covid-19 nyata dan telah menelan banyak korban jiwa. Mari bersatu padu laksanakan protokol kesehatan dan menurunkan angka Covid-19," ungkapnya.

Kapolda Jateng menyiapkan delapan watercannon untuk menyemprotkan disinfektan. Pihaknya menjelaskan selama tiga hari sekali disinfektan akan disemprotkan di berbagai wilayah Kabupaten Kudus. 

"Masa inkubasi selama tiga hari. Setiap tiga hari sekali kami akan membanjiri Kudus dengan disinfektan," terangnya. Secara teknis, Kapolda meminta agar Babinsa dan Babhinkamtibmas sembilan kecamatan menyiapkan panel data orang yang terpapar di wilayah tersebut. Termasuk  pelaksanaan testing, tracing, dan treatment untuk yang terpapar Covid-19. Begitu memonitor pasien Covid-19 yang melaksanakan isolasi mandiri. PPKM mikro juga akan dievaluasi tiga hari sekali. "Kami meminta agar Babinsa dan Babhinkamtibmas punya data siapa yang terpapar, dan memonitor pasien yang isolasi mandiri, " katanya. 

Pihaknya juga memfokuskan enam desa zona merah yang melaksanakan pembatasan maksimal. Kapolda meminta kepala desa bersinergi bersama TNI dan Polri untuk mengontrol pasien isolasi mandiri setiap tiga hari sekali. Dalam pemantauan pasien, pihaknya juga meminta kepala desa memaksimalkan program Jogo Tonggo seperti memberikan bantuan sembako kepada pasien. Pihaknya mengajak satgas gabungan bekerja bersama dan maksimal selama 2 hingga 3 minggu. "Kasus Covid-19 di Kudus tak bisa melandai kalau dikerjakan sendiri-sendiri. Ini adalah tanggung jawab bersama. Mari kita maksimalkan bekerja selama 2 hingga 3 minggu untuk menekan kasus Covid-19," pungkasnya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Disambut Kapolda Sumut, Wakapolri tinjau pos PPKM dan isoman Hotel Soechi di Medan
Selasa, 03 Agustus 2021 - 19:27 WIB
Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, menyambut kedatangan Waka Polri Komjen...
Patroli simpatik, Satgas Yonif 751 beri pengobatan gratis kepada masyarakat Lanny Jaya
Selasa, 03 Agustus 2021 - 16:37 WIB
Sebagai wujud usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat disekelilingnya, Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/...
Polres Langkat berbagi dimasa pandemi
Selasa, 03 Agustus 2021 - 12:36 WIB
Polres Langkat, Sumatera Utara dan jajaran membagikan sebanyak 400 paket bansos kepada keluarga tida...
Pertamina RU IV gelar donor darah dan donor plasma konvalesens VCT mobile
Selasa, 03 Agustus 2021 - 11:57 WIB
Pertamina RU IV Cilacap selenggarakan donor darah dan donor darah plasma Konvalesens VCT dengan taju...
Dandim dan Kapolres Cilacap gelar analisa dan evaluasi pelaksganaan PPKM  
Selasa, 03 Agustus 2021 - 11:14 WIB
Komandan Kodim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi bersama Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi, me...
Alumni Akabri 91 berikan bantuan pada warga Borobudur
Minggu, 01 Agustus 2021 - 20:34 WIB
Sebagai bentuk syukur atas pengabdian selama 30 tahun, Alumni Akabri Angkatan 1991 menggelar bakti s...
Kapolri siapkan strategi capai vaksinasi 70 persen di Hari Kemerdekaan
Minggu, 01 Agustus 2021 - 19:47 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyiapkan strategi untuk mencapai target 70 persen pelaksanaa...
Apresiasi Polda MJ, Kapolri harapkan Vaksinasi Merdeka menular ke daerah
Minggu, 01 Agustus 2021 - 15:55 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi Polda Metro Jaya bersama Forkopimda DKI Jaka...
 Danrem 174 Merauke ajak elemen masyarakat Merauke jalin kedamaian di Tanah Animha
Sabtu, 31 Juli 2021 - 18:04 WIB
Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko dalam kegiatan dialog dan ramah tamah dengan Tokoh Mas...
Bantu masyarakat terdampak pandemi, Akpol 91 Bhara Daksa gelar baksos
Sabtu, 31 Juli 2021 - 07:53 WIB
Dalam rangka memperingati 30 tahun pengabdian Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 91 Bhara Daksa, khus...
Live Streaming Radio Network