BI Malang sosialisasi pendampingan klaster pembiakan sapi potong
Elshinta
Kamis, 10 Juni 2021 - 15:46 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
BI Malang sosialisasi pendampingan klaster pembiakan sapi potong
Sumber foto: El Aris/elshinta.com.

Elshinta.com - Kabupaten Malang, Jawa Timur merupakan salah satu daerah penghasil sapi potong terbesar di Jawa Timur. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Jawa Timur Tahun 2019 pupulasi sapi potong di Kabupaten Malang mengalami peningkatan tiap tahunnya, dan tersebar di beberapa kecamatan yaitu Kecamatan Wajak, Sumberpucung, Kalipare, Gedangan dan Singosari.

Dalam mendukung pencapaian swasembada daging sapi, pada tahun 2020 KPw BI Malang melakukan inisiasi pengembangan Klaster Pembiakan Sapi Potong di Desa Senggreng Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. 

“Inisiasi awal klaster dimulai dengan program Inseminasi Buatan (IB) bekerja sama dengan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang.“ ungkap Kepala Perwakilan KPw BI Malang - Azka Subhan Aminurridho seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, El Aris, Kamis (10/6).

Ditambahkan Azka,  Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang berpotensi untuk pengembangan klaster sapi potong karena banyaknya populasi sapi potong yang tersebar di beberapa dusun, yaitu Ngrancah (329 ekor), Dusun Kecopokan (276 ekor), Dusun Krajan (75 ekor), dengan sebaran terbanyak adalah sapi betina/indukan.

Populasi sapi potong, 90% usaha dilakukan oleh peternakan rakyat yang skala usahanya kecil dan belum berorientasi pada produksi bisnis, pemberian pakan sangat tergantung pada ketersediaan sumber daya alam yang ada sehingga kualitas dan kuantitas pakannya masih rendah.

“Program pendampingan Klaster Pembiakan Sapi Potong yang dilakukan KPw BI Malang bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan Inseminasi Buatan, penguatan kelompok ternak sapi potong, perbaikan manajemen pembiakan sapi potong mulai dari pemilihan indukan, pemeliharaan kandang dan sistem pemasaran, penyediaan pakan ternak secara mandiri dengan pembuatan konsentrat dan complet feed berbasis pakan lokal serta pengolahan limbah menjadi usaha cacing untuk pakan ternak dan ikan serta pengolahan pupuk organik untuk kebutuhan pertanian dan sayuran. “ jelas Azka.

Program Inseminasi Buatan pada tahap awal yang dilakukan KPw BI Malang pada tahun 2020 dilakukan pada 53 ekor sapi di kelompok ternak Wijikamulyan di Desa Senggreng. Program pembibitan sapi potong ini dilakukan melalui adopsi teknologi peternakan yaitu persilangan ternak lokal dengan ternak yang bersumber dari bibit unggul melalui inseminasi buatan (IB). Pelaksanaan IB menggunakan teknologi Double Dosis dengan model waktu 2 dan 8 jam untuk mengoptimalkan tingkat keberhasilan kebuntingan sapi. Pelatihan yang telah dilakukan untuk meningkatkan kapasitas SDM kelompok ternak Wijikamulyan yaitu pelatihan kepada inseminator, pelatihan Inseminasi Buatan, pelatihan manajemen administrasi dan keuangan, serta pelatihan pembuatan pakan ternak.

“Melalui pelatihan ini diharapkan peternak mampu meningkatkan keberhasilan program Inseminasi Buatan serta melakukan manajemen pemberian pakan yang baik sehingga berhasil dalam pembibitan sapi potong. Serta menguatkan potensi Kecamatan Sumberpucung yang merupakan wilayah sentra peternakan sapi potong menjadi kawasan pembibitan sapi potong sebagai penyedia bibit sapi bakalan dengan harapan dapat mencapai tingkat keberhasilan Inseminasi Buatan mencapai > 80 %. Klaster pembibitan sapi potong diharapkan dapat sebagai percontohan kawasan dalam kebutuhan peternak dari hulu ke hilir di Kabupaten Malang,” jelasnya .

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kemendag angkat rempah andaliman lebih dikenal dunia
Rabu, 04 Agustus 2021 - 18:20 WIB
Kemendag mengangkat andaliman, salah satu jenis rempah asal Sumatera Utara, yang dikembangkan sebaga...
Buruh tani di Klaten kembalikan BST
Rabu, 04 Agustus 2021 - 17:45 WIB
Seorang buruh tani di Desa Kotesan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, bernama Tukul Subagiyono ...
3.322 pekerja Bekasi diusulkan terima subsidi upah pertama
Rabu, 04 Agustus 2021 - 17:21 WIB
Sebanyak 3.322 pekerja di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat diusulkan menerima Bantuan Subsidi Upah (BSU)...
BPTP Gorontalo diseminasi varietas tanaman sorgum
Rabu, 04 Agustus 2021 - 17:10 WIB
Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Gorontalo melakukan diseminasi varietas tanaman sorgum u...
Pedagang bendera merah putih di Bandung berharap untung saat pandemi
Rabu, 04 Agustus 2021 - 16:00 WIB
Pedagang bendera merah putih dan umbul-umbul dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Keme...
Pembagian bansos tunai di Grobogan banyak salah sasaran  
Rabu, 04 Agustus 2021 - 10:06 WIB
Pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah; te...
Rupiah Rabu pagi menguat 4 poin
Rabu, 04 Agustus 2021 - 09:56 WIB
Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu pagi menguat 4 poin
IHSG Rabu dibuka menguat 11,9 poin
Rabu, 04 Agustus 2021 - 09:41 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu dibuka menguat 11,9 poin
OJK: Jumlah investor di pasar modal meningkat hingga 96 persen
Selasa, 03 Agustus 2021 - 15:24 WIB
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat jumlah investor di pasar modal meningkat luar biasa, yaitu seb...
 IHSG menguat ke 6.134 pada sesi I hari ini 
Selasa, 03 Agustus 2021 - 14:34 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih tampil perkasa hingga akhir perdagangan sesi pertama hari i...
Live Streaming Radio Network