MemoRI 17 Juli
17Juli 2009: Timnas Indonesia nyaris jadi korban Bom Mega Kuningan
Elshinta
Penulis : Calista Aziza | Editor : Administrator
17Juli 2009: Timnas Indonesia nyaris jadi korban Bom Mega Kuningan
Ilustrasi - Pemboman Hotel JW Marriot Jakarta. (https://bit.ly/3hxzc7Z/elshinta.com)

Elshinta.com - Bom Jakarta 2009 atau disebut juga Bom Mega Kuningan 2009 adalah peristiwa ledakan bom di hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton di kawasan Mega Kuningan, kota Jakarta Selatan. Jumat, 17 Juli 2009, peristiwa bom bunuh diri tersebut menewaskan 9 orang korban dan melukai lebih dari 50 orang lainnya, baik warga Indonesia maupun warga asing.

Selain dua bom rakitan berdaya ledak rendah yang meledak tersebut, sebuah bom serupa yang tidak meledak ditemukan di kamar 1808 Hotel JW Marriott yang ditempati sejak dua hari sebelumnya oleh tamu hotel yang diduga sebagai pelaku pengeboman.

 

Cerita Timnas Indonesia yang nyaris jadi korban

Timnas Indonesia punya kenangan buruk di 17 Juli 2009. Dua hotel megah di Jakarta, JW Marriott dan Ritz-Carlton saat itu diguncang bom dahsyat. Aksi teroris yang didalangi Noordin M. Top tersebut menewaskan sembilan orang dan melukai lebih dari 50 orang. Dua hotel tersebut dipakai menginap Timnas Indonesia dan Manchester United yang dijadwalkan akan bertanding di Stadion Gelora Bung Karno pada 20 Juli 2009.

Sontak kejadian tersebut membuat MU terkejut, begitu juga dengan publik di Indonesia. United yang ketika itu baru mendarat di Kuala Lumpur, Malaysia langsung menggelar konferensi pers, dan akhirnya membatalkan kunjungan ke Indonesia.

"Kami mendapat berita saat kami mendarat dan itu sangat mengecewakan. Saya belum pernah ke Indonesia sebelumnya dan saya tahu FA Indonesia (PSSI) telah bekerja sangat keras dalam hal ini," ujar Sir Alex Ferguson.

"Ini adalah berita yang mengerikan, tapi kami telah memutuskan apa yang saya yakini sebagai keputusan tepat dalam hal melindungi pemain kami," lanjutnya seperti dilansir The Guardians.

Akibat tragedi tersebut, MU tak pernah lagi memasukkan Indonesia dalam tur pramusim hingga kini. Alhasil, publik di Tanah Air lagi-lagi harus memendam hasrat menyaksikan Tim Setan Merah berlaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, setelah terakhir kali terjadi pada 1 Juni 1975.

Buat pasukan Tim Merah-Putih kejadian bom di hotel mereka menginap menyisakan trauma yang mendalam. Timnas Indonesia (Indonesia All-stars) yang saat itu ditukangi Benny Dollo menginap JW Marriott. Para pemain dan staf pelatih Timnas Indonesia hampir saja tewas, jika saja terlambat satu jam saja meninggalkan hotel untuk kepentingan latihan jelang laga melawan Tim Setan Merah.

"Pukul 06.30 WIB para pemain sudah keluar dari Hotel Marriott tempat mereka menginap malam tadi. Kejadian ini benar-benar gila, seandainya tim masih berada di lobi," kata Manajer Timnas Indonesia, Andi Darussalam.

Andi mengatakan, sebelum ledakan itu terjadi para pemain tim nasional sudah terbiasa berangkat sekitar pukul 06.00 WIB dari kamar hotel. Pada 06.30 WIB, timnas sudah meninggalkan lobi hotel untuk latihan di Lapangan ABC Senayan, sehingga mereka selamat dari musibah tersebut.

Selang satu jam setelah itu, sebuah bom meledak di Hotel Marriot dan dan Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, sekitar pukul 07.47 dan 07.57 WIB. 

Para pemain Timnas Indonesia mendengar ledakan saat menjalani sesi latihan di Lapangan ABC. "Bunyinya kecang sekali seperti petasan," kata Ponaryo Astaman, kapten Timnas Indonesia.

Mereka tak berfikir ledakan tersebut berasal dari hotel mereka menginap. "Setelah itu kami lanjut latihan rutin. Sama sekali tidak berfikir kalau itu ledakan bom," ujar Benny Dollo.

Pasukan Timnas Indonesia kemudian diarahkan pindah hotel setelah latihan. Mereka dibukakan kamar di Hotel Sultan yang ada di area Senayan. Karena serbamendadak, barang-barang pribadi penggawa Garuda tetap tertinggal di Hotel JW Marriott. 

Kejadian bom Hotel JW Marriott menyisakan trauma mendalam bagi sang pemain. "Batal bertanding melawan Manchester United tak saya sesali sama sekali. Yang paling penting saya diberikan keselamatan oleh Allah SWT. Kalau membayangkan kami sempat berada di lobi tempat meledaknya hotel, seram sekali," kata Ridwan.

 

Sumber: okezone.com, liputan6.com

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Ribuan pelajar Salatiga divaksin Covid-19
Jumat, 17 September 2021 - 20:34 WIB
Ribuan pelajar mengikuti vaksinasi massal yang digelar Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, Jawa Ten...
Pasien Covid-19 di RSUD Salatiga sudah kosong
Jumat, 17 September 2021 - 20:22 WIB
BOR perawatan Covid-19 di RSUD Salatiga, Jawa Tengah sudah nol persen atau dalam kondisi  kosong  ...
Kelurahan dan kecamatan di Kota Bandung gencar gelar vaksinasi Covid-19
Jumat, 17 September 2021 - 20:10 WIB
Dalam rangka mempercepat proses pembentukan herd immunity di Kota Bandung, Jawa Barat, kecamatan dan...
 Penyisiran anak yatim piatu akibat Covid-19 berlanjut
Jumat, 17 September 2021 - 18:44 WIB
Pendataan anak yatim, piatu dan yatim piatu akibat Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah berl...
Ditlantas Polda Jatim angkat anak asuh 7.000 yatim piatu terdampak pandemi
Jumat, 17 September 2021 - 18:37 WIB
Menyambut Hari Lalu lintas Bhayangkara ke 66. Ditlantas Polda Jatim menggelar acara bakti sosial ber...
Gencarkan vaksinasi, Pemkot Bandung percepat pembentukan `herd immunity`
Jumat, 17 September 2021 - 18:24 WIB
Pemerintah Kota (pemkot) Bandung, Jawa Barat terus mempercepat pembentukan herd immunity. Salah satu...
 Kunker ke Medan, Kapolri dan Panglima terus percepat vaksinasi
Jumat, 17 September 2021 - 17:56 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali melak...
IDI dukung tatap muka di pesantren
Jumat, 17 September 2021 - 17:48 WIB
Pembukaan pesantren di tengah pandemi Covid-19 dapat dilakukan. Syaratnya, para santri dan pengasuh ...
Kodim 1611/Badung gelar vaksinasi lansia di Denpasar Timur
Jumat, 17 September 2021 - 17:25 WIB
Kegiatan vaksinasi Covid-19 dilaksanakan di Panti Sosial Tresna Werda (PSTW) Wana Seraya, Kesmian Ke...
Yaqut minta ASN Kemenag ubah citra agar lebih responsif
Jumat, 17 September 2021 - 17:18 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agam...
Live Streaming Radio Network