realme Watch 2 Pro, penunjang hidup sehat saat pandemi
Elshinta
Minggu, 11 Juli 2021 - 13:15 WIB |
realme Watch 2 Pro, penunjang hidup sehat saat pandemi
realme Watch 2 Pro. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Elshinta.com - Jam tangan pintar menjadi salah satu gawai primadona di masa pandemi ini, menawarkan fitur-fitur untuk membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

realme pertengahan tahun ini percaya diri untuk kembali membawa jam tangan pintar seri Watch 2 setelah melihat animo konsumen untuk Watch edisi pertama.

Menggunakan realme Watch 2 Pro selama beberapa pekan, jam tangan ini dilengkapi dengan segudang fitur untuk membantu memantau kesehatan tubuh selama berkegiatan dari rumah.

Smartwatch ini menyatukan fitur seperti pengukur kadar oksigen dalam darah sampai pengganti shutter kamera saat berswafoto.

Menu aplikasi di realme Watch 2 Pro. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Desain
Kesan pertama, jam tangan digital ini terlihat besar. Layar seluas 1,75 inci dikemas dalam dial persegi berukuran 1,53,x 0,99 x 0,5 inci. realme memberikan bezel berwarna hitam di sekeliling layar.

Begitu digunakan, jam tangan ini terlihat biasa saja dan terasa pas meski pun digunakan di pergelangan tangan kecil. Varian Metallic Silver, dengan tali atau strap berwarna beige.

Pemilihan material karet untuk tali sangat mendukung jam tangan bisa digunakan dengan ketat dan gawai terasa nyaman ketika pergelangan tangan basah atau berkeringat. Selama pemakaian lebih dari dua minggu, tali jam tidak membuat kulit iritasi atau gatal.

realme memberikan tonjolan seukuran lubang pada gelang jam tangan, agar tidak mudah lepas. Pada Watch 2 Pro ini, hanya tersedia satu tombol fisik yang berfungsi sebagai tombol daya sekaligus tombol kembali atau back.

Fungsi-fungsi lainnya bisa dijalankan melalui layar sentuh, termasuk untuk mengubah tingkat kecerahan layar.

Cara pemasangan
Sama seperti jam tangan pintar pada umumnya, realme Watch 2 Pro harus dipasangkan dengan ponsel agar pengguna bisa menggunakan bermacam-macam fitur di dalamnya.

Sebelum mengaktifkan jam tangan, pasang aplikasi realme Link pada ponsel. Aplikasi dan jam tangan ini tetap bisa berfungsi dengan baik meski pun tidak menggunakan ponsel bermerk realme.

Instalasi jam tangan ini sangat mudah, pengguna cukup mengikuti petunjuk yang ada di layar jam tangan. Jika masih belum paham, cukup ikuti panduan yang disertakan di dalam kardus.

Aplikasi realme Link berfungsi sebagai penghubugn smartwatch dengan ponsel, sekaligus untuk sejumlah pengaturan dan pembaruan perangkat lunak.

realme Watch 2 Pro tersambung ke ponsel dengan Bluetooth, juga GPS untuk sejumlah fungsi. realme tidak menyediakan pengaturan untuk menyala-matikan Bluetooth dan lokasi.

Sinkronisasi jam tangan ke ponsel akan otomatis mati begitu Watch 2 Pro tidak mendeteksi Bluetooth.

Untuk mengoperasikan jam tangan ini terbilang sederhana, pengguna hanya perlu mengingat arah menggeser layar untuk membuka sejumlah fitur.

Pada tampilan layar utama, tampilan jam tangan, geser layar ke kanan untuk pintasan ke pengaturan, geser ke kiri untuk pintasan fitur seperti melihat langkah kaki dan denyut jantung.

Pengguna bisa menggeser layar ke atas untuk membuka menu, sementara geser ke bawah untuk melihat notifikasi.

Daya tahan
Performa gawai ini patut diacungi jempol karena satu kali pengisian daya, bisa untuk pemakaian berminggu-minggu hingga berhari-hari.

Watch 2 Pro memiliki kapasitas baterai sebesar 390mAh.

Satu kali pengisian daya hingga 100 persen berdurasi lebih dari 1,5 jam, dengan kondisi baterai 0 persen dan dalam kondisi mati.

Ketika berkegiatan di rumah saja dan tidak banyak menggunakan GPS, realme Watch 2 Pro bisa bertahan sekitar dua minggu.

Watch 2 Pro baru akan mengaktifkan GPS secara otomatis ketika berolah raga di luar ruangan, seperti bersepeda atau lari.

Fitur kebugaran dan kesehatan
realme Watch 2 Pro sangat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama pandemi virus corona, berkat sejumlah fitur yang disematkan di dalamnya.

Fitur olahraga menjadi primadona pada jam tangan ini, Watch 2 Pro begitu fleksible digunakan sebagai pemantau olahraga.

realme Watch 2 Pro mendukung hingga 90 mode olahraga di aplikasi Workout. Jika tidak menemukan olahraga yang dicari, pengguna bisa mencari mode olahraga lainnya di menu Workout pada aplikasi realme Link kemudian mengatur agar ditampilkan di jam tangan.

ANTARA menggunakan jam tangan ini untuk berolahraga yoga dan bersepeda. Jam tangan tetap bisa menempel dengan nyaman meski pun berkeringat dan penghitungan denyut nadi selama berolahraga tidak terganggu.

Satu-satunya yang perlu dijaga adalah agar jam tangan tidak terbentur saat olahraga.

Jam tangan akan secara otomatis menggunakan GPS ketika pengguna menggunakan mode olahraga luar ruangan, seperti saat digunakan untuk bersepeda dengan mode Outdoor Cycle.

Pencapaian olahraga bisa dilihat melalui aplikasi Workout Records di jam tangan, untuk yoga misalnya akan tertera durasi olahraga, kalor yang terbakar, denyut jantung rata-rata dan denyut jantung tertinggi selama latihan tersebut.

Informasi lebih terperinci bisa dilihat di Exercise Log pada aplikasi realme Link, misalnya intensitas denyut nadi selama olahraga tersebut. Sayangnya, realme masih memasukkan informasi yang kurang perlu pada Exercise Log, misalnya langkah kaki pada olahraga bersepeda.

Watch 2 Pro juga memiliki fitur Sedentary, alias tidak bergerak. Jam tangan akan bergetar ketika pengguna terdeteksi diam saja selama kurun waktu tertentu. Pengguna bisa menyetel sendiri berapa lama periode rebahan, misalnya selama satu jam.

Fitur ini sangat membantu pengguna yang bekerja dari rumah, mengingatkan untuk bergerak setiap satu jam. Kekurangan dari fitur ini, realme tidak memberikan rekomendasi gerakan peregangan, hanya sebatas peringatan untuk bergerak.

realme juga memberikan fitur pengingat untuk minum air putih, yang bisa diatur sesuai keinginan pengguna. Fitur ini sepertinya hanya berlangsung untuk satu hari karena selama memakai Watch 2 Pro, ANTARA harus mengaktifkan lagi notifikasi minum.

Fitur unggulan lainnya dari realme Watch 2 Pro, yang membantu selama pandemi ini, adalah SpO2 untuk mengukur kadar oksigen dalam darah. Untuk mengukur saturasi oksigen, pastikan jam tangan menggunakan jam tangan dengan ketat kemudian letakkan tangan secara mendatar misalnya di meja atau lengan kursi.

Selama pengukuran, jangan bergerak atau bicara. Fitur ini tentu berbeda dengan alat medis yang berada di rumah sakit, bukan rujukan untuk diagnosis. Untuk memastikan kondisi tubuh, pengguna harus tetap berkonsultasi dengan dokter.

Pengalaman menggunakan SpO2, fitur ini bisa menjadi deteksi awal sebelum berkonsultasi ke dokter.

Fitur kesehatan lainnya yang cukup membantu selama di rumah adalah Heart Rate untuk mengukur denyut jantung dan Breathe untuk latihan pernapasan, yang bisa diatur sesuai keinginan pengguna.

Fitur hiburan
Tidak hanya fitur kesehatan, realme Watch 2 Pro juga memiliki fitur hiburan yang bisa dipakai ketika tersambung ke aplikasi realme Link.

Yang paling menarik, jam tangan ini bisa digunakan sebagai pengganti shutter kamera dan berfungsi dengan baik meski pun tidak dipasangkan dengan ponsel realme.

Watch 2 Pro juga bisa dijadikan remot untuk memutar musik.

Salah satu fitur yang cukup jarang ditemui di jam tangan pintar, Watch 2 Pro bisa memberikan notifikasi panggilan masuk di platform WhatsApp, bukan hanya di panggilan seluler.

Kesimpulan
Dengan segudang fitur untuk kesehatan dan kebugaran, masih ada fitur yang perlu ditambah dari realme Watch 2 Pro, yaitu pengukur kadar stres berdasarkan napas atau denyut jadi dan fitur untuk siklus menstruasi.

Daya tahan gawai ini sangat patut diacungi jempol, mampu bertahan hingga lebih dari 10 hari tanpa menyalakan fitur penghemat daya.

Meski pun begitu, Watch 2 Pro dengan fitur-fitur yang disematkan merupakan paket lengkap yang bisa didapatkan dengan harga cukup terjangkau Rp999.000.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
`Startup` yang dinamis jadi pilihan incaran para pekerja muda
Jumat, 24 September 2021 - 12:23 WIB
Jaringan profesional LinkedIn melalui `LinkedIn Top Startups 2021` membagikan daftar perusahaan rint...
Enam tips untuk jadi kreator konten
Kamis, 23 September 2021 - 11:10 WIB
Perkembangan dunia digital saat ini telah membuka peluang bagi semua orang untuk menjadi seorang kon...
Riset: Aplikasi kesehatan dan fitness kian diminati saat pandemi
Kamis, 23 September 2021 - 10:58 WIB
Riset platform analisis pemasaran seluler Adjust menunjukkan bahwa pertumbuhan aplikasi kesehatan da...
Anak usaha Telkom hadirkan AirConsole bagi penggemar gim Indonesia
Rabu, 22 September 2021 - 13:00 WIB
Melon Indonesia yang merupakan anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk resmi mengumumkan k...
Andalan para hijabers, ini dia 7 brand hijab lokal terbaik yang berkualitas!
Jumat, 17 September 2021 - 10:19 WIB
Trend fashion hijab kini semakin berkembang pesat seiring banyaknya peminat dan beragamnya desain hi...
NFT Freddie Mercury dilelang untuk amal
Jumat, 17 September 2021 - 09:58 WIB
Empat karya seni ber-token digital, non-fungible token (NFT) yang terinspirasi dari Freddie Mercur...
Huawei gandeng Poltek SSN gelar TechDay 2021
Jumat, 17 September 2021 - 08:35 WIB
Huawei Indonesia, penyedia solusi TIK terkemuka global, bersama Politeknik Siber dan Sandi Negara (P...
Pandemi buat gim seluler dan gim tanpa paket data kian diminati
Kamis, 16 September 2021 - 12:20 WIB
Aplikasi SHAREit menyebutkan bahwa saat ini Indonesia sedang dalam perjalanan menuju masa depan berb...
Saint Laurent kembali ke Pekan Mode Paris 2022
Kamis, 16 September 2021 - 11:23 WIB
Rumah mode Saint Laurent akhirnya memutuskan untuk kembali bergabung dengan Pekan Mode Paris (Paris ...
Kemenparekraf sebut industri game lokal punya potensi ekraf besar
Selasa, 14 September 2021 - 13:20 WIB
Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpa...
Live Streaming Radio Network