Menparekraf ajak pengusaha lirik sektor digital, game & konten kreatif
Elshinta
Kamis, 22 Juli 2021 - 08:47 WIB |
Menparekraf ajak pengusaha lirik sektor digital, game & konten kreatif
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberikan keterangan dalam konferensi pers daring kepada media di Jakarta, Senin (19/7/2021). (ANTARA/tangkapan layar/Aditya Ramadhan)

Elshinta.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk melirik sektor digital dalam mengembangkan bisnis di era pandemi.

Di ekonomi kreatif, kata Sandiaga, sektor aplikasi, games, televisi, dan konten digital mengalami peningkatan di masa pandemi COVID-19.

"Ada 34 juta pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif sekarang mengalami tekanan dan banyak di antara mereka yang kehilangan pekerjaan dan penghasilan. Namun, saya yakin ekonomi kreatif kita bisa menghadapi tantangan tersebut dengan menghadirkan talenta-talenta yang bisa mengisi ekosistem ekonomi digital,” kata Sandiaga dalam dalam siaran pers, Kamis.

"Kalau kita melihat akselerasi digital ini mendorong masyarakat yang tadinya hanya berjualan secara online untuk menghadirkan konten-konten yang kreatif," ucap Sandiaga.

Sandiaga menyebutkan pekerjaan-pekerjaan yang erat kaitannya dengan ekosistem digital dan virtualisasi ini muncul disebabkan oleh transformasi segala lini kehidupan ke aspek virtual.

Sehingga, hal ini menjadi peluang sekaligus tantangan yang harus dihadapi oleh masyarakat, termasuk para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Dalam pembukaan “Glints X Virtual Career Week”, Rabu (21/7), Sandiaga mengatakan masa pandemi COVID-19 memaksa para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk terus berinovasi, berkolaborasi, dan beradaptasi dalam berkarya.

“COVID-19 ini memaksa kita untuk meningkatkan keterampilan kita karena 60 persen lapangan kerja yang akan kita temui di masa pandemi dan pascapandemi ini adalah lapangan kerja yang tidak ada sebelumnya,” kata Sandiaga.

Kemenparekraf/Baparekraf, lanjut Sandiaga, saat ini juga tengah mendorong digitalisasi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia lewat sejumlah program yang terangkum dalam “Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia”.

“Lewat gerakan ini kita ingin menumbuhkan rasa bangga terhadap karya anak bangsa dan juga mendorong para pelaku ekonomi digital untuk selalu berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi,” ungkap Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga merangkul Glints sebagai platform digital pengembangan karier bagi generasi milenial untuk bekerja sama Kemenparekraf/Baparekraf meningkatkan keterampilan dan talenta pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air.

“Sehingga para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bisa menjadi pandemic winner dengan tetap bertahan dan menciptakan peluang kerja bagi masyarakat kita terutama yang berhubungan dengan transformasi menuju digitalisasi,” ucapnya.

​​​​​​​Sandiaga juga berpesan agar para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk terus bekerja keras, bekerja tuntas dan ikhlas, serta bekerja cerdas dengan memanfaatkan jejaring relasi yang ada. "Saya yakin dengan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi, teman-teman bisa membangun karier yang baik," tutur Sandiaga.

Acara ini juga dihadiri oleh Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam; dan dan Direktur Industri Kreatif Film, Televisi dan Animasi, Kemenparekraf/Baparekraf, Syaifullah.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Spotify: Podcast jadi konten audio andalan untuk segarkan hari
Jumat, 24 September 2021 - 12:35 WIB
Layanan musik dan audio digital Spotify melalui laporan \"Culture Next 2021\" menyebutkan saat ini s...
Renault Megane E-TECH pakai Google & Qualcomm optimalkan fitur digital
Minggu, 12 September 2021 - 11:27 WIB
Renault meliris All-new Megane E-TECH, mobil listrik yang mengoptimalkan fungsi digital berkat pengg...
Kelangkaan `chip`di industri otomotif bisa bertahan hingga 2023
Minggu, 12 September 2021 - 10:13 WIB
Kelangkaan dan kurangnya pasokan \"chip\" yang turut menganggu produk mobil secara global bisa berta...
Canon luncurkan lensa telefoto super untuk seri EOS R
Sabtu, 11 September 2021 - 09:13 WIB
Canon meluncurkan dua seri lensa telefoto super RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM untuk ...
Meraup `cuan `dari optimasi media sosial ala Ogut
Minggu, 05 September 2021 - 08:01 WIB
Bagi sebagian orang media sosial merupakan sarana ekspresi diri melalui berbagai jaringan akun yang ...
Bedah perbedaan spesifikasi & fitur andalan empat varian Pajero Sport
Sabtu, 04 September 2021 - 08:49 WIB
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan sport utility vehicle (SUV) ...
BMW Individual dapat sambutan baik dari para pecinta kendaraan sport
Kamis, 02 September 2021 - 08:51 WIB
BMW Indonesia kembali membuktikan ketangguhannya di segmen kendaraan sport yang mendapat sambutan ba...
Dacia Jogger, mobil keluarga terbaru dari Renault
Selasa, 31 Agustus 2021 - 08:39 WIB
Raksasa otomotif Prancis, Renault akan menghadirkan mobil keluarga dengan harga yang lebih terjangka...
DFSK Glory i-AUTO punya fitur 100 perintah suara, harga Rp335 juta
Minggu, 29 Agustus 2021 - 11:23 WIB
DFSK Glory i-AUTO menawarkan opsi bagi konsumen yang membutuhkan sport utility vehicle (SUV) denga...
SerbaSepeda berikan garansi servis seumur hidup
Minggu, 29 Agustus 2021 - 11:09 WIB
Bersepeda kini menjadi gaya hidup masyarakat demi menjaga kebugaran tubuh di tengah pandemi COVID-19...
Live Streaming Radio Network