Ini syarat calon Panglima TNI versi pengamat
Elshinta
Kamis, 29 Juli 2021 - 11:48 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Ini syarat calon Panglima TNI versi pengamat
Ilustrasi. Foto: https://bit.ly/3790kp2/elshinta.com.

Elshinta.com - Direktur Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO), Feri Amsari mengatakan, calon pengganti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto seharusnya bukan hasil dari lobi politik. Panglima TNI ke depan haruslah dipilih berdasarkan profesionalitas, kepemimpinan, integritas dan loyalitas terhadap Presiden. Panglima TNI mendatang tidak boleh ada dualisme loyalitas seperti kepada Presiden dan parpol atau broker pelobi-nya. 

"Panglima TNI harus loyal hanya kepada Presiden. Lebih tepatnya, Panglima TNI harus loyal kepada negara, bangsa dan konstitusi," ujarnya, Rabu (28/7).

Dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas, Padang, Sumatra Barat ini menegaskan, Panglima TNI haruslah seorang figur yang apolitis. Oleh karena itu Panglima TNI tidak boleh berkaitan dengan kepentingan politik kubu manapun. Sehingga Panglima TNI yang  dipilih tidak ikut politik praktis dan patuh pada konstitusi serta HAM.

Panglima TNI harus loyal dan patuh pada Presiden karena Presiden adalah Panglima Tertinggi TNI. Komunikasi politik yang dibangun dengan Presiden pun harus baik dan langsung, tidak melewati orang lain. Sehingga dapat menerjemahkan semua perintah arahan Presiden secara komprehensif.

"Harusnya Panglima TNI dipilih yang tdk ikut politik praktis dan patuh pada konstitusi," tegasnya seperti dilaporkan Reporter Elshinta, Bayu Koosyadi, Rabu (28/7).

Pegiat Hak Asasi Manusia (HAM), Ahmad Fanani Rosyidi menambahkan, pergantian Panglima TNI harus mempertimbangkan keseimbangan antar matra sesuai yang berlaku dalam UU TNI Nomor 34 tahun 2004. Oleh karena itu jika melenceng dari UU tersebut maka akan merusak tatanan atau kultur yang sudah ada di organisasi TNI. Apalagi jika dalam pergantian Panglima TNI mempertimbangkan alasan politik atau kekuasaan semata.

"Jika hal itu yang terjadi maka akan merusak profesionalitas dan keseimbangan di tubuh TNI," tandasnya.

Mantan peneliti bidang HAM Setara Institute ini menegaskan, Pasal 14 ayat 4 UU TNI menjelaskan bahwa Panglima TNI dapat dijabat secara bergantian oleh perwira tinggi aktif dari tiap-tiap angkatan yang sedang atau pernah menjabat kepala staf angkatan. Selain itu merujuk prinsip yang diatur pada Pasal 4 ayat 2 UU TNI bahwa tiap - tiap angkatan mempunyai kedudukan yang sama dan sederajat.

"Tapi pergantian Panglima TNI merupakan hak prerogatif Presiden dan juga produk politik di forum DPR. Namun demikian pergantian Panglima TNI harus proporsional dan taat konsitusi sesuai UU TNI Nomor 34 tahun 2004, khususnya pada pasal 4 ayat 2 menyangkut prinsip kedudukan tiap tiap angkatan yang sama dan sederajat agar tidak ada dominasi," tandasnya.

Terkait upaya dan antisipasi agar Panglima TNI ke depan tidak dimanfaatkan untuk agenda 2024, mantan peneliti bidang HAM di ELSAM ini meminta agar Presiden Jokowi untuk segera menyodorkan nama calon Panglima TNI ke DPR sesuai dengan waktunya. Sehingga DPR bisa menentukan dan mengusulkan  siapa yang bisa menjadi Panglima TNI untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto. 

"Walaupun penentuan Panglima TNI hak prerogatif Presiden tapi harus sesuai konstitusi sehingga tidak ada dominasi matra untuk menjadi Panglima TNI," jelasnya.

Oleh karena itu, sambung Fanani, saat ini Presiden Jokowi diuji untuk memilih siapa yang bakal menjadi Panglima TNI. Pilihan Jokowi juga harus menghindari polemik. Karena jika yang dipilihnya keluar dari konstitusi maka akan menimbulkan polemik yang berkepanjangan.  Oleh karena itu dipastikan Jokowi akan taat UU dan kultur TNI dalam menentukan Panglima TNI.

"Kalau sesuai urut kacang maka giliran dari AL. Tapi kalau dari AD akan menimbulkan polemik," jelasnya.

Saat ini ada dua nama Jenderal yang mencuat kuat dan digadang-gadang akan menggantikan posisinya sebagai Panglima TNI. Kedua sosok yang namanya kerap santer dibicarakan adalah KSAL Laksamana Yudo Margono dan KSAD Jenderal Andika Perkasa namun siapa nantinya yang akan dipilih untuk menggantikan Panglima TNI Hadi Tjahjanto adalah hak prerogatif dari Presiden Jokowi.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Satgas TNI beri layanan vaksinasi warga di perbatasan RI-PNG
Jumat, 24 September 2021 - 08:29 WIB
Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs bekerja sama dengan Puskesmas Pitewi melaksanakan se...
 Wali Kota Surabaya apresiasi bakti sosial alumni AKABRI 96 Bharatasena
Selasa, 21 September 2021 - 16:55 WIB
 Alumnus Akabri 1996  Bharatasena mendedikasikan 25 pengabdiannya dengan memberikan  bantuan sosi...
Polda Kalsel laksanakan apel gelar pasukan Operasi Patuh Intan 2021
Selasa, 21 September 2021 - 12:47 WIB
Sejumlah personel Kepolisian Lalu Lintas (Polantas) mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Intan...
Operasi Patuh Maung 2021 kedepankan pelanggaran prokes dan lalu lintas.
Selasa, 21 September 2021 - 12:36 WIB
Operasi Patuh Maung 2021 dimulai sejak Senin, 20 September sampai tanggal 3 Oktober 2021. Polresta ...
Satgas TNI beri bimbingan belajar anak di perbatasan RI-PNG
Selasa, 21 September 2021 - 07:15 WIB
Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-Papua Nugini (PNG) Yonif Mekanis 512/QY memberikan bimbingan belajar k...
 Gelar Operasi Patuh Candi 202, Polres Semarang fokus penanganan Covid-19
Senin, 20 September 2021 - 18:38 WIB
Polres Semarang, Jawa Tengah  menggelar kegiatan Apel Operasi Patuh Candi tahun 202, Senin (20/9) d...
Kapolres Malang beri apresiasi kepada empat polisi berprestasi 
Senin, 20 September 2021 - 18:27 WIB
Empat personil kepolisian dari Polres Malang, Jawa Timur mendapat penghargaan. Penghargaan diberika...
Kapolres Lhokseumawe pimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Seulawah 2021
Senin, 20 September 2021 - 15:26 WIB
Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto memimpin Apel gelar pasukan operasi patuh seulawah-2021 yang ...
Apel pengamanan PON XX 2021 digelar
Senin, 20 September 2021 - 11:47 WIB
Prajurit Kodam XVII/Cenderawasih mengikuti apel gelar pasukan pengamanan PON XX 2021 yang dilaksanak...
Hari ini, Polda Sumut mulai gelar Ops Patuh Toba 2021
Senin, 20 September 2021 - 10:27 WIB
Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara dan jajaran akan menggelar Operasi Patuh Toba 2021 yang dil...
Live Streaming Radio Network