TNI AL - Lanal Banjarmasin gencarkan vaksinasi kepada warga pesisir Pelabuhan Trisakti
Elshinta
Rabu, 25 Agustus 2021 - 18:45 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
TNI AL - Lanal Banjarmasin gencarkan vaksinasi kepada warga pesisir  Pelabuhan Trisakti
Sumber foto: Syahri Ruslan/elshinta.com.

Elshinta.com - Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin kembali melaksanakan kegiatan Serbuan Vaksinasi (Servak) Covid-19 tahap ke-2 secara massal bertempat di Terminal Penumpang Pelabuhan Trisakti Kota Banjarmasin. Sebanyak 576 peserta vaksinasi merupakan Warga Pesisir (Maritim) yang tinggal di Bantaran Sungai Barito terdiri dari Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan, Nelayan lokal, Akademi Maritim Nusantara (AMUS) dan para Mahasiswa/mahasiswi. 

Servak ini sengaja digencarkan oleh Lanal Banjarmasin sebagai upaya untuk mendukung menuntaskan program pemerintah dalam penanggulangan Wabah Covid-19 secara menyeluruh di Wilayah Kalsel,  menciptakan kekebalan kelompok (Herd Immunity) dan memutus mata rantai angka penyebaran Covid-19.

Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, 25 Tim Vaksinator (Nakes) gabungan dari BP (Balai Pengobatan) Lanal Banjarmasin dan Poltekes Kemenkes Banjarmasin saling bekerjasama melayani Vaksinasi kepada masyarakat dengan menggunakan jenis Vaksin Astrazeneca yang sudah terbukti aman dan sehat digunakan oleh masyarakat Indonesia. Rabu (25/8).

Dalam kunjungannya, Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko menerangkan bahwa vaksinasi ini diperuntukkan untuk masyarakat secara umum, namun yang diutamakan adalah warga Pesisir yang berdomisili di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito dan sekitarnya, tujuannya adalah menambah kekebalan imunitas dilingkungan masyarakat serta memberikan pemahaman bahwa vaksinasi itu penting untuk menjaga kesehatan dari serangan virus yang berbahaya ini.

Kepada segenap warga walaupun sudah menuntaskan vaksin pertama dan ke-2 ini, namun harus tetap memperhatikan Prokes yang ketat, supaya bisa dijadikan contoh dilingkungan masyarakat.

"Semoga dengan digelarnya Servak massal Covid-19 ini secepatnya dapat membantu memulihkan kondisi kesehatan dan kelancaran ekonomi akibat dampak musim Pandemi menuju tatanan kehidupan yang baru (normal) dan Indonesia sehat," kata Herbiyantoko seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Syahri Ruslan.

Lanal Banjarmasin mengucapkan terima kasih kepada pihak CEO Pelindo III Banjarmasin dan unsur-unsur Kemaritiman lainnya atas kerjasama yang baik, sehingga kegiatan ini bisa berjalan aman, lancar dan sukses., tambah Danlanal Banjarmasin.

Di tempat yang sama CEO PT. Pelindo III Regional Kalimantan Fariz Hariyoso mengatakan bangga kepada TNI AL Lanal Banjarmasin dan Apresiasi yang tulus karena sudah berpartisipasi penuh dalam memberikan semua kemampuannya untuk berperan aktif secara totalitas dalam membantu percepatan penanganan Wabah Covid-19 kepada Warga Pesisir Provinsi Kalsel ini.

"Kegiatan Servak Covid-19 ini tidak berhenti sampai disini saja, kedepan akan tetap kita lakukan kembali dan bekerja sama dengan pihak TNI AL - Lanal Banjarmasin untuk menuntaskan  percepatan wabah Covid-19 di wilayah Kalsel," tambah Fariz.

Usai pelaksanaan Vaksinasi didapat tanggapan dari Albert Warga Pesisir Banjarmasin Selatan, mengucapkan terima kasihnya kepada TNI AL - Lanal Banjarmasin, karena sudah menuntaskan Vaksinasi ke-1 dan ke-2, dengan divaksin ini akan menambah kekebalan imunitas dan terlindungi dari penularan Wabah Covid-19.

Sampai dengan saat ini total keseluruhan Servak massal Covid-19 yang digelar oleh Lanal Banjarmasin terhadap warga Pesisir Wilayah Kalimantan Selatan sudah mencapai 10.032 orang (1.004 Vial).

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Satgas TNI bagikan perlengkapan sekolah anak perbatasan RI-PNG
Jumat, 22 Oktober 2021 - 08:01 WIB
Personel TNI Satgas Pamtas Yonif 131/Brs Pos Nafri melaksanakan pengobatan kepada warga dan membagik...
Polres Bangka Barat salurkan bantuan sembako kepada warga kurang mampu
Kamis, 21 Oktober 2021 - 18:24 WIB
Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan sembako kepada...
Kabid Humas: Bukan ditolak, tapi diarahkan untuk vaksin
Rabu, 20 Oktober 2021 - 19:36 WIB
Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy mengklarifikasi pemberitaan terkait adanya penolakan ter...
 Kapolri: Jangan anti-kritik, lakukan introspeksi untuk jadi lebih baik
Rabu, 20 Oktober 2021 - 16:34 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta kepada seluruh jajarannya untuk tidak bersikap anti-kr...
 Kapolri: Jangan ragu pecat dan pidanakan anggota yang melanggar! 
Rabu, 20 Oktober 2021 - 16:23 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan secara tegas kepada seluruh jajarannya untuk ...
510 personel Polri amankan presiden resmikan Jembatan Sei Alalak
Rabu, 20 Oktober 2021 - 15:55 WIB
Sebanyak 510 personel Polri di bawah komando Polresta Banjarmasin memberikan dukungan kelancaran pen...
Satgas TNI bantu obati luka robek warga di perbatasan RI-PNG
Rabu, 20 Oktober 2021 - 07:47 WIB
Prajurit TNI dari Tim Kesehatan Poskoki Yuruf Satuan Tugas (satgas) Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasad...
Polda NTB dirikan 30 pos pengamanan untuk dukung perhelatan WSBK 2021
Senin, 18 Oktober 2021 - 19:11 WIB
Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) mendirikan 30 pos pengamanan untuk mendukung kelancaran ...
Polda NTB dirikan 30 pos pengamanan untuk dukung perhelatan WSBK 2021
Senin, 18 Oktober 2021 - 10:11 WIB
Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) mendirikan 30 pos pengamanan untuk mendukung kelancaran ...
Satgas TNI perbaiki jalan kampung di perbatasan RI-PNG
Senin, 18 Oktober 2021 - 06:50 WIB
Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Kout memperbaiki jalan rusak di p...