Jadwal Indonesia 30 Agustus: Empat atlet tampil di Paralimpiade Tokyo
Elshinta
Senin, 30 Agustus 2021 - 06:31 WIB |
Jadwal Indonesia 30 Agustus: Empat atlet tampil di Paralimpiade Tokyo
Dua atlet Indonesia yang akan tampil di cabang olahraga para-menembak Paralimpiade Tokyo 2020 Bolo Triyanto dan Hanik Puji Hastuti berlatih di Asaka Shooting Range, Tokyo. (ANTARA/HO-NPC Indonesia)

Elshinta.com - Sebanyak empat atlet Indonesia akan melanjutkan perjuangan Kontingen Merah Putih di Paralimpiade Tokyo 2020, Senin, diawali dengan cabang olahraga para-menembak melalui Hanik Puji Hastuti yang dijadwalkan turun di R2 nomor 10 meter Air Rifle Standing SH1 putri pukul 06:30 WIB.

Hanik akan melakoni babak kualifikasi bersaing dengan 20 peserta dari berbagai negara untuk bisa masuk tembus delapan besar sekaligus syarat ke final yang dijadwalkan berlangsung pada hari yang sama di Asaka Shooting Range, Tokyo, pukul 09:00 WIB.

Pada nomor ini, China menjadi negara dengan wakil terbanyak melalui Xiaohong Bai, Yaping Yan, dan Zhang Cuiping.

Sementara Inggris Raya dengan dua wakil Lorraine Lambert dan Lesley Stewart. Pun demikian dengan Korea Selatan melalui Toojeong Lee dan Tunri Lee.

Thailand juga mengirim dua atlet melalui Wannipa Leungvilai dan Chutima Saenlar. Lalu Turki melalui Cagla Bas dan Suzan Cevik.

Sementara sisanya satu wakil yakni Natalie Smith (Australia), Natascha Hiltrop (Jerman), Avani Lekhara (India), Roghayeh Shojaei (Iran), Emilia Babska (Polandia), Veronika Vadovicova (Slovakia), Anna Normann (Swedia), Iryna Shchetnik (Ukraina), dan Taylor Farmer (Amerika Serikat).

Selain Hanik, Indonesia juga memiliki wakil lainnya di cabang olahraga para-menembak yakni Bolo Triyanto yang turun R4 nomor 10 meter air rifle standing SH2 campuran

Bolo Triyanto akan debut di babak kualifikasi pukul 11:15 WIB. Sama seperti Hanik, di nomor ini juga delapan terbaik berhak melaju ke final yang dijadwalkan bergulir pukul 13:45 WIB.

Bolo Triyanto akan berjuang melawan 28 wakil dari negara lainnya. Sejauh ini, atlet para-menembak Indonesia telah melakukan serangkaian persiapan demi meraih hasil terbaik.

Meski ini merupakan kali pertama Indonesia mengirim wakil di cabang para-menembak, pelatih Aris Hariyadi optimistis Hanik dan Bolo mampu menembus final.

"Dari performa nilai yang selama ini sudah dicapai masing-masing atlet, semoga keduanya bisa masuk final, dengan harapan saat pelaksanaan pertandingan mereka berdua dalam kondisi fit, fokus dan mood terjaga," kata pelatih Aris Hariyadi, dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Sejak tiba di Tokyo pada 23 Agustus lalu, Aris langsung menyiapkan sejumlah program latihan untuk dua atletnya tersebut. Mulai dengan latihan ringan, menembak gruping, hingga beradaptasi dengan cuaca dan arena tempat perlombaan.

Peruntungan kedua Jendi Pangabean
Indonesia juga bakal menurunkan atlet para-renang Indonesia Jendi Pangabean di nomor 100 meter gaya punggung putra S9 di Tokyo Aquatics Centre, Senin, pukul 07:11 WIB.

Jendi Pangabean tampil di heat dua, bersaing dengan enam peserta dari berbagai negara lainnya untuk bisa tembus empat besar agar lolos ke final yang dijadwalkan bergulir pada hari yang sama, pukul 15:14 WIB.

Bagi Jendi, ini merupakan kali kedua tampil di pesta olahraga terbesar untuk atlet disabilitas di dunia tersebut. Sebelumnya, dia juga turun di Paralimpiade Rio de Janeiro, Brazil, 2016. Kala itu, langkahnya terhenti di babak penyisihan usai finis di urutan keenam pada lomba heat dua dengan catatan waktu 1 menit 08,28 detik.

Adapun berdasarkan entry time yang terdaftar di laman resmi Paralimpiade Tokyo, catatan waktu terbaik Jendi Pangabean adalah 1 menit 05,91 detik. Angkat tersebut menempatkannya di urutan kelima.

Sementara Andrey Ugo Didier dari Prancis menempati posisi teratas dengan 1 menit 01,08 detik. Kemudian di posisi kedua ada Bogdan Mozgovoi (Komite Paralimpiade Rusia) yang memiliki catatan waktu 1 menit 01,16 detik.

Kemudian disusul Yahor Shichalkanau (Belarus) dengan 1 menit 02,26 detik dan Pereira Garbe (Brazi) yang memiliki catatan waktu terbaik 1 menit 05:31 detik.

Catatan waktu milik Jendi Pangabean berada satu tingkat di atas wakil Irlandia Barry Mc Clements dengan 1 menit 07,07 detik.

Berkaca dari entry time, perjalanan wakil Indonesia diprediksi sulit. Meski begitu,Dinda Ayu Sekartaji selaku pelatih para-renang Merah Putih mengatakan Jendi bakal hadir dengan persiapan matang.

Selama berada di Tokyo, Jendi terus berlatih setiap hari di Tokyo Aquatics Center. Selama hampir dua pekan sebelum perlombaan, Jendi menjalani latihan dengan mengikuti program pelatih yang telah disiapkan pelatih.

"Persiapan Jendi sangat baik. Ia terus latihan setiap hari sejak tiba di Tokyo,” kata Dinda dalam siaran resmi NPC Indonesia.

"Dengan adaptasi yang cukup lama dengan cuaca dan kolam renang di Tokyo, semoga Jendi bisa menunjukkan penampilan terbaik,” ujar Dinda berharap.

Debut Elvin di Paralimpiade
Selain para-menembak dan para-renang, Kontingen Indonesia juga memiliki Elvin Elhudia Sesa yang bakal debut di Paralimpiade Tokyo dengan turun pada cabang olahraga para-atletik nomor 400 meter putri T20.

Elvin bakal melakoni babak penyisihan pada heat dua di Olympic Stadium pukul 18:22 WIB. Setidaknya dia harus masuk tiga besar untuk mengamankan tiket final yang bergulir esok harinya pukul 18:38 WIB.

Merujuk pada data personal best setiap peserta di laman Paralimpiade Tokyo 2020, langkah Elvin ke final diprediksi tak mudah. Dia mengantongi catatan waktu terbaik 59,38 detik.

Angka tersebut menempatkan Elvin di urutan kelima dalam entry time yang tercatat di situs resmi. Sementara posisi pertama di tempati wakil Amerika Serikat Breanna Clark dengan 55,99 detik.

Kemudian Carina Paim (Portugal) memiliki catatan waktu 57,29 detik berada di urutan kedua. Situ Noor Iasah Mohamad Ariffin dari Malaysia menempati urutan ketiga dengan catatan waktu 58,55 detik.

Norkelys del ca Gonzalez Henriquez (Venezuela) 59,39 detik di posisi keempat. Kemudian wakil Indonesia berada di atas Benadett Biacsi (Hungaria) dengan personal best 1 menit 03,05 detik.

Jadwal Kontingen Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020, Senin, 30 Agustus 2021:

Para-menembak
06:30 WIB - Hanik Puji Hastuti - R2 - 10 meter Air Rifle Standing SH1 putri
11:15 WIB - Bolo Triyanto - R4 - 10 meter air rifle standing SH2 campuran

Para-renang
07:11 WIB - Jendi Pangabean - 100 meter gaya punggung putra S9

Para-atletik
18:22 WIB - Elvin Elhudia Sesa - 400 meter putri T20

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
PM bolehkan petenis tak bervaksin ikuti Australian Open
Rabu, 27 Oktober 2021 - 17:28 WIB
Perdana Menteri Australia Scott Morrison hari ini mengatakan petenis yang belum divaksinasi dibolehk...
FIFA dorong dunia internasional jadi rumah baru bagi atlet Afghanistan
Rabu, 27 Oktober 2021 - 07:15 WIB
FIFA mendorong dunia internasional untuk menggalakkan upaya membantu para atlet asal Afghanistan men...
Federer turun peringkat lebih jauh karena cedera tak kunjung sembuh
Selasa, 26 Oktober 2021 - 11:35 WIB
Mantan petenis nomor satu dunia Roger Federer turun empat tempat lagi dalam peringkat ATP terbaru, S...
Sepatu Michael Jordan laku terjual Rp20,8 miliar
Selasa, 26 Oktober 2021 - 06:15 WIB
Sepasang sepati Nike Air Ships yang dikenakan legenda NBA Michael Jordan selama musim pertamanya ber...
Peringati HUT ke-9 Kaltara, Ibrahim Rusli siap renang bebas susuri Sungai Kayan
Senin, 25 Oktober 2021 - 12:23 WIB
Perenang antar pulau kembali akan membuat gebrakan. Kali ini dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Pro...
Sepatu kets Michael Jordan terjual Rp21 miliar, tembus rekor lelang
Senin, 25 Oktober 2021 - 12:12 WIB
Sepasang sepatu kets yang dikenakan oleh superstar NBA Michael Jordan pada awal kariernya terjual ha...
Banten juara umum Pekan Olahraga Tradisional Nasional 2021
Senin, 25 Oktober 2021 - 08:30 WIB
Kontingen Provinsi Banten berhasil meraih juara umum pada Pekan Olah Raga Tradisional Nasional (Potr...
14 atlet kempo Indonesia turun pada Kejuaraan Dunia 2021 di Turki
Minggu, 24 Oktober 2021 - 22:21 WIB
Pengurus Pusat Federasi Kempo Indonesia (FKI) menurunkan 14 atletnya pada Kejuaraan Dunia Kempo 2021...
Ini hasil pertandingan NBA
Minggu, 24 Oktober 2021 - 20:46 WIB
Sebanyak 16 tim bersaing dalam lanjutan pertandingan Liga Bola Basket Amerika Serikat (NBA) musim 20...
Federal Oil Indonesia ingin FOGM2 raih poin maksimal di Italia
Minggu, 24 Oktober 2021 - 15:25 WIB
ExxonMobil Lubricants melalui merek pelumas Federal Oil Indonesia berharap dua pebalap Federal Oil G...