Kementerian PUPR dukung kesuksesan PON Papua lewat sarana air bersih
Elshinta
Senin, 11 Oktober 2021 - 12:29 WIB |
Kementerian PUPR dukung kesuksesan PON Papua lewat sarana air bersih
Venue Akuatik PON XX Papua. ANTARA/elshinta.com

Elshinta.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut mendukung kesuksesan PON XX Papua melalui penyediaan sarana dan prasana air bersih.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan ketersediaan air sangat diperlukan selain untuk kebutuhan air minum di setiap arena olahraga, juga untuk perawatan venue, misalnya menyiram lapangan hoki.

"Saya meminta ketersediaan air ini diperhatikan, bisa dimaksimalkan sesuai dengan kebutuhan," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Selain membangun arena olahraga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga melengkapi pembangunan sarana dan prasana air bersih untuk mendukung penyediaan air minum venue PON XX di Provinsi Papua.

Sesuai amanat Instruksi Presiden (Inpres) No 10 Tahun 2017 dan Inpres No 1 Tahun 2020, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya membangun 7 arena olahraga untuk mendukung PON Papua.

Tujuh venue dibangun adalah arena Akuatik dan Istora Papua Bangkit di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan arena Cricket dan Lapangan Hoki (Indoor dan Outdoor) di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu serta tiga venue tambahan, yakni arena Sepatu Roda, Dayung, dan Panahan.

Dukungan penyediaan air minum untuk venue Akuatik berupa pembangunan sumur dalam (depp well) berkapasitas 2,5 liter/detik yang dilengkapi dengan pompa air, 1 unit tangki air kapasitas 10 meter kubik untuk 500 orang, 1 unit tangki recycling kapasitas 5 meter kubik dan 3 unit water heater kapasitas 300 liter.

Selanjutnya untuk Istora Papua Bangkit berupa sumur dalam dilengkapi dengan pompa air dan Ground Water Tank (GWT) berkapasitas 50 meter kubik.

Untuk venue Cricket dan Hoki (Outdoor dan Indoor) berupa pembangunan sumur dalam berkasitas 2,5 liter/detik dilengkapi dengan pompa air dan GWT masing-masing berkapasitas 55 meter kubik untuk venue Cricket, 75 meter kubik untuk Hoki Outdoor, dan 72 meter kubik untuk Hoki Indoor.

Di kawasan olahraga Kampung Doyo Baru ini juga dilengkapi toren air kapasitas 5 meter kubik, Hoki Indoor kapasitas 10 meter kubik dan Hoki Outdoor sebanyak 2 unit berkapasitas masing-masing 4 meter kubik.

Arena Sepatu Roda berupa dukungan sarana dan prasarana air minum untuk PDAM dengan pompa transfer dan booster kapasitas 8 liter/detik dan GWT kapasitas 171 meter kubik. Selanjutnya penyediaan air bersih untuk venue Panahan menggunakan mobil tangki air serta GWT kapasitas 30 meter kubik, jet pump kapasitas 0,5 liter/detik, dan toren.

Terakhir penyediaan air minum untuk venue Dayung berupa mobil tangki dilengkapi dengan toren air berkapasitas 16 meter kubik yang disalurkan melalui pompa transfer dan pompa booster.

Selain penyediaan air bersih, Kementerian PUPR juga sudah menyelesaikan paket pekerjaan pembangunan sistem drainase dan sarana prasarana sanitasi.

Nilai kontrak pembangunan drainase sebesar Rp4,7 miliar sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pengendalian banjir untuk menghindari terjadinya genangan dan memperpanjang usia layanan jalan penghubung dan arena olahraga.

Untuk sistem sanitasi anggarannya Rp6,2 miliar berupa pembangunan toilet permanen dan toilet mobile serta kendaraan tinja.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Dua atlet para-tenis meja jadi andalan Indonesia pada AYPG 2021
Kamis, 02 Desember 2021 - 13:47 WIB
Indonesia mengandalkan dua atlet yakni Faisatul Iksan dan Hilmi Azizi untuk mendulang medali pada ca...
Raducanu pukau penonton di Royal Albert Hall
Senin, 29 November 2021 - 11:23 WIB
Royal Albert Hall London memberikan panggung untuk penampilan pertama petenis remaja yang menjadi se...
Syuci Indriani gagal pertajam rekornas pada Peparnas Papua
Kamis, 11 November 2021 - 17:47 WIB
Perenang elite dari Riau Syuci Indriani belum berhasil mempertajam rekor nasional atas namanya sendi...
Jateng sementara memimpin medali para-atletik Peparnas Papua
Rabu, 10 November 2021 - 13:21 WIB
Provinsi Jawa Tengah memimpin sementara perolehan medali cabang olahraga para-atletik pada Pekan Par...
David Jacobs: Olahraga disabilitas makin populer
Selasa, 09 November 2021 - 14:11 WIB
Atlet elite tenis meja DKI Jakarta David Jacobs mengatakan olahraga disabilitas makin populer dan be...
Pemecahan rekornas renang menghiasi lomba hari kedua Peparnas Papua
Selasa, 09 November 2021 - 12:30 WIB
Sejumlah rekor nasional (rekornas) dalam cabang olahraga renang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas)...
Pelaksanaan pertandingan boccia hari pertama berjalan lancar
Senin, 08 November 2021 - 14:45 WIB
Pelaksanaan pertandingan boccia hari pertama yang berlangsung di Auditorium Universitas Cenderawasih...
Upacara pembukaan Peparnas Papua tampilkan sesuatu yang berbeda
Jumat, 05 November 2021 - 09:59 WIB
Serangkaian acara bakal menghiasi upacara pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua ...
Pangdam: Sinergi semua pihak kunci sukseskan pembukaan Peparnas Papua
Rabu, 03 November 2021 - 11:30 WIB
Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono menegaskan kunci sukses pembukaan Pekan P...
13 atlet difabel arak obor Peparnas Papua
Selasa, 02 November 2021 - 13:47 WIB
Sebanyak 13 atlet difabel dilibatkan untuk mengikuti kirab obor Peparnas XVI Papua yang diambil dari...
InfodariAnda (IdA)