Kapolri ajak Polda Jajaran antisipasi pertumbuhan Covid-19
Elshinta
Minggu, 17 Oktober 2021 - 14:14 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Kapolri ajak Polda Jajaran antisipasi pertumbuhan Covid-19
Sumber foto: Rizkia/elshinta.com.

Elshinta.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan pengarahan terbaru melalui vicon, kepada seluruh Polda jajaran terkait dengan evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dalam pengarahannya, Sigit menekankan kepada seluruh jajarannya untuk tetap menyiapkan segala upaya dan antisipasi guna mencegah terjadinya lonjakan laju pertumbuhan Covid-19, di tengah terjadinya pelonggaran aktivitas masyarakat. Diketahui, kasus aktif harian virus corona dewasa ini, sudah mengalami penurunan. 

"Persiapkan langkah-langkah antisipasi terhadap pelonggaran agar tidak terjadi lonjakan kasus kembali," kata Sigit saat memberikan pengarahan kepada seluruh Polda jajaran seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kontributor Elshinta, Rizkia, Minggu (17/10).

Menurut Sigit, salah satu upaya untuk mencegah laju pertumbuhan Covid-19 dan persiapan untuk menuju peralihan dari Pandemi ke Endemi, adalah dengan tetap melaksanakan pengetatan protokol kesehatan (prokes), melalui 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), penguatan 3T (Tracing, Testing dan Treatment) serta percepatan vaksinasi. Dalam melakukan antisipasi lonjakan di tengah pelonggaran aktivitas masyarakat, Sigit meminta kepada seluruh Polda jajaran untuk memaksimalkan aplikasi PeduliLindungi. Platform tersebut harus disediakan di segala lini pusat aktivitas warga. Sehingga, akselerasi vaksinasi masyarakat dapat maksimal dilakukan.

"Maksimalkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Pengawasan terhadap masyarakat dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Apabila ditemukan kategori kuning atau merah berikan pelayanan vaksin dengan menyediakan gerai vaksinasi maupun vaksin mobile," ujar mantan Kabareskrim Polri itu.

Lebih dalam, Sigit juga menyatakan perlu adanya antisipasi dini untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 seperti MU dan Lamda dari luar negeri yang disebabkan dari Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). Terkait dengan kebijakan Pemerintah yang berencana ingin membuka pintu bagi wisatawan asing maupun WNI yang pulang dari luar negeri, Sigit berharap adanya antisipasi dan pengawasan penanganan Covid-19 yang ekstra ketat. Sigit mengungkapkan, masih ada beberapa permasalahan yang terjadi untuk pengelolaan teknis karantina. 

"Tolong dicek lagi sistem pengamanan seperti apa, apalagi kalau sudah dibuka SOP-nya betul-betul dilaksanakan. Jangan kemudian kita abai, lengah dan apa yang kita lakukan selama ini sia-sia.  Jadi ini adalah konsekuensi kelonggaran kita berikan bertahap namun bisa kita ukur sehingga semua bisa terkendali," ucap Sigit.

Antisipasi dan penanganan yang tepat, kata Sigit juga untuk melakukan persiapan adanya event internasional di Nusa Tenggara Barat (NTB), yakni diselenggarakannya World Super Bike Championships (WSBK). Menurut Sigit, dengan penanganan dan pengendalian Covid-19 yang maksimal, penyelenggaraan ajang dunia itu bakal memberikan efek positif untuk pertumbuhan perekonomian. Serta, nama Indonesia akan harum di mata dunia, lantaran berhasil menyelenggarakan WSBK, dengan memperhatikan faktor kesehatan di tengah Pandemi Covid-19. 

"NTB dan beberapa event lanjutan di Bali dipersiapkan dengan baik. Kalau ini bisa dikelola dengan baik tentunya di mata internasional semakin baik dan tentunya hal lain seperti pertumbuhan ekonomi," tutur Sigit.  

Tak hanya itu, Sigit juga mengapresiasi kepada seluruh jajaran yang telah bekerja keras untuk mencegah laju pertumbuhan virus corona. Kedepannya, Ia berharap untuk mempertahankan hal tersebut dan meminta terus melakukan sinergitas dengan TNI, Pemda dan seluruh elemen masyarakat. "Apa yang terjadi merupakan hasil kerja keras seluruh anggota. Sekarang tumpuan ada di kita TNI- Polri. Tapi saya yakin seluruh rekan akan melaksanakan dengan baik," tutup Sigit.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Satgas Pamtas TNI antisipasi malaria di perbatasan RI-PNG 
Senin, 06 Desember 2021 - 10:35 WIB
Satgas Pamtas Yonif 126/KC mendukung upaya pemerintah dalam mengeliminasi kasus penyakit malaria di...
TNI dampimgi layanan Posyandu warga Boven Digoel Papua
Senin, 06 Desember 2021 - 08:55 WIB
Prajurit TNI Babinsa Koramil 1711-02/Mindiptana Serda Matheus Balagaize melakukan pendampingan kegia...
TNI bagikan masker dan sarung tangan gratis kepada warga Mimika Papua
Senin, 06 Desember 2021 - 07:45 WIB
Personel TNI Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Serda Yulius Nampe membagikan masker dan sarung tang...
Polri gelar Operasi Aman Nusa II bantu tanggulangi letusan Semeru
Minggu, 05 Desember 2021 - 19:10 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menerbitkan Surat Perintah Nomor Sprin/XII/OPS.2./2021 unt...
Wakil ketua MPR minta kekuatan militer penuh dikerahkan di Natuna
Minggu, 05 Desember 2021 - 16:06 WIB
Wakil Ketua MPR, Syariefuddin Hasan, meminta pemerintah mengerahkan kekuatan militer penuh untuk me...
Kepala Kampung Somografi dan perwakilan warga Umuaf kunjungi Donpos Pamtas RI-PNG
Minggu, 05 Desember 2021 - 14:47 WIB
Danpos Ubrub Kipur-2 Satgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti Lettu Inf Lisbon Situmorang, menyambut hanga...
Kapolres Lhokseumawe ajak wartawan pelihara kamtibmas lewat tulisan
Sabtu, 04 Desember 2021 - 14:56 WIB
Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto SIK MH mengajak para wartawan agar mendukung pemeliharaan sit...
TNI/Polri bersama warga Banti adakan acara bakar batu sambut Natal
Sabtu, 04 Desember 2021 - 09:31 WIB
Personel TNI Koramil 1710-04/Tembagapura yang dipimpin Kapten Inf Akhmad Zaini beserta Kapolsek Tem...
Legislator: Indonesia harus konsisten abaikan klaim China di Natuna
Sabtu, 04 Desember 2021 - 08:15 WIB
Indonesia harus secara konsisten mengabaikan klaim sepihak China di Natuna, termasuk saat menyikapi ...
TNI dukung pelayanan tes HIV dan vaksinasi COVID-19 di Paniai
Jumat, 03 Desember 2021 - 07:15 WIB
Personel TNI dari Komando Rayon Militer 1703-01/Enarotali mendukung penyelenggaraan pelayanan pemer...
InfodariAnda (IdA)