Terima usulan jurnalisme berkualitas, Menkominfo: Penting jaga koeksistensi media
Elshinta
Selasa, 19 Oktober 2021 - 19:14 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
 Terima usulan jurnalisme berkualitas, Menkominfo: Penting jaga koeksistensi media
Sumber foto: Bayu Koosyadi/elshinta.com.

Elshinta.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menerima draft usulan regulasi Publisher Rights dari Dewan Pers dan Task Force Media Sustainability. Draft berjudul “Usulan Jurnalisme Berkualitas dan Tanggung Jawab Platform Digital” itu disusun dan diajukan perwakilan asosiasi dan perusahaan media serta wartawan Indonesia.

Menkominfo mengapresiasi usulan Dewan Pers dan komunitas media untuk mengatur hubungan antara media massa, publisher dan platform digital serta menjaga koeksistensi ekosistem media di Indonesia. 

“Jadi yang pertama, sesuai arahan Bapak Presiden di mana pada saat Indonesia membangun infrastruktur secara besar-besaran, kita juga harus mampu memanfaatkan hilirisasi di ruang digital itu sendiri. Karenanya, relasi dan hubungan bisnisnya harus dijaga agar koeksistensinya bisa berlangsung dengan baik supaya manfaat di ruang digital itu bisa dirasakan secara lebih berimbang,” jelasnya usai menerima perwakilan Dewan Pers dan Task Force Media Sustainability di Rumah Dinas Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Selasa (19/10).

Menurut Menteri Johnny, pengaturan itu diperlukan untuk menjaga ruang digital tetap seimbang sekaligus menjaga koeksistensi media. “Pengaturan ini bertujuan untuk memastikan hilir atau downstream ruang digital bermanfaat untuk kepentingan negara dan masyarakat Indonesia,” tandasnya seperti dilaporkan Reporter Elshinta, Bayu Koosyadi.

Menkominfo menyatakan Pemerintah menerima dan akan menindaklanjuti usulan yang tertuang dalam draft tersebut. 

“Intinya, Pemerintah menindaklanjuti untuk memastikan juga hilir atau downstream ruang digital kita itu punya playing field yang sama dan seimbang di seluruh pelaku industri media baik produser teknologi maupun media konvensional untuk menjaga koeksistensi kehidupan media,” tuturnya.

Menurut Menteri Johnny, Pemerintah telah mendorong upaya ekosistem media untuk mengadopsi Intellectual Property Right (IPR) dalam pengelolaan media di tengah disrupsi teknologi dalam berbagai kesempatan. Sejak peringatan Hari Pers Nasional awal tahun ini hingga dalam beberapa kesempatan Safari Jurnalistik. 

Menurutnya, Pemerintah juga akan mengkaji payung hukum yang sesuai untuk menjadikan substansi dalam Usulan Jurnalisme Berkualitas dan Tanggung Jawab Platform Digital sebagai dasar regulasi primer.

“Apakah UU Persaingan Usaha, UU ITE Pers atau bahkan Undang-Undang Hak Cipta yang akan menjadi payum hukumnya. Apakah dalam bentuk payung hukum setingkat Undang-Undang dalam bentuk UU baru atau dalam bentuk revisi terhadap Undang-Undang yang saat ini sudah ada sebagai payung hukumnya, atau bahkan di tingkat Peraturan Pemerintah yang berpayung pada Undang-Undang yang sudah ada?” paparnya.

Menkominfo mengapresiasi langkah Dewan Pers dan asosiasi di sektor industri yang telah menyiapkan bahan-bahan dasar untuk menyiapkan satu regulasi guna memungkinkan terciptanya konvergensi dan playing field yang sama di ruang digital antara media konvensional dengan Over The Top.

“Saya mengapresiasi usulan ini karena salah satu sisi downstream ruang digital merupakan konvergensi industri media antara media-media konvensional dan media-media baru atau over the top,” ujarnya.

Beberapa negara baik di Asia Pasifik bahkan Eropa telah mulai menyiapkan legislasi primer dalam rangka menjaga dan mengatur konvergensi dan koeksistensi media. Bahkan untuk  mewujudkan hal tersebut, Pemerintah masing-masing negara bekerja sama ekosistem media baik di tingkat nasional hingga lokal. 

Hubungan Tepat dan Sehat

Ketua Hubungan antar Lembaga dan Internasional Dewan Pers Agus Sudibyo mengharapkan penyusunan regulasi primer dapat berlangsung dengan proses yang transparan dan adil, terutama berkaitan dengan pengaturan mengenai content sharing.

“Regulasinya harus bisa menghasilkan revenue sharing dan data sharing yang meaningfull untuk kedua belah pihak. Alhamdulillah hari ini, Bapak Menkominfo menerima kami dan kami menyerahkan kepada Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika. Jadi ini regulasi yang mengatur hubungan antara media massa, publisher dan platform digital,” jelasnya.

Agus Sudibyo menegaskan semangat dari rancangan (draft) UU ini bukan antiplatform, bukan anti-transformasi digital.

“Tetapi untuk menciptakan hubungan yang tepat antara ekosistem ataupun iklim persaingan usaha yang sehat di bidang media,” tandasnya.

Oleh karena itu, Dewan Pers dan Task Force Media Sustainability mengharapkan kalangan penerbit di Indonesia nantinya memiliki posisi yang lebih baik dalam satuan dengan platform.

“Kemudian berkorelasi dengan upaya untuk terus menegakkan jurnalisme yang beradab (good public journalis) melalui cara menciptakan ekosistem persaingan usaha yang sehat antara platform-platform digital dengan perusahaan-perusahaan media di Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Agus Sudibyo penyusunan “Usulan Jurnalisme Berkualitas dan Tanggung Jawab Platform Digital” telah melalui studi banding dan riset.

“Jadi, kami sudah berproses setahun melakukan studi banding dan riset. Juga, kami mengadakan studi news media gaming code di Australia, publisher rights di Eropa, kemudian the journalism and competition apps,” paparnya.

Selain itu, Dewan Pers juga telah mempelajari Draft Undang-Undang di Amerika Serikat serta mengadaptasi secara hati-hati dan proporsional dalam konteks Indonesia.

“Untuk selanjutnya, tentu kita menyerahkan proses berikutnya kepada Menkominfo untuk dibahas kembali untuk diformulasikan secara lebih baik sesuai dengan peraturan Undang-Undang yang ada,” tuturnya.

Dalam pertemuan itu, Menkominfo didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong. Hadir pula Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wens Manggut.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pemerintah ajak masyarakat ketatkan prokes antisipasi varian Omicron
Rabu, 01 Desember 2021 - 14:55 WIB
Pemerintah kembali mengajak masyarakat untuk mengetatkan dan tetap disiplin dalam penerapan protokol...
UWG Malang gelar serbuan vaksinasi Covid-19 dosis 2 
Rabu, 01 Desember 2021 - 14:04 WIB
Serbuan vaksinasi Dosis 2 digelar Universitas Widyagama, Kota Malang, Jawa Timur. Ada 5 ribu dosis ...
Basarnas Cilacap : Sebuah kapal kargo alami kebakaran di Cilacap
Rabu, 01 Desember 2021 - 13:58 WIB
Sebuah kapal kargo mengalami kebakaran di perairan Teluk Penyu Cilacap, kata Kepala Kantor Pencarian...
Densus tangkap 2 terduga teroris kelompok JI di Luwu Timur
Rabu, 01 Desember 2021 - 13:25 WIB
Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap dua orang anggota kelompok teroris Jamaah...
Barang sitaan Bea Cukai Surakarta selama dua tahun dimusnahkan
Rabu, 01 Desember 2021 - 13:14 WIB
Sebanyak 15 jenis barang ilegal sitaan Bea Cukai Surakarta sepanjang tahun 2020 - 2021 dimusnahkan d...
HUT Ke 64, Pertamina santuni 6.400 anak terdampak Covid-19
Rabu, 01 Desember 2021 - 12:47 WIB
Mensyukuri capaian usia yang ke-64 tahun, PT Pertamina (Persero)  memberikan santunan kepada 6.400 ...
Kementerian ESDM tetapkan tambahan alokasi biodiesel untuk 2021
Rabu, 01 Desember 2021 - 12:16 WIB
Kementerian ESDM menetapkan tambahan alokasi bahan bakar minyak jenis biodiesel sebesar 213.033 kilo...
3 Indonesia gandeng Schneider Electric modernisasi tiga pusat data
Rabu, 01 Desember 2021 - 11:46 WIB
Operator seluler 3 Indonesia bekerja sama dengan Schneider Electric, berhasil memodernisasi tiga dat...
Cegah Covid-19 dan sambut Nataru, Polres Semarang gelar apel satgas pariwisata
Rabu, 01 Desember 2021 - 10:57 WIB
Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 dan menyambut datangnya Nataru Polres Semarang, Jawa Tenga...
Apresiasi warga ikut vaksinasi, Djarum Foundation dan Pemkab Kudus bagikan doorprize
Rabu, 01 Desember 2021 - 10:25 WIB
Antusiasme masyarakat Kudus Jawa Tengah dalam mengikuti vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kudus, Jawa ...
InfodariAnda (IdA)