AS keluarkan aturan baru vaksin bagi pelaku perjalanan asing
Elshinta
Selasa, 26 Oktober 2021 - 10:49 WIB |
AS keluarkan aturan baru vaksin bagi pelaku perjalanan asing
Presiden AS Joe Biden di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, Kamis (21/10/2021). (REUTERS/JONATHAN ERNST)

Elshinta.com - Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Senin meneken aturan baru tentang vaksin bagi pelaku perjalanan udara internasional.

Pemerintah AS juga mencabut pembatasan sangat ketat bagi perjalanan asal China, India dan sebagian besar negara Eropa. Kedua kebijakan itu akan diberlakukan mulai 8 November, kata Gedung Putih.

"Adalah kepentingan Amerika Serikat untuk menghapus pembatasan negara-per-negara yang sebelumnya diterapkan selama pandemi COVID-19 dan untuk mengadopsi kebijakan perjalanan udara yang sebagian besar bergantung pada vaksinasi guna memulihkan perjalanan udara internasional secara aman ke Amerika Serikat," kata Biden dalam pernyataannya.

Gedung Putih mengonfirmasi bahwa anak-anak di bawah 18 tahun dan orang dengan gangguan kesehatan tertentu dikecualikan dari persyaratan baru vaksin tersebut.

Pelaku perjalanan non-wisata dari sekitar 50 negara dengan tingkat vaksinasi kurang dari 10 persen juga akan diberikan pengecualian.

Negara-negara itu di antaranya adalah Mesir, Aljazair, Armenia, Myanmar, Irak, Nikaragua, Senegal, Uganda, Libya, Ethiopia, Zambia, Kongo, Kenya, Yaman, Haiti, Chad dan Madagaskar.

Mereka yang dikecualikan secara umum harus menjalani vaksinasi dalam 60 hari sejak tiba di AS.

Pembatasan perjalanan yang luar biasa ketat pertama kali diberlakukan AS pada awal 2020 untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Aturan itu melarang masuk sebagian besar warga asing yang dalam dua pekan terakhir tinggal di Inggris, 26 negara Schengen di Eropa tanpa aturan perbatasan, Irlandia, China, India, Afrika Selatan, Iran, dan Brazil.

Pemerintah AS mengungkapkan pada 20 September bahwa mereka akan menghapus pembatasan bagi pelaku perjalanan dari 33 negara yang sudah divaksin lengkap pada awal November.

"Keluarga dan handai tolan bisa saling bertemu lagi, wisatawan dapat mengunjungi tempat-tempat kami yang menakjubkan. Kebijakan ini akan semakin mendorong pemulihan ekonomi," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price.

Pemerintahan Biden juga merinci syarat-syarat bagi maskapai untuk memastikan pelaku perjalanan asing telah divaksin sebelum menaiki pesawat menuju AS.

Satu hal yang dikhawatirkan maskapai penerbangan adalah memastikan pelaku perjalanan asing memahami aturan baru tersebut hanya dalam dua pekan sebelum diberlakukan.

Pejabat AS juga khawatir waktu sesingkat itu tak cukup untuk memberi pemahaman pada orang-orang Amerika yang belum divaksin bahwa mereka akan menghadapi aturan testing yang lebih ketat.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) pada Senin merilis aturan baru penelusuran kontak yang mengharuskan maskapai mengumpulkan informasi dari penumpang internasional.

Data penumpang seperti nomor telepon, email dan alamat di AS harus dicatat dan disimpan selama 30 hari jika sewaktu-waktu diperlukan "untuk menelusuri pelaku perjalanan yang telah terpapar varian COVID-19 atau penyakit lainnya."

CDC sebelumnya mengatakan akan membolehkan vaksin apapun yang disetujui penggunaannya oleh regulator AS atau Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan vaksin dosis campuran yang diterima pelaku perjalanan.

Badan Keamanan Transportasi AS berencana mengeluarkan perintah keamanan yang memberi dasar hukum bagi maskapai untuk menerapkan aturan vaksin tersebut.

Formulir pengesahan penumpang menyatakan bahwa berbohong tentang status vaksinasi merupakan tindak kriminal.

CDC mengatakan tak ada pengecualian agama bagi pelaku perjalanan internasional yang ingin menghindari aturan pembatasan COVID-19.

Mereka harus menyerahkan dokumen vaksinasi dari "sumber pemerintah" dan maskapai harus mengonfirmasi dosis terakhir yang mereka terima minimal pada dua pekan sebelum keberangkatan.

Mereka juga harus menunjukkan hasil negatif tes COVID-19 yang dilakukan maksimal tiga hari sebelumnya.

Gedung Putih mengatakan warga AS yang belum divaksin dan warga asing yang mendapat pengecualian akan diwajibkan menunjukkan hasil negatif test COVID-19 yang dilakukan maksimal sehari sebelumnya.

Pemerintah AS akan merilis rincian aturan baru itu pekan ini bersamaan dengan rencana pencabutan pembatasan di perbatasan darat pada 8 November bagi warga asing yang sudah divaksin.

Sumber: Reuters

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Omicron dapat menimbulkan ancaman `signifikan` bagi ekonomi global
Jumat, 03 Desember 2021 - 08:45 WIB
Varian Omicron dari COVID-19 dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi global dengan memperburuk masala...
AS belum berlakukan tes baru pada penumpang dari selatan Afrika
Senin, 29 November 2021 - 14:25 WIB
Petugas kesehatan Amerika Serikat belum memberlakukan persyaratan baru menyangkut penyaringan atau p...
Varian Omicron muncul, AS larang turis dari delapan negara Afrika
Sabtu, 27 November 2021 - 13:21 WIB
Amerika Serikat akan melarang masuknya pelancong dari delapan negara di Benua Afrika bagian selatan ...
AS ancam akan konfrontasi Iran di IAEA pada Desember
Jumat, 26 November 2021 - 16:11 WIB
Amerika Serikat pada Kamis (25/11) mengancam akan mengonfrontasi Iran di Badan Energi Atom Internasi...
Kombinasi varian COVID lahirkan varian tangguh di AS
Rabu, 24 November 2021 - 14:36 WIB
Para ilmuwan telah mengidentifikasi sebuah varian COVID-19 `persisten` di Amerika Serikat yang muncu...
Otoritas Meksiko temukan ratusan migran asal 12 negara di dalam truk
Minggu, 21 November 2021 - 13:01 WIB
Otoritas Meksiko menemukan sekitar 600 migran dari 12 negara yang bersembunyi di belakang dua truk d...
Biden tunjuk mantan wali kota New Orleans pimpin proyek infrastruktur
Senin, 15 November 2021 - 09:22 WIB
Presiden Joe Biden telah menunjuk mantan Wali Kota New Orleans Mitch Landrieu untuk mengawasi rencan...
Peretas masuki sistem e-mail FBI, kirim ribuan pesan
Minggu, 14 November 2021 - 13:41 WIB
Peretas memasuki sistem surat elektronik (e-mail) Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI) pad...
AS perpanjang larangan investasi di perusahaan terkait militer China
Rabu, 10 November 2021 - 07:59 WIB
Amerika Serikat akan melanjutkan larangan era Trump terhadap investasi AS di perusahaan-perusahaan C...
AS gelar pertemuan menlu seluruh dunia soal COVID-19
Sabtu, 06 November 2021 - 14:38 WIB
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengatakan bahwa pada 10 November akan menggelar ...
InfodariAnda (IdA)