Jangan dibuang, ini manfaat kulit bawang
Elshinta
Senin, 22 November 2021 - 10:08 WIB |
Jangan dibuang, ini manfaat kulit bawang
Ilustrasi bawang

Elshinta.com - Bawang putih dan bawang bombay merupakan salah dua bumbu dapur yang tidak pernah luput dari rutinitas memasak. Biasanya orang mengupas bawang sebelum diolah dan membuang kulitnya. Namun apakah Anda tahu bahwa kulit bawang juga memiliki banyak manfaat?

Dari penampakannya kulit bawang memang tampak kotor dan tidak menggugah selera. Tekturnya yang menyerupai kertas memang sukit untuk dikunyah dan seringkali membuat tersedak.

Tapi, tekstur tersebut tercipta karena kulit bawang kayak akan kandungan selulosa dan banyak nutrisi lainnya. Kulit bawang putih juga mengandung vitamin A dan C, serta kaya akan antioksidan fenilpropanoid anti-inflamasi.

Penelitian juga menemukan bahwa kulit bawang putih memiliki sifat antimikroba yang kuat, seperti dilansir dari laman MindBodyGreen.

Mengupas bawang putih sebetulnya sama seperti menghilangkan antioksidan fenilpropanoid yang melindungi jantung dan membantu melawan proses penuaan serta membantu meningkatkan kekebalan dan menurunkan kolesterol.

Tidak hanya itu, kulit bawang juga memiliki khasiat lur biasa untuk membuat kulit menjadi awet muda dan lebih kenyal.

Dokter kulit bersertifikat triple board Mamina Turegano, M.D., dan ibunya yang berusia 72 tahun mengatakan bahwa mereka bisa memiliki kulit yang kenyal dan tampak awet muda berkat teh kulit bawang.

Sebuah penelitian membenarkan hal ini dan menjelaskan bahwa Quercetin dalam kulit bawang membantu melawan peradangan dan radikal bebas, dua hal yang dapat menyebabkan penuaan serta garis-garis halus. Quercetin juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Meskipun kulit bawang apa pun bisa digunakan, bawang merah juga mengandung antosianin tingkat tinggi, pigmen bermanfaat yang juga anti-inflamasi dan antimikroba, dan dengan demikian dapat berkontribusi untuk mendapatkan kulit sehat yang bercahaya.

Kulit bawang yang diolah menjadi teh juga bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini disebabkan karena kandungan triptofan dalam teh kulit bawang dapat berkontribusi pada kualitas tidur yang lebih baik.

Jika Anda menggabungkan kulit bawang dengan teh herbal lain yang menenangkan, seperti chamomile, Anda mungkin dapat benar-benar mengoptimalkannya sebagai alat untuk membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

Berikut ini adalah cara untuk mengolah dan menggunakan kulit bawang hingga mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Teh bawang
Cara termudah untuk menuai manfaat kulit bawang adalah melalui teh. Kulit bawang kaya akan berbagai vitamin seperti E dan C, ditambah asam amino yang disebut triptofan dan antioksidan quercetin. Faktanya, kulit bawang mengandung quercetin lebih tinggi daripada daging.

Tambahkan kulit bawang yang sudah dicuci dan dikeringkan ke dalam teh hijau Anda saat diseduh. Menurut sebuah penelitian, hal itu dapat membantu meningkatkan bioavailabilitas epikatekin—senyawa bermanfaat utama, seperti EGCG, dalam teh hijau. EGCG dapat memerangi peradangan, meningkatkan penurunan berat badan, dan membantu melawan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Keripik bawang
Anda bisa mengolah kulit bawang putih menjadi keripik. Sophia Roe, koki dan pembawa acara acara TV Counter Space berbagi resep menggiurkan untuk keripik bawang putih di halaman Instagramnya.

Dia merekomendasikan untuk memasukkan kulit bawang putih ke dalam minyak zaitun, menaburkannya dengan sedikit garam, dan memanggangnya selama 10 menit pada suhu 180 derajat celcius sampai berubah menjadi "keripik" yang renyah dan renyah.

Anda dapat mencampurnya ke dalam salad atau menaburkannya di mana pun Anda membutuhkan penambah rasa (dan kerenyahan).

Bawang panggang
Selain itu Anda bisa memanggang bawang putih bersama dengan kulitnya. Setiap pecinta bawang putih akan memberi tahu Anda bahwa bawang putih panggang adalah makanan yang sangat lezat. Kulit membuat bawang putih tetap lembut, berkontribusi pada rasa, dan memastikan Anda mendapatkan nutrisi bermanfaat yang ditemukan di kulit.

Tambahan gizi pada nasi
Campurkan beberapa kulit bawang saat memasak nasi untuk menambahkan vitamin ekstra. Pastikan untuk membiarkannya terendam saat nasi dimasak. Cukup buang kulitnya setelah dimasak.

Penambah rasa dan aroma
Meskipun setiap jenis kulit memiliki kegunaannya sendiri, Anda juga dapat menggabungkannya untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

Tambahkan kulit bawang ke dalam sup untuk aroma dan rasa yang lebih sedap. Bawang putih dan bawang bombay adalah bahan dasar kebanyakan sup, tetapi mengapa tidak menggunakan kulitnya juga? Ini tidak hanya meningkatkan rasa, tetapi juga menambahkan nutrisi kulit ke dalam makanan Anda. Namun, pastikan untuk menyaring kulitnya sebelum makan.

Jika sup tidak ada dalam menu dalam waktu dekat, Anda dapat menggunakan kulit bawang untuk membuat kaldu sayuran untuk digunakan nanti.

Anda juga bisa menggunakan kulit bawang putih dan kulit bawang untuk membumbui hidangan gurih lainnya, seperti roti atau nasi yang baru dipanggang. Cukup keringkan kulitnya, lalu ubah menjadi bubuk dengan menghancurkannya dengan blender atau menggilasnya dalam food processor.

Meringankan kulit gatal
Kulit bawang merah dan bawang putih memiliki sifat antijamur yang membuatnya efektif untuk meredakan masalah kulit gatal, termasuk kutu air. Oleskan air rendaman kulit bawang bombay ke kulit Anda untuk meredakannya.

Jadi, alih-alih membuang kulit bawang ke tempat sampah, manfaatkan sebaik-baiknya. Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan rasa sup dan kaldu dan menjaga kulit tetap kenyal dan bercahaya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kurangi risiko penyakit kardiovaskuler dengan berhenti merokok
Selasa, 07 Desember 2021 - 14:56 WIB
Dokter Spesialis Jantung Rumah Sakit Jantung Pembuluh Darah Harapan Kita, dr Ade Meidian Ambari, Sp....
Manfaat makan es krim di pagi hari
Selasa, 07 Desember 2021 - 06:01 WIB
Es krim kerap kali dicap sebagai dessert yang harus dihindari karena sifatnya yang dingin dan rasany...
Kiat atasi kecemasan pada munculnya varian Omicron
Senin, 06 Desember 2021 - 09:19 WIB
Tak cukup pada Delta, varian baru COVID-19 yakni Omicron muncul, menyebabkan sebagian orang berada d...
Risiko penyakit akibat letusan gunung berapi dan pencegahannya
Minggu, 05 Desember 2021 - 10:59 WIB
Asap dan debu vulkanik dari letusan gunung berapi salah satunya Semeru yang terletak di Lumajang dan...
Satgas Pamtas TNI berikan pelayanan kesehatan warga perbatasan RI-PNG 
Sabtu, 04 Desember 2021 - 14:25 WIB
Personel Satgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti Pos Waris kembali beraksi dengan memberikan pelayanan ke...
Keju yang baik kandung zat gizi seperti susu
Jumat, 03 Desember 2021 - 22:55 WIB
Ketua Indonesia Sport Nutrition Association Dr. Rita Ramayulis DCN, M.Kes mengatakan, keju yang baik...
Remaja perlu lewati masa pubertas tanpa `baper`
Jumat, 03 Desember 2021 - 09:35 WIB
Psikolog klinis dari Universitas Indonesia, Tara de Thouars, BA, M.Psi berpendapat, penting bagi par...
Dokter sarankan konsumsi serat dan Jangan mengejan agar tak kena wasir
Kamis, 02 Desember 2021 - 21:35 WIB
Dokter spesialis bedah dari Universitas Udayana, dr. Heru Sutanto K, SpB menyarankan Anda tidak meng...
Dalam setahun, ODHA di Sukoharjo bertambah 47 kasus
Rabu, 01 Desember 2021 - 20:37 WIB
Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah mencatat terjadi penambahan kasus orang dengan HIV dan Aids (ODHA) ...
Panel FDA beri dukungan terbatas pemakaian pil COVID-19 Merck
Rabu, 01 Desember 2021 - 09:11 WIB
Sebuah panel penasihat ahli Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan (FDA) AS pada Selasa (30/11) dala...
InfodariAnda (IdA)