Presiden: Kekayaan geologi jangan dirusak dan dieksploitasi berlebihan
Elshinta
Senin, 22 November 2021 - 13:43 WIB |
Presiden: Kekayaan geologi jangan dirusak dan dieksploitasi berlebihan
Tangkapan Layar - Presiden Joko Widodo di Konferensi Nasional Geopark Indonesia II secara virtual, disaksikan di Jakarta, Senin (22/11). (ANTARA/Indra Arief)

Elshinta.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar kekayaan dan keragaman geologi, hayati dan budaya yang dimiliki Indonesia tidak dirusak dan dieksploitasi berlebihan.

Karena itu, seluruh pihak harus bertanggung jawab terhadap keberlangsungan ekosistem agar kekayaan dan keragaman yang dimiliki dapat terus menjadi kebanggaan bangsa dan negara.

“Kawasan geopark adalah tempat belajar tentang warisan bangsa dan dunia, belajar tentang keragaman geologi, belajar tentang keragaman hayati, serta keragaman budaya. Semua keragaman dan kekayaan yang kita miliki harus kita jaga dan dilindungi, tidak dirusak dan tidak dieksploitasi berlebihan,” kata Presiden Jokowi di Konferensi Nasional Geopark Indonesia II secara virtual, disaksikan di Jakarta, Senin.

Geopark atau taman geologi/taman bumi merupakan kawasan yang memiliki unsur geologi terkemuka. Geopark, menurut Presiden, dapat menjadi tempat belajar bagi masyarakat untuk dapat mengenal, dan kemudian menjaga kelestarian kekayaan dan keragaman yang dimiliki oleh Indonesia.

Indonesia, ujar Presiden, sebagai negara yang terletak di cincin api, memiliki berbagai geopark seperti Geopark Batur yang merupakan geopark pertama yang ditetapkan sebagai UNESCO Global Geoparks, kemudian Geopark Gunung Sewu, Geopark Ciletuh, Geopark Gunung Rinjani, Geopark Danau Toba, dan sebagainya.
 

Presiden meminta kawasan geopark dan kekayaan alam lainnya yang dimiliki Indonesia untuk selalu dijaga. Salah satu upayanya dengan melakukan konservasi kawasan.

“Melindungi agar unsur-unsur geologi yang masih utuh tidak serta merta mengalami kerusakan, menjaga warisan geologi, geoheritage, serta nilai-nilai di dalamnya seperti nilai arkeologi, ekologi, sejarah dan budaya sehingga bisa terus diwariskan ke generasi yang akan datang,” ujarnya.

Presiden menyebutkan geopark juga bisa dikembangkan menjadi tempat geowisata yang menarik, di mana wisatawan tidak hanya menikmati keindahan alam tetapi juga bisa terlibat dalam konservasi lingkungan.

“Saya melihat geopark cocok dengan tren pariwisata saat ini di masa pandemi yang mengedepankan ecotourism dan wellness tourism,” ujar Presiden.

Setiap geopark dinilai memiliki keunikan tersendiri yang perlu diangkat, selain dari sisi geologi daerah, vulkanik, flora dan fauna endemik, serta budaya masyarakat yang berada di kawasan Geopark.

“Hal yang perlu diperkuat adalah story (cerita), narasi disetiap geoparkstory tentang gunung Purba, letusannya di masa lalu dan juga perjalanan peradaban di sekitar geopark,” katanya.

Presiden Jokowi menekankan kunci utama yang menentukan keberhasilan pengembangan Geopark adalah tata kelola yang harus terus diperbaiki agar semakin baik. Tata kelola geopark harus meliibatkan pegiat geopark, akademisi dan masyarakat sekitar.

“Lahirkan gagasan yang inovatif, lakukan terobosan konkret yang menyeimbangkan antara konservasi dengan ekonomi. Saya berharap semua elemen bangsa bergerak menjadi bagian dari gerakan konservasi geopark sekaligus memperkuat upaya untuk masyarakat sekitarnya untuk mengambil bagian dalam pelestarian lingkungan dan mengembangkan potensi pariwisata,” jelasnya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pemkot Jakarta Selatan targetkan kurangi 345 ton sampah per hari
Rabu, 26 Januari 2022 - 12:27 WIB
Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) menargetkan dapat mengurangi produksi sampah sekitar...
Jawa Barat gandeng Waste4Change atasi sampah di tiga daerah
Senin, 24 Januari 2022 - 18:21 WIB
Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat berkolaborasi bersama lembaga swadaya masyarakat Waste4Change...
Cegah banjir dan produksi air PDAM lancar, Kali Harapan Indah Bekasi dinormalisasi 
Senin, 24 Januari 2022 - 18:10 WIB
Guna memaksimalkan proses produksi melalui air baku. Pengerukan atau normalisasi Kali Sekunder Harap...
Penanaman mangrove di Lubuk Kertang warnai peringatan HUT PDIP ke 49 
Senin, 24 Januari 2022 - 10:55 WIB
Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Langkat, Sumatera...
Enam truk dikerahkan untuk angkut sampah di kawasan Ahuru Ambon
Senin, 24 Januari 2022 - 10:46 WIB
Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan mengerahkan enam truk untuk mengangkut sampah yang menumpuk d...
Komunitas pecinta alam tanam 1.000 pohon di lereng Sindoro
Minggu, 23 Januari 2022 - 15:46 WIB
Puluhan komunitas pecinta alam menanam 1.000 pohon di lereng Gunung Sindoro, Kabupaten Temanggung, J...
Selamatkan konservasi mata air, DPC PDIP Kediri tanam 500 pohon dan lepas 10 ribu benih ikan  
Minggu, 23 Januari 2022 - 14:06 WIB
Seluruh struktur elemen Partai DPC PDI- Perjuangan Kota Kediri, Jawa Timur serentak turun ke jalan m...
Pemkab Subang-Korsel jajaki kerjasama penanganan masalah lingkungan
Minggu, 23 Januari 2022 - 10:47 WIB
Bupati Subang H. Ruhimat menerima kunjungan Kementerian Lingkungan Hidup Korea Selatan, di Rumah Din...
BRIN: Anggrek kantung terancam kelestariannya di Indonesia
Kamis, 20 Januari 2022 - 13:38 WIB
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan dua penyebab utama yang mengancam kelestarian ang...
Satgas Yonif RK 751/VJS dan santri `sulap` lahan kosong jadi kebun sayur
Senin, 17 Januari 2022 - 14:45 WIB
Pesantren Al-Istiqomah merupakan lembaga pendidikan Islam yang berada di Papua tepatnya di Distrik W...
InfodariAnda (IdA)