PBNU serahkan IMB untuk masjid dan musala se-Jakarta
Elshinta
Sabtu, 27 November 2021 - 18:25 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
PBNU serahkan IMB untuk masjid dan musala se-Jakarta
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com

Elshinta.com - Adalah momen  bersejarah bagi para warga NU DKI khususnya bagi mereka yang telah memiliki masjid dan musala tapi belum memiliki IMB, melalui gerakan peduli rumah ibadah yang dicanangkan oleh pengurus PWNU DKI Jakarta yang bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta.

Kegiatan penyerahan surat IMBnisasi tahap ke-1secara simbolisasi kepada perwakilan Ta`mir Masjid se-DKI yang dilaksanakan di Ponpes Luhur Al-Tsaqofa, Jagakarsa, Jakarta Selatan,

Menurut Rais Syuriyah NU Cipedak, KH Marhusin, kebiasaan berbuat baik memang telah dianjurkan oleh agama apalagi menyangkut soal rumah ibadah. Hal ini menjadi amal soleh bersama, semoga program ini tidak sampai di IMB saja tapi berlanjut sampai ke sertifikat. 

Acara ini dihadiri  oleh KH. Said Aqil Siroj (Ketua Umum PBNU), KH. Samsul Ma'arif (Ketua Tanfidziyah PWNU DKI Jakarta), Bp. Marullah Matali (Sekda DKI Jakarta), Bp. Munjirin (Walikota Jakarta Selatan), Bp. Benny Agus Candra (Kadin Penanaman Modal dan PTSP DKI Jakarta) dan juga tamu undangan dari Instansi Pemerintah, Ta'mir Masjid se-DKI Jakarta dan pengurus NU DKI dan pengurus NU Ranting Cipedak

H. Sulaiman, selaku wakil ketua NU DKI dan juga ketua panitia acara mengatakan, "Kegiatan IMBnisasi masjid dan musala se-DKI Jakarta adalah Program sinergi Pemprov DKI dengan NU DKI peduli rumah ibadah dan program ini adalah gratis. “Insya Allah kegiatan ini akan terus berlanjut dan bertahap, bagi siapa saja yang memiliki masjid dan musala yang belum memiliki IMB selagi tanahnya tidak bermasalah silakan datang ke kantor NU DKI,” ujarnya.

Sekaligus Sulaiman memohon doa dari dari semua kalangan masyarakat, agar program ini berjalan baik, lancar, tidak ada kendala dan tidak menjadi masalah dikemudian hari. “Sejatinya PWNU DKI siap mengIMBnisasikan masjid dan musala se-DKI Jakarta,” katanya.

Sementara, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj mengatakan, terbitnya IMB merupakan bukti dari hadirnya negara untuk memberikan kemudahan kepada warganya, khususnya umat Islam dalam mensyiarkan Islam.

"Mewujudkan IMB gratis untuk masjid dan musala  merupakan nikmat dari Allah bagi negara kita yang memiliki dasar negara Pancasila," ujar Kiai Said.

Kiai Said pun berjanji akan terus berupaya untuk memperjuangkan agar bisa mendapatkan IMB gratis untuk masjid dan musala.

"Saya siap memfasilitasi, seperti IMB gratis. Insya Allah, nanti bisa sertifikat gratis bagi musala, masjid dari BPN," katanya.

Di tempat yang sama, Ketua PWNU DKI KH Samsul Ma'rif di mengatakan, PBNU melakukan pendampingan kepada masyarakat, terutama pengurus masjid dan musala untuk bisa mengurus izin IMB. Ini dilakukan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

"IMB gratis ini merupakan kerjasama dengan Pemda DKI. Diharapkan pengurus masjid dan musala bisa mengurus izin IMB dan kita mendampingi. Ini harus betul-betul diperhatikan, karena kalau tidak diurus, banyak tempat-tempat ibadah yang digusur karena tidak memiliki IMB," kata Samsul.

Samsul meminta kepada pengurus NU di semua tingkatan agar terus memberikan pendampingan kepada pengurus masjid dan musala dalam kepengurusan IMB.

"Sebagai bentuk teladan NU, kita juga meminta kepada pengurus cabang dan ranting untuk mendata masjid dan musala agar minimal 1-2 bulan ada pembagian IMB gratis. Kita akan dorong pengurus cabang dan ranting untuk segera melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Samsul pun menyampaikan apresiasi kepada PBNU, khususnya Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj yang telah membuat program IMB gratis tersebut. Ia pun berharap agar jumlah pemberian IMB gratis terus ditingkatkan.

Sekda DKI Jakarta, Marullah Matali menyampaikan ucapan terima kasih atas upaya dan program yang telah dilakukan oleh PBNU dalam mewujudkan terbitnya IMB gratis bagi masjid dan musala di DKI Jakarta.

"Terimakasih kepada PTSL dan Kiai Said Aqil. Mudah-mudahan apa yang dilakukan menjadi catatan amal sholeh," ucapnya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
DPN Peradi perkuat toleransi beragama
Kamis, 20 Januari 2022 - 16:12 WIB
Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) pimpinan Prof Dr Otto Hasibuan,...
Wagub Bali minta Pakis dan Pacalang laksanakan nilai Sad Kerthi
Rabu, 19 Januari 2022 - 17:03 WIB
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati meminta Paiketan Krama Istri (Pakis) dan Pas...
Kabupaten Ngawi tertarik kerjasama dengan DIY kembangkan destinasi wisata sejarah
Minggu, 16 Januari 2022 - 20:26 WIB
Banyaknya situs sejarah di berbagai daerah di Indonesia cukup menarik untuk dikembangkan menjadi des...
Lestarikan budaya Melayu, Pemkot Tanjungbalai akan bangun museum Melayu
Minggu, 16 Januari 2022 - 17:55 WIB
Kota Tanjungbalai akan membuat museum Melayu dengan segala adat budaya pernak perniknya di Tanjungba...
Kemenag hentikan sementara pengiriman jamaah umrah
Minggu, 16 Januari 2022 - 17:35 WIB
Kementerian Agama menghentikan sementara penerbangan jamaah umrah mulai 15 Januari dalam upaya menge...
Mahasiswa dari 24 daerah meriahkan Opera `Nusantara Manunggal Diversity`
Minggu, 16 Januari 2022 - 15:13 WIB
Opera Nusantara Manunggal Diversity menghentak Auditorium Kampus 1 Institut Teknologi Nasional (ITN)...
Gibran: Solo kembali semarakkan Imlek setelah dua tahun vakum
Kamis, 13 Januari 2022 - 20:43 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan daerah setempat kembali menyemarakkan Imlek, s...
Kota Singkawang bersiap rayakan Imlek 2022
Kamis, 13 Januari 2022 - 19:07 WIB
Pemerintah Kota Singkawang, Kalimantan Barat, bersiap merayakan Imlek 2022 dengan memasang berbagai...
PHDI Lumajang pastikan bukan umat Hindu yang memasang sesaji di DAS Semeru
Rabu, 12 Januari 2022 - 13:57 WIB
Ketua Perisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Lumajang Edy Sumianto menanggapi permasalahan...
Pecalang Bali ingatkan taat prokes saat pembuatan dan pawai ogoh-ogoh
Selasa, 11 Januari 2022 - 18:35 WIB
Pasikian atau organisasi Pecalang Bali mengingatkan para yowana (generasi muda) di Pulau Dewata u...
InfodariAnda (IdA)