Warga Sukabumi positif COVID-19 ketika baru pulang dari Arab Saudi
Elshinta
Senin, 29 November 2021 - 07:30 WIB |
Warga Sukabumi positif COVID-19 ketika baru pulang dari Arab Saudi
Peta perkembangan kasus COVID-19 di Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Minggu, (28/11). (Antara/HO/Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sukabumi

Elshinta.com - Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sukabumi pada akhir pekan atau Minggu, (28/11) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mencatat kasus terkonfirmasi positif COVID-19 bertambah tiga, salah satu pasien diketahui baru pulang dari Arab Saudi.

"Seluruh pasien tersebut berjenis kelamin perempuan yang berasal dari tiga kecamatan berbeda, ketiganya saat ini sudah menjalani isolasi di rumah sakit rujukan COVID-19 Kabupaten Sukabumi," kata Humas Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sukabumi Eneng Yulia di Sukabumi, Minggu.

Tiga pasien tersebut, yakni remaja berusia 13 tahun warga Kecamatan Gunungguruh dan perempuan 33 tahun warga Kecamatan Cisaat. Kedua pasien ini diketahui tidak ada riwayat perjalanan dan hingga kini pihaknya masih melakukan penelusuran (tracing).

Sementara, seorang perempuan berusia 32 tahun warga Kecamatan Curugkembar dari hasil penelusuran ternyata mempunyai riwayat perjalanan ke luar negeri, di mana pasien tersebut baru saja pulang dari Arab Saudi.

Menurut Yulia, ketiganya harus melakukan isolasi di rumah sakit karena membutuhkan penanganan dan pantauan kondisi kesehatan mereka dari petugas medis.

Pasien yang mempunyai riwayat perjalanan dari luar negeri hingga kini satgas COVID-19 masih melakukan penelusuran untuk mengetahui dari siapa dan di mana pasien ini bisa tertular virus mematikan tersebut.

Selain itu, penelusuran kepada orang yang pernah kontak erat dengan pasien juga masih dilakukan untuk antisipasi penyebaran COVID-19 dan mempercepat penanganan jika ditemukan ada warga lainnya yang terkonfirmasi positif akibat kontak erat dengan pasien sebelumnya.

Pada akhir pekan ini, selain ada penambahan kasus baru warga yang terkonfirmasi positif COVID-19, juga terdapat satu pasien yang sembuh dari virus yang pertama kali menyebar di Wuhan, China ini, yakni perempuan berusia 42 tahun warga Kecamatan Kadudampit.

"Dengan demikian sampai saat ini pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi sebanyak tujuh pasien dengan rincian isolasi di rumah sakit tiga orang dan empat orang isolasi mandiri," tambahnya.

Eneng mengatakan dalam beberapa hari terakhir sudah ada tiga warga (dua pulang dari Makasar, Sulawesi Selatan dan satu pulang dari Arab Saudi) yang tertular virus mematikan ini karena memiliki riwayat perjalanan. Oleh sebab itu ia mengimbau kepada warga jika tidak ada kepentingan mendesak maupun kegiatan penting lainnya, sebaiknya  berdiam di rumah saja.

Jika terpaksa harus melaksanakan perjalanan, maka wajib menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya antisipasi dan pencegahan penularan COVID-19 dan untuk mencegah terpapar virus.

Di sisi lain, data perkembangan kasus COVID-19 pada Minggu, (28/11),  warga yang terkonfirmasi positif berjumlah 11.760 jiwa. Dari jumlah tersebut 11.170 pasien sudah dinyatakan sembuh, masih menjalani isolasi tujuh pasien dan meninggal dunia  sebanyak 583 pasien.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Binda Jateng kebut vaksinasi anak
Jumat, 28 Januari 2022 - 18:57 WIB
Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah, Jumat (28/1), kembali menyelenggarakan vaksinasi ...
Polisi tindaklanjuti laporan dugaan persetubuhan terhadap anak di Sangihe
Jumat, 28 Januari 2022 - 18:35 WIB
Satreskrim Polres Kepulauan Sangihe akan menindaklanjuti laporan dugaan persetubuhan terhadap seoran...
Pakar: BA.2 merupakan subvarian Omicron terbaru
Jumat, 28 Januari 2022 - 18:26 WIB
Pakar Ilmu Kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Tjandra Yoga Aditama...
Pasien COVID-19 di RSD Wisma Atlet bertambah 88 orang
Jumat, 28 Januari 2022 - 17:26 WIB
Pasien COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, pada Jumat, dilaporkan...
Keharuan Taslim, penyandang disabilitas terima bantuan pemerintah
Jumat, 28 Januari 2022 - 17:04 WIB
Taslim,  penyandang disabilitas menghela nafas panjang, nafas simbol bahagia karena secercah harapa...
 UPT PSC 119 optimalkan layanan kesehatan warga kota
Jumat, 28 Januari 2022 - 16:58 WIB
Kota Magelang, Jawa Tengah kini memiliki UPT PSC 119 yang mewadahi semua layanan kesehatan pra rumah...
Viral video warga di Boltim tolak divaksin, ini penjelasan Polda Sulut
Jumat, 28 Januari 2022 - 16:45 WIB
Viralnya video di media sosial tentang seorang ibu rumah tangga di Bolaang Mongondow Timur (Boltim) ...
9 kasus aktif positif Covid-19 ditemukan di Kabupaten Semarang
Jumat, 28 Januari 2022 - 15:37 WIB
Kasus baru sebanyak 9 kasus positif Covid-19 aktif di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ditemukan sete...
120.779 anak di Bangka Belitung sudah dapat vaksinasi COVID-19
Jumat, 28 Januari 2022 - 13:59 WIB
Sebanyak 120.779 anak usia enam sampai 11 tahun di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah mendapat...
BKKBN dan BULOG bagikan beras kaya gizi untuk cegah `stunting`
Jumat, 28 Januari 2022 - 13:35 WIB
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Perum BULOG membagikan beras yang sud...
InfodariAnda (IdA)