Wujudkan literasi digital, Perpusnas-STIK luncurkan website Kepustakaan Ilmu Kepolisian 
Elshinta
Rabu, 01 Desember 2021 - 19:56 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
 Wujudkan literasi digital, Perpusnas-STIK luncurkan website Kepustakaan Ilmu Kepolisian 
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com

Elshinta.com - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) R.I. dan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) berkolaborasi untuk meningkatkan pembinaan literasi dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Kolaborasi ini diwujudkan melalui peluncuran situs web Kepustakaan Ilmu Kepolisian RI. Ketua STIK Polri, Irjen. Pol. Yazid Fanani, mengatakan penyediaan portal khusus yang berisikan referensi terkait ilmu-ilmu kepolisian ini bermanfaat untuk mahasiswanya dan masyarakat luas.

Yazid Fanani menambahkan, situs web ini merupakan upaya pihaknya menerjemahkan kebijakan Kapolri yaitu Transformasi Menuju Polri yang Presisi, khususnya transformasi organisasi untuk menjadikan SDM Polri yang unggul di era 4.0.

“Salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan di era teknologi informasi tersebut adalah dengan mengadopsi teknologi inovatif guna mengubah paradigma literasi lama menjadi literasi digital, khususnya di bidang perpustakaan,” ujarnya dalam peluncuran situs web Kepustakaan Ilmu Kepolisian R.I. dan talkshow Literasi Digital dan Pustaka Ilmu Kepolisian yang digelar Perpusnas secara virtual, pada Rabu (1/12).

Dia menyebut, revolusi industri 4.0 menuntut mahasiswa setidaknya memiliki empat kemampuan literasi agar mampu berkiprah di masyarakat yakni literasi dasar, data, teknologi, dan manusia. Penyediaan laman khusus menjadi hal yang bermanfaat demi terpenuhinya unsur kognitif dan ability, yang sekaligus langkah proaktif untuk menyiapkan SDM unggul.

“Adanya e-library dengan ketersediaan buku-buku digital yang memadai, merupakan solusi dalam menjawab kebutuhan mahasiswa dan masyarakat luas. Dalam upaya mendapatkan sumber referensi yang up to date melalui buku digital, yang bisa diakses di mana pun berada, dengan perkembangan buku ke arah digitalisasi, satu buku digital bisa dibaca dalam waktu bersamaan,” katanya dalam rilis tertulis yang diterima redaksi elshinta.com.

Diharapkan, kehadiran situs web akan memudahkan anggota Polri yang ada di satuan pendidikan Polri, maupun anggota yang bertugas di kewilayahan dalam mengakses literatur tentang ilmu kepolisian. Sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan, kecakapan anggota Polri.

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, mengungkapkan pihaknya terus mengupayakan transformasi digital dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Hal ini dilakukan melalui kolaborasi dengan para pemangku kepentingan. Dia menyebut, ini sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo pada peresmian Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas di Jakarta, pada 14 September 2017.

“Transformasi digital bahwa satu buku yang didigitalkan ini bermanfaat bagi banyak orang dan bisa diakses kapan saja,” ungkapnya.

Pada revolusi industri 4.0., masyarakat dipaksa hidup dengan teknologi yang sangat cepat. Karenanya, transformasi ilmu pengetahuan juga mengalami percepatan. Dia menegaskan, sumber daya manusia merupakan modal dalam pembangunan bangsa. Saat ini, banyak negara yang tidak memiliki sumber daya alam tetapi SDM berkualitas.

“Seberapa besar kita merevolusi kurikulum agar ilmu yang diberikan kepada mahasiswa bisa menjawab tantangan pada 15-20 tahun mendatang? Semua ilmu saat ini adalah pembekalan, karena masalah yang dihadapi mahasiswa pada 20 tahun mendatang, sudah berbeda dibanding saat ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Data dan Informasi Perpusnas, Taufiq A Gani, menuturkan salah satu bentuk layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan Perpusnas adalah pengembangan situs web tematik yang merupakan salah satu bentuk layanan referensi dengan format situs web yang berisikan berbagai informasi, bahan pustaka, dan konten digital lainnya.

Situs web tematik kepustakaan ilmu kepolisian RI ini memuat 281 buku dari penerbit berbagai negara yang dilanggan oleh Perpusnas, 1.203 e-book berbahasa Indonesia koleksi iPusnas, 295 artikel yang semuanya bertemakan ilmu kepolisian dan ilmu terkait. Ke depan, situs web akan terus dibarui.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pemerintah Kota Tangerang hentikan sementara pembelajaran tatap muka
Selasa, 25 Januari 2022 - 19:15 WIB
Pemerintah Kota Tangerang di Provinsi Banten memutuskan untuk menghentikan sementara kegiatan pembe...
Luhut: Tidak ada rencana hentikan sekolah tatap muka
Senin, 24 Januari 2022 - 17:04 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator Pemberlakuan Pembatasan K...
 Tenaga pengajar terbatas, Satgas Yonif 126/KC jadi guru di perbatasan 
Senin, 24 Januari 2022 - 13:14 WIB
Terbatasnya tenaga pendidik di daerah perbatasan Papua, anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC me...
 Respons cepat kasus penganiayaan sesama siswi SMP, Polres Minut periksa terlapor
Minggu, 23 Januari 2022 - 18:24 WIB
Polres Minahasa Utara (Minut) merespons cepat kasus penganiayaan terhadap sesama siswi SMP yang vira...
Sekolah di Rembang gelar pembelajaran tatap muka kapasitas 50 persen
Minggu, 23 Januari 2022 - 16:24 WIB
Semua jenjang sekolah di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, masih menerapkan pembelajaran tatap muka (P...
Kemendikbudristek tambah 3 wilayah terapkan Prototipe di Bengkulu
Minggu, 23 Januari 2022 - 16:15 WIB
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI menambah tiga wilayah...
Kemenagsu peringkat pertama pemutakhiran data EMIS madrasah
Minggu, 23 Januari 2022 - 13:05 WIB
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kanwil Kemenagsu), meraih peringkat pertam...
 Ribuan siswa SD di Kabupaten Aceh Utara butuh peralatan belajar
Minggu, 23 Januari 2022 - 11:35 WIB
Ribuan pelajar tingkat sekolah dasar (SD) di Kabupaten Aceh Utara kekurangan peralatan belajar. Pasc...
 Satgas Yonif 126/KC berikan pembekalan ilmu kesehatan pada pelajar di perbatasan
Sabtu, 22 Januari 2022 - 17:06 WIB
Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC Pos Somografi memberikan pembekalan ilmu kesehatan kepada Siswa SD...
UIN Palu: Kuliah tatap muka hanya bagi mahasiswa semester dua-empat
Sabtu, 22 Januari 2022 - 14:57 WIB
Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, memberlakukan kuliah tatap...
InfodariAnda (IdA)
Elshinta
CRI