KBRI Nairobi dorong UMKM Indonesia jajaki peluang ekspor ke Afrika
Elshinta
Sabtu, 04 Desember 2021 - 17:10 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
KBRI Nairobi dorong UMKM Indonesia jajaki peluang ekspor ke Afrika
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

Elshinta.com - Duta Besar RI Nairobi, Mohamad Hery Saripudin mengatakan, peluang perdagangan ke Afrika sangat terbuka lebar. Bahkan, dalam kurun waktu tahun 2006-2018, peningkatan perdagangan Indonesia dengan negara-negara di Afrika mencapai 224%. Demikian dikatakan Dubes Hery Saripudin saat berbicara pada Forum Bisnis Insan Cita dengan tema: “Peluang Ekspor ke Afrika”, Jumat (3/12).

Kegiatan forum bisnis virtual ini dihadiri sebanyak 94 peserta, yang mayoritas berasal dari pelaku bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Turut hadir juga CEO dari Kareem Internasional, Isnandar yang menyampaikan sejumlah “tips and tricks” melakukan ekspor ke wilayah Afrika. 

Pada 6 Oktober 2021, KBRI Nairobi telah mendirikan Soko la Indonesia di lingkungan kantor KBRI Nairobi, berisikan dua ribu lima ratus sampel produk Indonesia yang dipamerkan kepada para importir potensial di Kenya. 

“Kami tunggu sampel produk  dari rekan-rekan pelaku bisnis UMKM yang hadir dalam kegiatan ini untuk kami bantu promosikan melalui Soko la Indonesia”, Dubes Hery menawarkan kepada para peserta yang ingin menjajagi pasar Afrika untuk mengirimkan sampel produknya.

Nasrullah Saidi, seorang pendakwah yang pernah mengunjungi Kenya menyambahkan, “Peluang bumbu-bumbu masakan atau industri kuliner di Afrika sangat besar, selama 4 bulan di Kenya, saya juga memperkenalkan masakan Padang kepada masyarakat Kenya dan mereka menyukainya. Bumbu di Kenya masih sangat terbatas, sehingga kemungkinan masih sangat terbuka”. 

Dari respon para pengusaha Kenya yang mendatangi Soko la Indonesia untuk melihat dan mencoba sampel-sampel produk asal Indonesia, diperoleh insight bahwa selain bumbu, produk yang memiliki potensi untuk diekspor ke Kenya di antaranya adalah makanan ringan, kerajinan tangan, furnitur, dan kopi. 

“Pada dasarnya, pengiriman sampel produk Indonesia ke Kenya adalah gotong royong”, jelas Isnandar. “Kami membantu pengiriman sampel produk bagi para pelaku bisnis UMKM Indonesia untuk meringankan biaya pengiriman”, jelasnya saat menanggapi respon peserta forum yang antusias untuk mengirimkan sampel produknya agar dapat dipamerkan di Kenya.

Selain mempromosikan produk Indonesia melalui Soko la Indonesia, KBRI Nairobi juga terus berupaya mengajak 4 negara akreditasi (Kenya, Uganda, Somalia, dan RD Kongo) untuk memulai pembahasan mengenai pembentukan Preferential Trade Arrangements (PTA) yang dimaksudkan untuk memberikan fasilitasi dan kemudahan kepada para pelaku bisnis dari kedua negara

“Saya sudah menyampaikan draft usulan Indonesia mengenai Preferential Trade Arrangements (PTA) kepada 4 negara akreditasi. Semoga pembahasan awalnya dapat dilaksanakan segera,” ujar Dubes Hery dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi elshinta.com, Sabtu (4/12).

Forum bisnis dari Insan Cita ini diharapkan dapat meningkatkan minat para pelaku bisnis UMKM Indonesia untuk melakukan ekspor ke wilayah Afrika, khususnya Kenya yang merupakan gerbang masuknya barang-barang impor ke negara-negara lain di Kawasan Afrika Timur. 

“Jika ada kemauan, pasti ada jalan. Saya harap melalui forum Insan Cita, akan terbentuk mekanisme konkrit ke depannya dalam mendorong masuknya produk Indonesia ke wilayah Afrika. KBRI Nairobi siap menampung produk-produk Indonesia untuk dipasarkan melalui Soko la Indonesia”, tegas Dubes Hery. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Jepang minta warga enam prefektur mengungsi akibat peringatan tsunami
Minggu, 16 Januari 2022 - 12:31 WIB
Ratusan ribu warga Jepang disarankan untuk mengungsi pada Minggu (16/1) karena gelombang lebih dari ...
Jernang Aceh, bahan obat herbal yang dicari-cari di China
Minggu, 16 Januari 2022 - 06:31 WIB
Buah jernang dari Provinsi Aceh menjadi bahan baku obat herbal yang menjadi incaran di China.
Sejumlah siswa di Jepang ditusuk saat ujian seleksi perguruan tinggi
Sabtu, 15 Januari 2022 - 11:41 WIB
Sejumlah siswa SMA di Jepang terluka akibat ditusuk saat mengikuti ujian seleksi perguruan tinggi di...
Korea Selatan perpanjang larangan berpergian ke 6 negara
Minggu, 09 Januari 2022 - 12:31 WIB
Korea Selatan akan memperpanjang larangan bepergian ke enam negara di Timur Tengah dan Afrika, serta...
Wabah Omicron Sydney diperkirakan capai puncaknya akhir Januari
Jumat, 07 Januari 2022 - 17:16 WIB
Wabah Omicron di negara bagian terpadat di Australia dapat mencapai puncaknya pada akhir Januari, me...
Australia akan buka lagi ekonomi meski kasus COVID melonjak
Senin, 03 Januari 2022 - 15:15 WIB
Pemerintah Australia mengatakan dampak lebih ringan dari varian Omicron membuat negara itu dapat mel...
Satelit `kayu` pertama direncanakan diluncurkan di Jepang pada 2023
Minggu, 02 Januari 2022 - 09:11 WIB
Sebuah rencana sedang berjalan di Jepang untuk meluncurkan satelit `kayu` pertama di dunia pada tahu...
Kim Jong Un sebut pangan rakyat dalam pidato, bukan nuklir
Sabtu, 01 Januari 2022 - 14:35 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menandai 10 tahun berkuasa dengan berpidato, yang lebih banyak meny...
Pemimpin Taiwan ingatkan China bahwa konflik militer bukan jawaban
Sabtu, 01 Januari 2022 - 12:55 WIB
Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen menandai tahun baru 2022 dengan sebuah pesan untuk China bahwa konflik ...
Peluncuran luar angkasa Iran gagal taruh muatan ke orbit
Sabtu, 01 Januari 2022 - 10:31 WIB
Peluncuran ruang angkasa Iran pada hari Kamis (30/12) waktu setempat dilaporkan gagal untuk menempat...
InfodariAnda (IdA)