Indonesia sabet dua emas pada hari pertama Kejuaraan Karate Asia 2021
Elshinta
Minggu, 19 Desember 2021 - 07:31 WIB |
Indonesia sabet dua emas pada hari pertama Kejuaraan Karate Asia 2021
Muhammad Akio Zaiko (kiri) berfoto bersama Head Of Delegation PB Forki untuk Kejuaraan AKF Cadet, Junior, U21 dan Senior Kazakhstan 2021 Darly Siregar usai meraih medali emas pada nomor Cadet Kata Putra untuk event Asian Cadet, Junior & U21 Karate Championship 2021 di Almaty, Kazakhstan, Sabtu (18/12/12) waktu setempat. (ANTARA/HO-PB Forki)

Elshinta.com - Indonesia mengantongi dua medali emas melalui Muhammad Akio Zaiko dan Hazel Ramadhan pada hari pertama Kejuaraan Karate Asia 2021 di Almaty, Kazakhstan, Sabtu waktu setempat.

Akio Zaiko menyumbang emas untuk Merah Putih setelah menjadi yang terbaik pada nomor Cadet Kata Putra untuk event Asian Cadet, Junior & U21 Karate Championship 2021. Dia mengalahkan Omar Saleh (Kwait) yang pulang dengan perak dan Ali Hajizadeh (Irak) dan Tsang Pak Yin (Hong Kong) yang meraih perunggu bersama.

Sementara Hazel Ramadhan menjuarai kategori Junior Kata Putra dengan mengalahkan Amir Hassan Moenaddini (Irak) di posisi kedua dan Ho Him Kwok (Hong Kong) dan Hasan Kamal (Kwait) yang sama-sama pulang dengan perunggu.

Selain dua emas, Indonesia juga satu perak dan perunggu pada hari pertama masing-masing melalui Almahyra Tiara Sandi dan Nadlima Layla.

Almahyra Tiara Sandi membawa pulang perak pada kelas Cadet Kumite +54kg putri. Dia kalah dari Yara Naser (Yordania) yang meraih medali emas. Sementara pada nomor ini perunggu diraih Elnura Ibraimova dari Kyrgyzstan.

Adapun Nadlima Layla meraih perunggu pada nomor Cadet Kata Putri. Dia berada di posisi ketiga bersama wakil Hong Kong Ngai Yi Lee. Pada nomor ini, emas diraih atlet asal Irak Sajedeh Jahanshahi dan perak oleh Sofia Klyuchik dari Kazakhstan.

Asian Cadet, Junior & U21 Karate Championship 2021 merupakan bagian dari ajang yang diselenggarakan Federasi Karate-Do Asia (AKF). Selain itu juga bergulir Senior Asian Karate Championship edisi ke-17.

Head Of Delegation PB Forki untuk Kejuaraan AKF Cadet, Junior, U21 dan Senior Kazakhstan 2021 Darly Siregar mengatakan secara keseluruhan kontingen Indonesia berisikan 49 orang dan 38 di antaranya adalah atlet yang terdiri dari 28 untuk senior dan 10 karateka junior.

"Keberhasilan pada hari pertama ini, tak lepas adanya kepengurusan yang solid, baik itu atlet, pelatih, wasit juri, manajer, dan lainnya. Kekuatan semua pihak punya peran penting. Sebelum atlet bertanding saya selaku ketua kontingen membakar semangat mereka," kata Darly Siregar kepada ANTARA via telepon, Minggu dini hari WIB.

Dia juga menyebut atlet yang tampil merupakan putra dan putri terbaik Indonesia. Meski bendera Merah Putih tak berkibar mengingat sanksi yang diberikan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) kepada Indonesia, lanjut Darly, semangat atlet tidak luntur.

"Pada awalnya dampak dari bendera tidak berkibar memang berpengaruh, tetapi kami ganti dengan Garuda yang juga lambang negara kita. Lagu Indonesia juga tetap berkumandang, meski awalnya panitia melarangnya," ujar Darly.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Luar Negeri PB Forki itu optimistis pundi-pundi medali Indonesia bertambah mengingat pertandingan masih akan berlangsung hingga Rabu (22/12). Dia juga meminta dukungan dan doa masyarakat Indonesia agar skuad Merah Putih bisa meraih hasil terbaik di Kazakhstan.

"Dibalik dinginnya cuaca Kazakhstan, tidak mendinginkan semangat kami untuk karate Merah Putih. Semoga medali Indonesia terus bertambah karena pertandingan masih berlangsung dalam beberapa hari ke depan," pungkas Darly.
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Christo/Aldila ungkap rahasia tetap kompak hasilkan emas
Sabtu, 21 Mei 2022 - 09:27 WIB
Pasangan tenis ganda campuran Christopher Rungkat dan Aldila Sutjiadi mengungkapkan rahasia keduanya...
Klasemen SEA Games 2021: Indonesia salip Singapura ke peringkat tiga
Sabtu, 21 Mei 2022 - 09:01 WIB
Indonesia menyalip Singapura demi naik ke peringkat tiga tabel perolehan medali SEA Games 2021 Vietn...
Anwar Tarra bangga masih bisa sumbang emas di SEA Games
Sabtu, 21 Mei 2022 - 08:15 WIB
Pedayung asal Sulawesi Selatan (Sulsel) Anwar Tarra mengaku bangga dan bersyukur masih bisa mempers...
Tim bola voli putra melangkah ke final usai kalahkan Kamboja
Jumat, 20 Mei 2022 - 21:01 WIB
Tim bola voli putra Indonesia melangkah ke final SEA Games Hanoi, Vietnam usai mengalahkan Kamboja 3...
Emas Odekta untuk menebus dosa
Jumat, 20 Mei 2022 - 09:23 WIB
Selama berlari di seputar Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, dengan kondisi cuaca yang sejuk ...
Jadwal SEA Games: giliran Eko Yuli Irawan yang berburu emas hari ini
Jumat, 20 Mei 2022 - 08:59 WIB
Lifter senior Eko Yuli Irawan akan melanjutkan perjuangan tim angkat besi Indonesia dalam perburuan ...
Rezza latihan lesatkan 1.000 anak panah sehari
Jumat, 20 Mei 2022 - 08:47 WIB
Atlet debutan panahan Rezza Octavia mengungkapkan salah satu kunci kesuksesannya meraih emas adalah ...
Iksan Apriyadi raih emas pertama judo SEA Games Vietnam
Jumat, 20 Mei 2022 - 08:23 WIB
Pejudo andalan Indonesia Iksan Apriyadi meraih medali emas pertama cabang olahraga judo pada SEA Gam...
Windy Cantika belum mampu pertahankan emas SEA Games
Kamis, 19 Mei 2022 - 20:05 WIB
Lifter putri Indonesia Windy Cantika Aisah belum mampu mempertahankan medali emas kelas 49kg yang di...
Puluhan suporter berikan dukungan pada timnas Indonesia di Nam Dinh
Kamis, 19 Mei 2022 - 18:59 WIB
Puluhan suporter tim nasional sepak bola Indonesia memberikan dukungan pada semifinal SEA Games 2021...
InfodariAnda (IdA)