waisak kiri waisak kanan
Fakta terbaru penyebaran virus corona di seluruh dunia
Elshinta
Rabu, 22 Desember 2021 - 23:47 WIB |
Fakta terbaru penyebaran virus corona di seluruh dunia
Presiden Amerika Serikat Joe Biden terbatuk saat ia berbicara, tentang perjuangan negara melawan penyakit virus corona (COVID-19), di Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat, Selasa (21/12/2021). REUTERS/Kevin Lamarque/foc/cfo

Elshinta.com - Israel akan menawarkan suntikan penguat kedua anti COVID-19 ketika Omicron yang menyebar cepat memaksa negara-negara di seluruh dunia untuk memberlakukan pembatasan baru beberapa hari sebelum Natal.

Namun, sebuah penelitian di Afrika Selatan menawarkan secercah harapan tentang tingkat bahaya varian baru tersebut.

Eropa
* Inggris mulai Rabu mengurangi periode isolasi diri COVID-19 menjadi tujuh hari --dari 10 hari-- untuk orang-orang di Inggris yang mendapatkan hasil negatif pada tes cepat dua hari berturut-turut.

* Finlandia akan membatasi jam buka restoran untuk mengekang peningkatan infeksi dan penyebaran varian baru Omicron, kata pemerintah.

* Polandia melaporkan 775 kematian terkait COVID pada Jumat, jumlah harian tertinggi dalam gelombang keempat pandemi.

* Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Eropa memperingatkan negara-negara untuk bersiap menghadapi "lonjakan signifikan" kasus COVID dan menyarankan penggunaan suntikan penguat atau booster secara luas untuk perlindungan.

Amerika
* Presiden AS Joe Biden mengumumkan bahwa pemerintah pusat menyediakan lebih banyak tempat vaksinasi dan pengujian untuk mengatasi lonjakan COVID-19 yang didorong oleh Omicron. Dia juga menuduh tokoh-tokoh televisi kabel dan perusahaan media sosial, yang tidak disebutkan namanya, menghasilkan uang dengan "menjajakan kebohongan" tentang vaksin. 

* Otoritas kesehatan AS sedang mempertimbangkan untuk mengurangi periode karantina yang direkomendasikan selama 10 hari pada warga Amerika yang dites positif.

* Departemen Kehakiman AS mengumumkan pihaknya tidak akan memaksa narapidana federal yang dipulangkan karena pandemi untuk kembali ke penjara setelah keadaan darurat dicabut.

* British Columbia akan menutup pusat kebugaran, bar, dan kelab malam sambil mengizinkan lebih sedikit orang makan di restoran dan kafe selama periode liburan Natal.

Asia Pasifik
* Filipina telah mengurangi separuh menjadi tiga bulan waktu tunggu untuk pemberian dosis booster vaksin COVID-19 dalam perjuangannya mengendalikan varian Omicron yang lebih menular, yang telah memaksa pengetatan pembatasan secara global.

* Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengesampingkan penguncian saat liburan Natal, seraya mengatakan rumah sakit mengatasi dengan baik angka tertinggi lonjakan kasus yang dipicu oleh Omicron.

* COVID-19 membuat jadwal sepak bola Australia menjadi kacau karena enam pertandingan dari Liga A dan Piala FFA ditunda pada Rabu.

* Jepang telah menemukan kasus pertama yang diduga sebagai infeksi penyebaran komunitas varian Omicron, kata gubernur Prefektur Osaka.

Timur Tengah dan Afrika
* Vaksin yang dikembangkan di dalam negeri Turki, Turkovac, telah menerima izin penggunaan darurat yang diberikan oleh badan-badan berwenang Turki dan akan digunakan mulai akhir pekan depan.

* Israel akan menawarkan dosis keempat vaksin COVID-19 kepada orang-orang yang berusia lebih dari 60 tahun atau dengan sistem kekebalan yang lemah, serta kepada petugas kesehatan.

Perkembangan medis
* AstraZeneca mengatakan sedang bekerja dengan Universitas Oxford untuk memproduksi vaksin untuk memerangi Omicron, seraya bergabung dengan perusahaan pembuat vaksin lain yang ingin mengembangkan vaksin varian khusus.

* Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan AS akan mengizinkan pil pengobatan COVID-19 dari Pfizer dan Merck paling cepat Rabu, Bloomberg News melaporkan.

Dampak ekonomi
* Ekuitas Eropa sedikit lebih tinggi pada Rabu. Pasar optimistis bahwa varian Omicron hanya akan memiliki dampak ekonomi yang terbatas, bahkan ketika kasus global melonjak dan lebih banyak negara mengumumkan pembatasan.

* Ekonomi Inggris tumbuh lebih lambat dari yang diperkirakan sebelumnya pada periode Juli-September, sebelum varian Omicron menjadi ancaman lebih lanjut bagi pemulihan di akhir tahun, data resmi menunjukkan.

* Kebijakan ketat COVID-19 China sedang membebani konsumsi dan mengguncang perusahaan asing. Namun, efektivitas kebijakan itu, dan keharusan untuk menjaga stabilitas menuju tahun yang mudah berubah, mengandung makna bahwa Beijing akan tetap berpegang pada pendekatannya, kata para ahli.

Sumber: Reuters

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Saham Asia mencoba bangkit, saat data China diperkirakan memburuk
Senin, 16 Mei 2022 - 09:45 WIB
Pasar saham Asia mencoba reli pada perdagangan Senin pagi, setelah Wall Street berhasil bangkit dari...
Jokowi singgah di Abu Dhabi sampaikan dukacita wafatnya Sheikh Khalifa
Senin, 16 Mei 2022 - 08:31 WIB
Presiden RI Joko Widodo singgah di Abu Dhabi dalam perjalanannya kembali ke Tanah Air dari Amerika S...
Rudal hantam infrastruktur militer di wilayah Lviv Ukraina
Minggu, 15 Mei 2022 - 20:13 WIB
Serangan rudal menghantam beberapa infrastruktur militer di wilayah barat Ukraina, Lviv, pada Minggu...
Yunani nyatakan siap terima Finlandia, Swedia di NATO
Minggu, 15 Mei 2022 - 13:49 WIB
Yunani mendukung penuh rencana Swedia dan Finlandia untuk bergabung menjadi anggota Pakta Pertahanan...
Elon Musk jawab undangan Presiden Jokowi datang ke RI pada November
Minggu, 15 Mei 2022 - 09:31 WIB
Pendiri Space X dan juga CEO Tesla, Elon Musk, menjawab undangan Presiden Joko Widodo untuk datang k...
Pelek HSR Forged dilirik desainer otomotif Amerika Serikat
Minggu, 15 Mei 2022 - 07:31 WIB
Produsen pelek HSR Wheel menyampaikan bahwa salah satu tipe pelek yakni HSR Forged telah dilirik ole...
Cafe Batavia hadir di Brussels, sajikan kuliner khas Indonesia
Sabtu, 14 Mei 2022 - 21:45 WIB
Caffe Batavia, restoran yang menyajikan kopi, teh, serta makanan khas asal Indonesia, resmi dibuka d...
Menlu RI dan G7 bahas isu ketahanan pangan akibat perang Ukraina
Sabtu, 14 Mei 2022 - 20:21 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi membahas isu ketahanan pangan akibat perang di Ukraina dalam pe...
Konsulat RI Tawau gelar promosi budaya dan pariwisata
Sabtu, 14 Mei 2022 - 19:45 WIB
Konsulat Republik Indonesia di Tawau, Malaysia menyelenggarakan kegiatan promosi budaya, pariwisata...
Ratusan ribu pengungsi Ukraina terdaftar di Jerman
Sabtu, 14 Mei 2022 - 19:09 WIB
Sebanyak 700 ribu lebih pengungsi asal Ukraina tercatat di Jerman hingga kini, menurut laporan surat...
InfodariAnda (IdA)