Wamen BUMN apresiasi digitalisasi kios pupuk Indonesia 
Elshinta
Rabu, 29 Desember 2021 - 21:46 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Wamen BUMN apresiasi digitalisasi kios pupuk Indonesia 
Foto: Eko Sulestyono/Radio Elshinta

Elshinta.com  - PT Pupuk Indonesia (Persero) mulai memperkenalkan program digitalisasi penjualan untuk  kios bernama Retail Management System (RMS) di Bali, Rabu (29/12). 

Sistem ini dapat mempermudah dan mempercepat kios dalam memproses penjualan pupuk, baik retail, komersil maupun pupuk bersubsidi. 

Dalam kegiatan ini, Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury berkesempatan untuk melihat langsung penerapan RMS di kios UD Lisa di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Pahala mengapresiasi penerapan sistem digitalisasi RMS yang dilakukan oleh Pupuk Indonesia. 

"Karena penerapan Retail Management System (RMS) ini juga sangat membantu pemilik kios untuk bisa memonitor penjualan, siapa-siapa saja dari para petani yang menjadi pembeli," kata Pahala Mansury di Bali, Rabu (29/12), seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Eko Sulestyono.

Pahala meminta penerapan RMS untuk bisa dioptimalkan kembali bahkan dikerjasamakan dengan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian khususnya dalam pemanfaatan data RDKK dan data petani yang tertangkap oleh sistem digitalisasi miliki Pupuk Indonesia ini. 

"RMS (Retail Management System) ini memang digitalisasi, merupakan salah satu upaya dari Kementerian BUMN untuk melakukan perubahan daripada bisnis proses supaya bisa lebih efektif dan efisien. Karena memang masa depan adalah teknologi termasuk digital,” tambahnya. 

“Bisa kita lihat tadi transaksi tinggal melakukan scanning dari KTP-nya saja dan alokasi data sudah tersedia di RMS, dan RMS ini bisa melakukan transaksi pupuk subsidi maupun non subsidi, dan juga untuk keperluan lainnya," sambungnya.

Pada kesempatan yang sama Wakil Direktur Utama (Wadirut) Pupuk Indonesia, Nugroho Christijanto mengatakan bahwa sistem digitalisasi RMS yang diterapkan Pupuk Indonesia ini digunakan oleh distributor dan kios pupuk untuk memproses penjualan pupuk retail, komersil, maupun pupuk subsidi atau PSO. 

"Jadi RMS (Retail Management System) ini merupakan aplikasi digital yang digunakan oleh kios pupuk untuk memproses penjualan pupuk retail, komersial, maupun pupuk PSO. Aplikasi ini juga memiliki fitur point of sales dan terintegrasi dengan sistem internal dan eksternal perusahaan," kata Nugroho. 

Sampai dengan Desember 2021, RMS telah diujicobakan ke 158 kios yang tersebar di sembilan kabupaten di Provinsi Bali. Sementara sisanya tersebar di beberapa pulau, seperti di Jawa Timur 57 Kios, Jawa Barat 30 Kios, Jawa Tengah 15 Kios, NTB, Bontang dan Riau yang sudah menggunakan sistem ini. 

Nugroho mengatakan bahwa setidaknya ada delapan fitur utama RMS yang sudah diimplementasikan pada Juli 2021. Pertama, digitalisasi perbaikan tata kelola dan penyederhanaan proses penebusan pupuk bersubsidi. Kedua, mampu telusuri penyaluran pupuk subsidi di tingkat kios yang berdasarkan nomor induk kependudukan (NIK) para petani dan Geo-Tagging. Ketiga, sistem pembayaran yang terintegrasi dengan kartu tani dan metode pembayaran elektronik lainnya. 

Keempat, menyediakan laporan penebusan dan penagihan secara digital. Kelima, kemudahan administrasi kios dalam melakukan pencatatan transaksi, pelaporan keuangan, pengelolaan stok, dan manajemen pegawai.

Keenam, terdapat mode offline yang bertujuan agar tetap bisa berfungsi pada remote area dengan kualitas sinyal yang kurang baik. Ketujuh, sistem point of sales penjualan produk non subsidi atau produk-produk lain yang ada di kios. Kedelapan, mempermudah kontrol stok produk dan barang secara realtime. 

Lebih lanjut Nugroho mengatakan bahwa, RMS yang sudah digunakan oleh para kios akan terhubung dengan sistem Distribution Planning & Control System (DPCS). Menurut Nugroho sistem ini mampu monitoring ketersediaan stok pupuk subsidi secara nasional dari lini I sampai dengan lini IV atau dari pabrik hingga tangan konsumen. 

"Program ini merupakan sistem terintegrasi untuk melakukan kontrol rantai pasok distribusi pupuk bersubsidi, di mana Perseroan dapat memastikan kegiatan distribusi dan stok pupuk nasional secara real time," kata Nugroho.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Nikuba konverter air jadi BBM sepeda motor
Jumat, 20 Mei 2022 - 06:15 WIB
Aryanto Misel warga Desa Lemahabang Wetan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat menciptakan alat bernama `...
Siapkan SDM digital unggul dan berdaya saing, Kominfo sediakan pelatihan dan beasiswa
Kamis, 19 Mei 2022 - 18:12 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan program pengembangan SDM bidang digital baik melal...
Jelaskan DEWG G20, Menkominfo: Bahas peluang dan tantangan digitalisasi
Kamis, 19 Mei 2022 - 17:46 WIB
Tahun ini, Indonesia memegang tampuk Keketuaan atau Presidensi G20. Menteri Komunikasi dan Informati...
Sudah 73 ribu pendaftar, Menteri Johnny: Program DTS-DLA 2022 cakup seluruh Indonesia
Rabu, 18 Mei 2022 - 14:56 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan program Digital Talent Scholarship (DT...
 Atasi kesenjangan digital, Menkominfo dorong lanjutkan pembahasan konektivitas digital
Selasa, 17 Mei 2022 - 18:56 WIB
 Sidang Kedua Digital Economy Working Group (DEWG) G20 akan melanjutkan pembahasan dari pertemuan s...
Mengenal teknologi mitigasi bencana karya Indonesia
Selasa, 17 Mei 2022 - 13:34 WIB
Indonesia yang merupakan negara rawan bencana sejatinya terus memperkuat diri untuk mampu mengurangi...
LG Chem kembangkan produk baru cegah kebakaran pada baterai EV
Selasa, 17 Mei 2022 - 12:38 WIB
Perusahaan teknologi ternama asal Korea Selatan, LG Chem dikabarkan akan segera mengembangkan `produ...
Mengenal teknologi mitigasi bencana karya Indonesia
Selasa, 17 Mei 2022 - 11:58 WIB
Indonesia yang merupakan negara rawan bencana sejatinya terus memperkuat diri untuk mampu mengurangi...
Tips membuat kata sandi yang kuat
Jumat, 06 Mei 2022 - 17:35 WIB
Hari Kamis pertama setiap Mei diperingati sebagai Hari Kata Sandi Sedunia, World Password Day.
Samsung perkenalkan microSD yang mampu rekam video 16 tahun nonstop
Jumat, 06 Mei 2022 - 17:23 WIB
Samsung meluncurkan seri kartu microSD baru yang disebut Pro Endurance, dioptimalkan untuk video dal...
InfodariAnda (IdA)