BPBD: 150 rumah terdampak banjir di Jember
Elshinta
Senin, 10 Januari 2022 - 06:01 WIB |
BPBD: 150 rumah terdampak banjir di Jember
Warga mengevakuasi sebuah mobil yang terseret derasnya banjir di Perumahan Bumi Mangli Permai di Kabupaten Jember, Minggu (9/1/2022). (ANTARA/HO-Medsos)

Elshinta.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember mencatat sebanyak 150 rumah warga dan tiga fasilitas umum terdampak bencana banjir di Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada Minggu sore karena hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda di wilayah setempat.

"Ada tiga kecamatan yang terdampak bencana banjir, yakni Kecamatan Panti, Kaliwates dan Rambipuji," kata Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo di Jember, Minggu malam.

Pada Minggu pukul 13.00 WIB terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat selama lebih dari tiga jam di Kabupaten Jember, yang mengakibatkan sungai tidak mampu menampung debit air dan meluap ke permukiman warga setinggi 100-130 cm.

"Kami melakukan assesment, mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir lebih dari 1 meter, mendistribusikan bantuan, mendirikan dapur umum mandiri serta membersihkan perabotan yang terkena lumpur," katanya.

Dari beberapa lokasi banjir, yang terparah Perumahan Bumi Mangli Permai yang ketinggian airnya lebih dari 1 meter, bahkan satu mobil terseret banjir di wilayah setempat.

Tidak hanya kawasan perumahan yang tergenang banjir, namun jalur utama menuju Kota Jember di Jalan Hayam Wuruk juga tergenang banjir hingga hampir satu meter, sehingga kendaraan di jalur itu dan sebaliknya macet yang cukup panjang.

Tidak sedikiti kendaraan yang mogok akibat banjir tersebut. Terlihat sejumlah petugas bahu membahu membantu warga yang terjebak kemacetan serta mengatur lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan untuk mencari jalur alternatif.

"Kami melakukan penutupan di Simpang 4 Mangli, terutama yang menuju kota, bahkan kendaraan dialihkan melalui jalur alternatif karena di sepanjang jalan tertutup banjir setinggi lutut orang dewasa," kata Kasi Humas Polres Jember Iptu Brisan.

Tidak hanya jalan raya yang digenangi banjir dan menyebabkan kemacetan, sejumlah rumah di Kelurahan Sempusari juga sebagian terendam banjir, terutama perkampungan yang ada di belakang Kantor Otoritas Jasa Keuangan.

Bupati Jember Hendy Siswanto langsung turun ke lokasi banjir untuk mengecek dampak dari banjir yang pada Minggu malam sudah mulai surut, khususnya di Perumahan Bumi Mangli Permai.

"Sejak siang sudah melakukan monitor terhadap BPBD Jember, sehingga begitu mendengar adanya banjir, langsung siaga dan menuju lokasi," tutur bupati.

Selain memeriksa kondisi beberapa titik sungai dan pintu air, Hendy juga memerintahkan BPBD dan seluruh pemangku kepentingan terkait untuk menangani dampak banjir dengan cepat.

"Kami akan segera melakukan upaya mitigasi terkait penanganan wilayah-wilayah yang rawan terjadi banjir, namun yang terpenting jangan sampai ada korban," katanya.



Hendy juga meminta warga untuk tetap tenang dan menyiapkan langkah-langkah antisipasi saat banjir terjadi di lingkungan tempat tinggal karena cuaca ekstrem masih akan berlangsung beberapa hari ke depan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
BMKG prediksi banjir rob di sebagian Jawa berlangsung hingga 25 Mei
Selasa, 24 Mei 2022 - 12:47 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi pasang surut, kondisi banjir pesisi...
Mengapa Kaltara kian rawan banjir?
Selasa, 24 Mei 2022 - 12:25 WIB
Banjir di Kalimantan Utara hakikatnya bukan perkara baru. Pasalnya kawasan pemukiman sejak ratusan ...
Banjir rob 2 meter lebih landa pesisir Kota Semarang
Selasa, 24 Mei 2022 - 00:07 WIB
Peristiwa banjir rob atau air pasang yang melimpas ke daratan dengan ketinggian 2 meter lebih meland...
BPBD: Banjir rob berdampak ke semua kecamatan di Banjarmasin
Senin, 23 Mei 2022 - 15:25 WIB
Banjir rob berdampak ke semua wilayah kecamatan di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, me...
BPBD Agam belum terima laporan soal kerusakan bangunan akibat gempa
Senin, 23 Mei 2022 - 13:24 WIB
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam di Provinsi Sumatera Barat sampai saat ini...
Wiku: Achmad Yurianto tokoh yang tenang dalam penanganan COVID-19
Minggu, 22 Mei 2022 - 17:14 WIB
Juru Bicara Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menyatakan mantan Juru Bicara Penanganan COVID-19, ...
Semua korban longsor Cijeruk Bogor sudah ditemukan
Minggu, 22 Mei 2022 - 16:04 WIB
Tim SAR gabungan berhasil menemukan Eneng (30) korban longsor di Kampung Pasir Pogor, Desa Cipelang,...
Tim SAR gabungan masih cari satu korban longsor di Cijeruk Bogor
Minggu, 22 Mei 2022 - 14:48 WIB
Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian satu korban tertimbun longsoran di Kampung Pasir Pogor, D...
Tanah longsor menyebabkan kerusakan rumah warga di Soho, Banggai
Sabtu, 21 Mei 2022 - 13:55 WIB
Tanah longsor menyebabkan kerusakan rumah warga di Kelurahan Soho, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Bangga...
Satu tewas, 40 luka-luka saat tornado menghantam Jerman
Sabtu, 21 Mei 2022 - 10:03 WIB
Badai hebat yang menerjang Jerman pada Jumat (20/5) menewaskan sedikitnya satu orang dan menyebabkan...
InfodariAnda (IdA)