Mengenal Software Akuntansi: Pengertian, Manfaatnya dan Tips Memilihnya
Elshinta
Selasa, 18 Januari 2022 - 14:28 WIB | Penulis : | Editor : Administrator
Mengenal Software Akuntansi: Pengertian, Manfaatnya dan Tips Memilihnya
ill-jurnal.id

Elshinta.com - Keberadaan software akuntansi terbukti menjadi solusi bagi perusahaan dalam melakukan pengelolaan atau manajemen keuangan dengan baik. Ya, proses akuntansi perusahaan dapat dikerjakan dengan mudah, cepat dan akurat dengan mengandalkan software canggih.

Seperti diketahui, setiap perusahaan/bisnis pasti menginginkan pengelolaan keuangan dengan baik. Segala proses akuntansi harus tercatat dengan baik dan akurat agar terhindar dari kerugian dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Namun, masih banyak perusahaan/pebisnis di Indonesia yang menggunakan cara manual dalam melakukan proses akuntansi. Padahal, di era teknologi saat ini, cara yang lebih banyak mengandalkan tenaga manusia itu tidak disarankan lagi karena memiliki sejumlah kelemahan yang dapat merugikan perusahaan. Di antaranya human error, proses tidak cepat, beberapa pencatatan keuangan berpeluang tidak akurat dan lainnya.

Jadi, jika Anda masih menganggap proses akuntansi yang dikerjakan secara manual adalah cara terbaik, mulai sekarang kuburlah pemikiran semacam itu. Segeralah bermigrasi ke software akuntansi yang dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan.

Nah, di bawah ini kami hendak membagikan rekomendasi software terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan. Namun sebelumnya, kami akan menjelaskan pengertian dan manfaat dari software tersebut, berikut tips memilih yang terbaik. Yuk simak dengan saksama!

Pengertian Software Akuntansi

Software akuntansi adalah program yang secara khusus dirancang sebagai untuk kegiatan pencatatan transaksi bisnis. Biasanya digunakan para akuntan di perusahaan untuk membantu pengelolaan semua data transaksi.

Adapun bentuk data yang biasa didokumentasikan di dalamnya, antara lain data penjualan, pembayaran gaji, pembelian, laporan dan data penting lain yang berhubungan dengan pelaporan semua transaksi keuangan perusahaan.

Keberadaannya, tentu saja, memudahkan sekaligus meringankan pekerjaan akuntan di perusahaan. Tidak saja itu, software akuntansi juga mampu menyuguhkan data dan informasi yang akurat karena ‘dikendalikan’ oleh sistem pintar. Ini berbeda dengan pengelolaan akuntansi manual yang masih memiliki peluang tinggi terjadinya human error.

Jadi, menggunakan alat bantu software di era serba canggih saat ini adalah keputusan yang bijak. Sebagai tips, sebaiknya gunakanlah yang paling mumpuni dan mampu menjawab kebutuhan perusahaan/bisnis Anda.

Manfaat Software Akuntansi

Secara garis besar, ada empat manfaat penggunaannya bagi perusahaan/bisnis. Di antaranya sebagai berikut:

1.Produktivitas Meningkat

Akuntan perusahaan tidak akan lagi kesusahan dalam menjalankan kegiatan pengelolaan keuangan. Kegiatan yang ‘rumit’ itu pun dapat dilakukan dengan cepat sehingga meningkatkan produktivitas bagi perusahaan.

Ya, dengan menggunakan software untuk urusan akuntansi ini, para akuntan tidak perlu lagi mengandalkan tumpukan buku untuk pengelolaan keuangan. Cukup buka perangkat PC atau perangkat mobile dan melakukan beberapa ‘klik’, data keuangan akan tercatat dengan baik.

2.Meminimalisir Pengeluaran Perusahaan

Apa kaitannya software akuntansi dengan meminimalisir pengeluaran perusahaan? Ketahuilah, perusahaan yang masih mengandalkan cara manual dalam melakukan pengelolaan keuangan biasanya membutuhkan cukup banyak akuntan. Perusahaan, tentunya, harus menggaji mereka setiap bulannya.

Dengan begitu, perusahaan bisa meminimalisir jumlah akuntan. Cukup mempekerjakan satu atau dua akuntan sudah cukup untuk mengurus semua hal terkait keuangan perusahaan. Inilah alasan software akuntansi dapat dikatakan sebagai ‘sistem pintar’.

3.Meminimalisir Kesalahan

Setiap perusahaan/bisnis, sudah pasti, ingin menghindari berbagai kesalahan, terutama dalam hal pengelolaan keuangan. Ya, kesalahan pengelolaan keuangan memang bisa berakibat fatal, bahkan bisa mengakibatkan perusahaan/bisnis merugi.

Mengingat software akuntansi merupakan sistem pintar maka berbagai kesalahan pengelolaan keuangan dapat dihindari atau diminimalisir. Tidak perlu lagi khawatir dengan hitung-hitungan yang salah karena sistem pintar dalam software akan ‘bekerja’ dengan akurat.

4.Data Dijamin Aman

Keamanan data perusahaan merupakan hal yang wajib untuk dijaga. Kebocoran beberapa data perusahaan terutama dalam hal keuangan sedikit banyak tentu akan merugikan perusahaan itu sendiri.

Nah, dengan menggunakan software akuntansi, keamanan data perusahaan akan terjamin. Semua data keuangan, data penjualan, riwayat transaksi hingga data karyawan bisa Anda kelola dan jaga kerahasiaannya dengan baik. Data-data tersebut tidak akan tersebar ke publik yang tidak memiliki kepentingan dengan perusahaan/bisnis Anda.

Tips Memilih Software Akuntansi Terbaik

Ada lima hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih yang terbaik. Berikut kami jelaskan selengkapnya:

1.Sesuaikan dengan Kebutuhan Perusahaan

Pertama, Anda harus menyesuaikan software akuntansi dengan kebutuhan perusahaan/bisnis Anda. Jika perusahaan Anda berskala besar maka software akuntansi harus memiliki fitur yang kompleks. Seperti, fitur untuk pembuatan faktur berulang, pajak otomatis, pelacakan penjualan produk, pengelolaan aset, pemantaun saldo pelanggan, penghitungan laporan keuangan yang lengkap hingga berbasis penyimpanan cloud.

Tentunya, dengan ragam fitur yang kompleks, proses akuntansi perusahaan dapat dikerjakan dengan mudah dan cepat. Hal ini dikarenakan segala aktivitas pengelolaan keuangan dapat terfasilitasi dengan baik oleh sistem pintar itu.

2.Pilih yang User Friendly

Percuma perusahaan berlangganan software akuntansi tetapi akuntan di dalamnya merasa kesulitan mengoperasikannya karena memang tidak user friendly. Ya, tampilan yang user friendly, sederhana dan efisien memang menjadi salah satu hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih software untuk membantu pengelolaan akuntansi.

Tampilan yang user friendly dapat memudahkan akuntan atau pihak lainnya dalam mengoperasikan software tersebut. Tidak saja itu, perusahaan juga bisa menghemat biaya pelatihan lho. Bukan begitu?

3.Pastikan Terintegrasi dengan Software Lainnya

Perusahaan memang harus memiliki sejumlah software atau aplikasi (selain software akuntansi) guna memudahkan segala aktivitas yang dijalankannya. Seperti, software pembukuan, aplikasi stok gudang, software HRIS, aplikasi payroll dan lain.

Nah, software akuntansi yang bagus adalah yang dapat diintegrasikan dengan software atau aplikasi lainnya. Integrasi software akan semakin memudahkan akuntan dalam melakukan pengelolaan keuangan dengan baik.

4.Pastikan Ada Customer Support

Tidak hanya memastikan terintegrasi dengan software lainnya, Anda juga perlu memastikan software akuntansi pilihan Anda memiliki customer support yang cepat tanggap. Hal ini sangat penting karena ada masanya sebuah software akan mengalami bug atau masalah.

Ya, meski software akuntansi tertentu digadang-gadang memiliki performa yang baik, tetap saja tidak akan terhindar dari masalah yang menghampirinya. Perlu diingat! Sebaiknya Anda memilih yang mempekerjakan customer support ramah dan mampu memberikan solusi terbaik dari suatu masalah yang Anda alami.

Rekomendasi Aplikasi Software Akuntansi Terbaik

Tiba saatnya Anda mengetahui sejumlah rekomendasi software akuntansi terbaik untuk perusahaan/bisnis segala sektor. Berikut di antaranya:

1.Jurnal by Mekari

Rekomendasi software akuntansi terbaik yang pertama adalah Jurnal by Mekari. Ya, software akuntansi adalah salah satu dari sejumlah software yang ditawarkan Jurnal untuk memudahkan pengelolaan keuangan perusahaan/bisnis di segala sektor.

Jurnal telah dikenal banyak perusahaan/pebisnis kecil, menengah maupun atas di Indonesia. Memang, semua software yang ditawarkannya, termasuk software di bidang akuntansi. Software ini dirancang dengan memperhatikan kebutuhan sebagian besar perusahaan/pebisnis di Indonesia. Ini-lah salah satu keunggulan software karya anak bangsa dibandingkan besutan luar negeri.

Selain itu, sedikitnya ada enam keunggulan yang akan Anda peroleh jika menggunakan Jurnal by Mekari, di antaranya: bisa diakses di perangkat yang berbeda karena berbasis cloud, cek laporan keuangan secara real-time kapan dan di mana saja, ada 11 jenis faktur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, cek jumlah inventory secara real-time kapan dan di mana saja, mudah dalam pencatatan bukti transaksi dan tersedia modul manajemen aset yang mumpuni.

Dijamin deh, urusan akuntansi bakal lebih mudah dengan software terbaik di Indonesia besutan Mekari ini. Bagi Anda yang belum menggunakan software akuntansi, yuk migrasi ke Jurnal by Mekari.

2.Hashmicro

Rekomendasi berikutnya adalah Hashmicro. Software ini dibuat di Singapura pada tahun 2006 silam. Seiring berjalannya waktu, Hashmicro mendapatkan sentuhan perkembangan yang kini lebih memudahkan akuntan dalam menjalankan pekerjaannya.

Hashmicro didukung dengan sejumlah modul terpisah, seperti modul accounting, HRM, inventor, CRM hingga manufacturing. Nah, modul-modul itu dapat diintegrasikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan/bisnis.

Satu hal yang dapat diunggulkan dari software Hashmicro, yakni tidak ada biaya tambahan untuk penambahan pengguna (user). Ini cukup menguntungkan, bukan?

3.SAP

Rekomendasi yang ketiga adalah SAP atau System Application and Processing. Sama seperti Epicor, SAP merupakan software bikinan luar negeri, tepatnya perusahaan di Jerman (dan berkantor pusat di sana). SAP memiliki fitur unggulan bernama SAP S/4 HANA Finance. Fitur apa itu?

Jelasnya, fitur SAP S/4 HANA Finance dapat membantu pengguna membuat laporan keuangan secara real-time, perencanaan keuangan (financial planner), manajemen utang dan piutang dan lainnya.

Mengingat fitur yang terdapat pada software akuntansi SAP sangat kompleks, sejatinya ini lebih direkomendasikan untuk perusahaan atau bisnis berskala besar yang aktivitas keuangannya sangat kompleks. Dengan kata lain, perusahaan atau bisnis yang masih berskala kecil kurang disarankan menggunakan software ini.

Itulah pembahasan tentang software akuntansi, mulai dari pengertian, manfaat, tips memilih dan rekomendasi aplikasi terbaik. Ingat! Proses akuntansi harus dilakukan dengan akurat, lebih-lebih cepat dan mudah. Solusinya adalah menggunakan software yang mumpuni seperti Jurnal by Mekari.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
NFA dorong penguatan harga gula di tingkat petani maupun konsumen
Minggu, 29 Mei 2022 - 00:11 WIB
Badan Pangan Nasional  atau National Food Agency (NFA) mendorong penguatan harga gula di tingkat pe...
Lemkapi: `Yellow Notice` anak Ridwan Kamil bentuk kehadiran negara
Sabtu, 28 Mei 2022 - 22:47 WIB
Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan mengataka...
Aceh jadi provinsi pertama jadikan Gesits kendaraan operasional Pemda
Sabtu, 28 Mei 2022 - 22:11 WIB
Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) M. Samyarto mengatakan Aceh menjadi provinsi perta...
Desa Cisayong ubah bekas lahan sampah jadi lapangan bola internasional
Sabtu, 28 Mei 2022 - 21:47 WIB
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mengembangkan eks lahan...
Belasan mobil hias meriahkan Surabaya Vaganza 2022
Sabtu, 28 Mei 2022 - 20:55 WIB
Belasan mobil hias meriahkan Pawai Bunga dan Budaya atau Surabaya Vaganza 2022 dalam rangka Hari Jad...
PHRI sambut baik pelonggaran penggunaan masker
Sabtu, 28 Mei 2022 - 19:57 WIB
Pelonggaran masker berdampak baik bagi peningkatan okupansi hotel dan restoran di Salatiga, Jawa Ten...
Apkasi diyakini bisa tingkatkan kerja sama antara daerah
Sabtu, 28 Mei 2022 - 19:46 WIB
Plt Bupati Langkat Syah Afandin menghadiri rapat kerja daerah (Rakerda) Asosiasi Pemerintah Kabupate...
Elpi: Eril sempat teriak `help` sebelum hanyut terseret arus di Swiss
Sabtu, 28 Mei 2022 - 19:34 WIB
Pihak keluarga besar Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil yang diwakili oleh Elpi Nazmuzaman (adik kan...
Keluarga kabarkan kondisi Ridwan Kamil di Swiss baik
Sabtu, 28 Mei 2022 - 18:37 WIB
Pihak keluarga besar Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil yang diwakili adik kandung Elpi Nazmuzaman ...
Toni Kroos nilai laga Real Madrid lawan Liverpool miliki peluang sama
Sabtu, 28 Mei 2022 - 18:24 WIB
Gelandang Real Madrid Toni Kroos mengatakan baik timnya atau Liverpool memiliki peluang yang sama un...
InfodariAnda (IdA)