Pertama di Indonesia, GoFood gunakan robot layanan pesan antar makanan
Elshinta
Rabu, 19 Januari 2022 - 14:00 WIB |
Pertama di Indonesia, GoFood gunakan robot layanan pesan antar makanan
Pertama di Indonesia, GoFood pakai robot di layanan pesan antar makanan (ANTARA/HO)

Elshinta.com - GoFood menjadi pelopor teknologi otomasi di layanan pesan-antar makanan Indonesia dengan memperkenalkan penggunaan robot di dalam ekosistemnya.

Robot itu dioperasikan untuk semakin mempermudah proses layanan pada fitur "Order Sekaligus", sebagai salah satu fitur GoFood yang memungkinkan pelanggan memesan makanan/minuman dari banyak resto sekaligus di satu lokasi, melalui satu pengiriman.

Pengadopsian teknologi ini telah masuk ke dalam fase uji coba guna memastikan efisiensi operasional dan kenyamanan bagi mitra driver.

"GoFood membawa layanan pesan-antar makanan di Indonesia menuju ke level berikutnya melalui penggunaan teknologi otomasi, yaitu robot. Inovasi selalu menjadi denyut nadi kami di Gojek," kata Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo, Rabu.

"Secara konsisten, kami terus mencari cara dengan memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan layanan dan solusi. Pemanfaatan teknologi robot ini akan berperan penting dalam menganalisa bagaimana sistem otomasi dapat membuat operasional GoFood lebih efisien dan seamless, termasuk mempermudah mitra driver karena dapat mengambil pesanan secara terpusat ketika menerima pesanan pelanggan yang memilih fitur Order Sekaligus," kata Catherine.

Saat ini, robot GoFood dioperasikan di area Food Temptation Mall Kelapa Gading, Jakarta, untuk bertugas mengkonsolidasi pesanan pelanggan yang memilih fitur GoFood Order Sekaligus. Robot akan mengambil pesanan dari beberapa resto/mitra UMKM sesuai pesanan pelanggan, untuk selanjutnya menyerahkan pesanan ke konter kasir sebagai titik pengumpulan untuk kemudian diambil oleh mitra driver untuk pengantaran.

Fitur Order Sekaligus sudah bisa dimanfaatkan di 41 lokasi di tujuh kota besar, termasuk Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. Ekspansi lokasi untuk Order Sekaligus meningkat delapan kali lipat sejak diperkenalkan pada September 2020.

Pengadopsian teknologi robot ini merupakan kerja sama dengan Pudu Robotics melalui PT Pudu Robot Indonesia yang uji cobanya dilakukan di area Food Temptation Mall Kelapa Gading (MKG), Jakarta hingga pertengahan Maret 2022 nanti.

Calvin Lukmantara, Presiden Direktur PT Pudu Robot Indonesia, menyampaikan antusiasmenya dalam mendukung GoFood, “Sebagai perusahaan yang sama-sama percaya akan manfaat teknologi untuk membuat hidup lebih mudah, tentu kami sangat menantikan bagaimana produk Pudu Robotics dapat mendukung Gojek dan GoFood untuk terus jadi yang terdepan dan menjadi andalan pelanggan."

"Adapun robot yang digunakan GoFood adalah tipe Bellabot yang merupakan salah satu produk unggulan kami dengan sejumlah kelebihan, mulai dari sensor 3D dan kerangka modular sehingga aman apabila terhalang objek, pengoperasian robot dengan multi cara seperti deteksi suara dan interaksi sentuhan, serta navigasi yang akurat dari titik satu ke titik lainnya, sesuai dengan area robot beroperasi. Kami tidak sabar melihat apa yang dapat GoFood capai melalui penggunaan BellaBot (tipe robot GoFood), di salah satu fiturnya," kata dia.

Inovasi teknologi otomasi berupa robot ini kian menggaris bawahi kepemimpinan GoFood di industri layanan pesan-antar makanan di Indonesia.

“Kami menyadari bahwa seluruh proses menjadi hal penting dalam memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan, mitra UMKM, serta mitra driver. Robot ini diharapkan dapat terus mendukung operasional menjadi lebih sederhana sehingga dapat bermanfaat bagi seluruh mitra yang melayani pesanan pelanggan,” tutup Catherine.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
DIOR Beauty gaet Jisoo BLACKPINK di kampanye WhatsApp pertama
Rabu, 18 Mei 2022 - 09:11 WIB
Merk mewah dari Prancis, DIOR Beauty, telah meluncurkan kampanye pertama dalam sejarah industri deng...
Netflix akan hadirkan fitur siaran langsung
Selasa, 17 Mei 2022 - 10:47 WIB
Netflix mengonfirmasi bahwa pihaknya saat ini sedang mempersiapkan fitur live streaming atau siara...
Tips pertahankan keuangan usaha fesyen usai lonjakan omzet Ramadan
Senin, 16 Mei 2022 - 08:15 WIB
Pelaku usaha yang telah sukses mendorong pertumbuhan bisnisnya selama Ramadan hingga Idul Fitri 1443...
Psikolog ungkap alasan remaja semakin suka idola K-pop saat pandemi
Sabtu, 14 Mei 2022 - 15:55 WIB
Psikolog klinis Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Nanda Rossalia, M.Psi mengungkapkan salah sat...
Elon Musk berencana buka blokir Trump di Twitter
Rabu, 11 Mei 2022 - 10:32 WIB
Elon Musk, yang baru saja membeli Twitter, menyatakan akan membuka blokir terhadap akun milik mantan...
Twitter uji fitur `Circle`
Rabu, 04 Mei 2022 - 21:47 WIB
Twitter dikabarkan telah mengetes fitur bernama `Circle` yang memungkinkan penggunanya mencuit hanya...
Google bawa nostalgia HP jadul lewat emoji hitam putih
Selasa, 03 Mei 2022 - 18:11 WIB
Google baru merilis set emoji baru mengajak para pengguna gawai bernostalgia dengan suasana HP jadu...
Telegram Premium versi beta hadirkan sistem berlangganan
Selasa, 03 Mei 2022 - 13:01 WIB
Aplikasi layanan pesan instan, Telegram, melakukan uji coba sistem langganan yang nantinya dinamakan...
Tips padu padan gaya berpakaian untuk momen Lebaran
Jumat, 29 April 2022 - 21:59 WIB
Fashion Influencers Soraya Ulfa membagikan sejumlah tip padu padan (mix and match) gaya berpakaian ...
Keindahan kaligrafi dalam rancangan Hana Sadiq
Jumat, 29 April 2022 - 16:28 WIB
Perancang Hana Sadiq asal Irak yang bermukim di Yordania menunjukkan kreasinya ke seluruh dunia, tap...
InfodariAnda (IdA)