Wagub Bali minta Pakis dan Pacalang laksanakan nilai Sad Kerthi
Elshinta
Rabu, 19 Januari 2022 - 17:03 WIB |
Wagub Bali minta Pakis dan Pacalang laksanakan nilai Sad Kerthi
Bandesa Agung MDA Provinsi Bali Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet mengukuhkan Prajuru Paiketan Krama Istri dan Pasikian Pacalang Bali Majelis Desa Adat Kabupaten/Kota dan Kecamatan se-Bali untuk masa bakti 2021-2026 di Denpasar, Rabu (19/1/2022). ANTARA/Ni Luh Rhismawati.

Elshinta.com - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati meminta Paiketan Krama Istri (Pakis) dan Pasikian Pacalang Bali di berbagai tingkatan memahami, menghayati, dan melaksanakan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi dalam kehidupan sehari-hari.

"Kearifan lokal Sad Kerthi ini disarikan dari wejangan penglingsir (para sesepuh, red.), guru-guru suci, dan tetua Bali," kata Wagub Bali Oka Artha Ardhana Sukawati yang biasa disapa Cok Ace itu di Taman Budaya, Denpasar, Rabu.

Ia menyampaikan harapan tersebut terkait acara Pengukuhan Prajuru Paiketan Krama Istri dan Pasikian Pacalang Bali Majelis Desa Adat Kabupaten/Kota dan Kecamatan se-Bali untuk masa bakti 2021-2026.

Jajaran prajuru (pengurus) Pakis dan Pacalang tersebut dikukuhkan oleh Bandesa Agung MDA Provinsi Bali Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet.

Paiketan Krama Istri sebagai organisasi sayap dari Majelis Desa Adat (MDA) beranggotakan kaum perempuan di desa adat yang sudah menikah, sedangkan Pasikian Pacalang yang juga organisasi sayap MDA beranggotakan para petugas pengamanan adat.

Menurut Cok Ace, kearifan lokal Sad Kerthi hendaknya dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari karena berisi ajaran yang mulia dan cara masyarakat Bali menjalankan kehidupan yang harmonis dan saling mengasihi sesama manusia maupun terhadap alam dan isinya.

Terlebih, Pemerintah Provinsi Bali juga telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2022 tentang Tata Titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi.

"Dengan acara pengukuhan ini, kami harapkan para prajuru juga dapat mengimplementasikan program pembangunan serta menguatkan fungsi desa adat di Bali dan melaksanakan Perda No. 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali. Jadilah teladan di lingkungan masing masing," ucap Cok Ace.

Paiketan Krama Istri dan Pasikian Pacalang juga diharapkan mendukung berbagai regulasi yang telah dikeluarkan Pemprov Bali, di antaranya Pergub tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai, Pergub Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber, serta Pergub Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali.

Selain itu, Pergub tentang Pelindungan Danau, Mata Air, Sungai dan Laut serta Pergub Fasilitasi Pelindungan Pura, Pratima, dan Simbol Keagamaan.

Bandesa Agung MDA Provinsi Bali Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet juga mengajak Paiketan Krama Istri dan Pasikian Pacalang Bali untuk mengajekkan Bali berdasarkan visi pembangunan Nangun Sat Kerthi Loka Bali menuju Bali Era Baru.

Terlebih, menurut dia, tantangan adat Bali dan agama Hindu di "Pulau Dewata" ke depannya tidak akan mudah karena juga dihadapkan pada gerakan transnasional yang diduga ingin menyeragamkan agama Hindu di Nusantara dan Bali.

"Demi eksistensi agama Hindu di Bali, adat dan budaya Bali, mari kita satukan diri. MDA Bali juga berkewajiban membina dan memotivasi hingga jajaran terbawah untuk menjaga tetap tegaknya Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," ucapnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakapolda Bali Brigjen Pol I Ketut Suardana, Kepala OPD Pemprov Bali, Manggala Pakis MDA Provinsi Bali TIA Kusuma Wardhani beserta jajaran pengurus, Bandesa Madya dan Bandesa Alitan se-Bali, dan prajuru pasikian pacalang dan yowana.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Ponpes Darul Falah rutin lakukan nikah massal tanpa tahu calonnya
Sabtu, 28 Mei 2022 - 23:23 WIB
Pondok Pesantren Darul Falah Pusat di Sidoarjo, Jawa Timur, rutin melakukan nikah massal lima tahun ...
Laksmi Shari dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2022
Sabtu, 28 Mei 2022 - 08:01 WIB
Laksmi Shari De Neefe Suardana, Puteri Indonesia Bali dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2022 di Pl...
Pemilihan Puteri Indonesia 2022 dihadiri tiga ratu dunia
Jumat, 27 Mei 2022 - 22:47 WIB
Pemilihan Puteri Indonesia 2022 akan digelar malam ini, Jumat (27/6) di Plenary Hall, Jakarta Conven...
Kemenag: calon haji tidak diwajibkan vaksin COVID-19 dosis tiga
Jumat, 27 Mei 2022 - 17:03 WIB
Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan calon haji yang aka...
PBNU sampaikan belasungkawa atas wafatnya Buya Syafii Maarif
Jumat, 27 Mei 2022 - 16:57 WIB
Ketua Umum PBNU K.H. Yahya C. Staquf menyampaikan belasungkawa atas wafatnya tokoh bangsa Prof. Dr...
Setelah dua tahun tertunda,141 CJH asal Kabupaten Langkat siap diterbangkan ke Mekkah
Jumat, 27 Mei 2022 - 16:05 WIB
Setelah dua tahun tertunda akibat pandemi COVID-19. Akhirnya keberangkatan calon jamaah haji (CJH) k...
 Beri materi bimbingan haji, Sutiaji terisak-isak
Selasa, 24 Mei 2022 - 17:13 WIB
Wali Kota Malang, Jawa Timur Sutiaji tak bisa membendung tetesan air mata saat mengumandangkan kalim...
Umat Kristen dan Katolik rayakan Paskah bersama, wujud toleransi di Kota Magelang
Selasa, 24 Mei 2022 - 15:06 WIB
Puncak perayaan Paskah digelar umat Kristen dan Katolik se-Kota Magelang di Pendopo Gereja Santo Ign...
Kemenag RI kenalkan dunia Pesantren melalui Program Pesantren di Radio
Senin, 23 Mei 2022 - 09:11 WIB
Selama Ramdan 1443 H. Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Direktorat Jenderal Pendid...
Sekjen Kemenag: Petugas haji harus jadi super tim
Minggu, 22 Mei 2022 - 19:06 WIB
Sekretaris Jenderal Kemenag RI Nizar Ali mengatakan bahwa Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) A...
InfodariAnda (IdA)