Pemerintah apresiasi `Before, Now & Then` masuk Festival Film Berlin
Elshinta
Jumat, 21 Januari 2022 - 22:55 WIB |
Pemerintah apresiasi `Before, Now & Then` masuk Festival Film Berlin
(Dari kiri ke kanan) Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru Kemendikbudristek Ahmad Mahendra beserta tiga pemeran film `Before, Now & Then` Arawinda Kirana, Ibnu Jamil, dan Laura Basuki saat menghadiri acara `Special Media Announcement` di Goodrich Suites Artotel Portfolio, Jakarta, Jumat (21/1/2022). (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)

Elshinta.com - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengapresiasi atas terpilihnya film Indonesia berjudul "Before, Now & Then" masuk dalam program kompetisi utama Festival Film Internasional Berlin.

“Pemerintah siap mendukung apa pun itu. Sudah masuk (ke festival) saja sudah membawa nama dan ini kesempatan Indonesia hadir di internasional. Ini kayaknya bulan madunya Indonesia untuk di festival internasional,” kata Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, saat menghadiri “Special Media Announcement” di Goodrich Suites Artotel Portfolio, di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan bahwa pemerintah terus berkomitmen untuk mendukung posisi perfilman Indonesia, terutama di dalam kompetisi-kompetisi internasional.

“Before, Now & Then” atau “Nana” merupakan film panjang keempat karya sutradara Kamila Andini. Belum lama ini film panjang ketiganya, “Yuni” (2021), berkompetisi di Festival Film Internasional Toronto bersama “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” karya sutradara Edwin.

Selain di Toronto, “Yuni” juga tampil di Festival Film Internasional Busan bersama tiga film Indonesia lainnya, yakni “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas”, “Penyalin Cahaya” karya Wregas Bhanuteja, dan film pendek “Laut Memanggilku” karya Tumpal Tampubolon.

“Kita doakan kalau sampai tahun ini menang, kita naik kelas lagi, nih. Karena ini di kompetisi utama yang sebelumnya kita mimpi-mimpikan sekali. Kalau sampai menang, ini rekor untuk Indonesia,” ujar Mahendra.

Festival Film Berlin merupakan salah satu dari tiga festival film terbesar di Eropa, setara dengan Fesival Cannes dan Venesia. Dalam festival tersebut, “Before, Now & Then” akan memperebutkan penghargaan "Golden Bear" dan "Silver Bear". Festival yang juga dikenal dengan sebutan Berlinale itu akan dihelat secara tatap muka pada 10 hingga 20 Februari di Berlin, Jerman.

“Pemerintah mengucapkan terima kasih kepada Ifa dan Kamila, juga teman-teman semua ini. Ya, kita sih yakin ya (apalagi) pemainnya ada Happy Salma, Laura Basuki, Ibnu Jamil, dan teman-teman,” tutur Mahendra.

“Before, Now & Then” diadaptasi dari salah satu bab dalam novel “Jais Darga Namaku” karya Ahda Imran. Sesuai dengan latar tempatnya, film ini menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa utama dalam dialog.

Film ini memotret kisah hidup seorang perempuan yang hidup di era 1960-an bernama Raden Nana Sunani (diperankan oleh Happy Salma). Dalam film tersebut, Nana diceritakan melarikan diri dari gerombolan yang ingin menjadikannya istri dan membuatnya kehilangan ayah dan anak.

Kemudian ia menjalani hidup baru bersama seorang menak Sunda hingga bersahabat dengan salah satu perempuan simpanan suaminya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Tom Cruise: Saya membuat film untuk layar lebar
Kamis, 19 Mei 2022 - 13:34 WIB
Penayangan perdana film `Top Gun: Maverick` di Festival Film Cannes pada Rabu (18/5) waktu setempat ...
Produser sebut film `Rust` akan dirampungkan
Selasa, 17 Mei 2022 - 08:23 WIB
Produser film `Rust`, yang proses pembuatannya menelan nyawa sinematografer Halyna Hutchins tahun la...
`Pirates of the Caribbean` terbaru belum libatkan Johnny Depp
Selasa, 17 Mei 2022 - 08:11 WIB
Produser `Pirates of the Caribbean` Jerry Bruckheimer mengingatkan penggemar bahwa masa depan film t...
Pendapatan `Doctor Strange` turun tapi tetap rajai box office Amerika
Senin, 16 Mei 2022 - 08:45 WIB
Pendapatan film superhero “Doctor Strange in the Multiverse of Madness” mengalami penurunan taja...
Pendapatan `Doctor Strange 2` lampaui Rp8 triliun
Sabtu, 14 Mei 2022 - 10:55 WIB
`Doctor Strange in the Multiverse of Madness` masih menjadi penguasa box office global, bahkan dalam...
Erick Estrada akui menangis saat Tessy tak diizinkan lagi tampil di tv
Jumat, 13 Mei 2022 - 06:31 WIB
Erick Estrada mengaku sempat menangis saat karakter Tessy harus dihilangkan dari acara televisi Indo...
Sutradara Hirokazu Kore-eda sebut `Broker` jadi proyek film impian
Selasa, 10 Mei 2022 - 23:07 WIB
Sutadara asal Jepang Hirokazu Kore-eda mengatakan film drama terbarunya `Broker` merupakan proyek im...
Dianggap provokatif, Singapura larang film `The Kashmir Files`
Selasa, 10 Mei 2022 - 14:12 WIB
Film tentang umat Hindu yang melarikan diri dari kawasan Kashmir tempat mayoritas muslim akan dilara...
Akankah ada sempalan `Doctor Strange`? Ini kata Benedict Wong
Selasa, 10 Mei 2022 - 10:54 WIB
Ketika Benedict Wong didapuk menjadi Wong dalam film `Doctor Strange` tahun 2016, ia langsung menjad...
`Avatar 2` rilis cuplikan film resmi
Selasa, 10 Mei 2022 - 09:23 WIB
Setelah 13 tahun dan banyak penundaan, 20th Century Studios akhirnya merilis cuplikan resmi dari fil...
InfodariAnda (IdA)