Jumat, 24 November 2017

Wang Yi: Kunjungan Xi Jinping ke AS Hadiri KTT PBB Mempunyai Makna Sejarah

Kamis, 17 September 2015 22:30

Ayo berbagi!
Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi kemarin (16/9) mengatakan, kunjungan ke AS untuk menghadiri serangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) PBB oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping merupakan kunjungan perdana Xi Jinping ke AS dan markas besar PBB, bertepatan dengan peringatan genap 70 tahun kemenangan perang anti fasis dunia sekaligus berdirinya PBB, dan mempunyai makna sejarah.

Wang Yi mengatakan, kunjungan Presiden Tiongkok Xi Jinping kali ini bertujuan mempererat kerja sama dan persahabatan antara Tiongkok dan AS, tentunya akan menjadi kunjungan penting yang bermakna bagi hubungan antara Tiongkok dan AS. Dikatakannya, kedua pihak hendaknya memperoleh inspirasi dari sejarah di mana rakyat Tiongkok dan AS bergandengan tangan untuk maju, menyerap kecerdasan dari pengalaman yang terus berkembangnya hubungan antara Tiongkok dan AS, mengendalikan arah berdasarkan arus sejarah, bersama-sama menjamin hubungan kedua negara berkembang secara sehat dan mantap.

Wang Yi mengatakan, Tiongkok adalah pemelihara tegas tata tertib internasional yang berlaku kini. Rakyat Tiongkok pernah bersama-sama dengan rakyat berbagai negara mengalahkan fasisme dengan jumlah korban mencapai 35 juta orang, kemudian memperoleh perdamaian dunia dan Tiongkok pun menjadi negara pendiri PBB sekaligus anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Kini, Tiongkok telah bergabung dalam hampir semua organisasi antar pemerintah dan 400 lebih konvensi multilateral internasional, menjadi peserta dan pendukung yang paling penting dalam tata tertib serta sistem internasional saat ini. Wang Yi menyatakan Tiongkok tidak mempunyai alasan untuk menggulingkan tata tertib internasional yang diikutsertainya. Sementara itu, Wang Yi mengatakan Tiongkok bersedia memainkan peranan yang selayaknya untuk mendorong tata tertib dan sistem internasional berkembang dengan lebih adil dan pantas.

Wang Yi mengatakan, Presiden Xi Jinping akan menguraikan ide pembangunan yang adil, terbuka, inovatif secara menyeluruh dalam KTT pembangunan PBB, mengajukkan usulan baru untuk mendorong kerja sama global.

Diketahui, Presiden Xi Jinping akan memimpin konferensi meja bundar kerja sama Selatan-Selatan yang diselenggarakan oleh Tiongkok dan PBB. Selain itu, Presiden Xi Jinping akan menghadiri kegiatan mengenai masalah perubahan iklim.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar