Densus: NII Sumbar berencana lengserkan pemerintah jelang Pemilu 2024
Elshinta
Senin, 18 April 2022 - 15:57 WIB |
Densus: NII Sumbar berencana lengserkan pemerintah jelang Pemilu 2024
Sumber foto: Antara/elshinta.com.

Elshinta.com - Penyidik Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri mengungkapkan tersangka jaringan Negara Islam Indonesia (NII) di Sumatera Barat berupaya untuk melengserkan pemerintah yang berdaulat sebelum tahun Pemilu 2024.

Rencana tersebut diperoleh dari keterangan tersangka yang diberikan kepada penyidik dan barang bukti yang ditemukan di lokasi penangkapan.

“Barang bukti yang ditemukan juga menunjukkan sejumlah rencana yang tengah disiapkan oleh jaringan NII Sumatera barat, yakni upaya melengserkan pemerintah yang berdaulat sebelum tahun Pemilu 2024,” kata Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar kepada wartawan di Jakarta, Senin (18/4).

Menurut dia, jaringan NII Sumatera Barat memiliki visi-misi yang sama persis dengan NII Kartosuwiryo, yakni rencana mengganti ideologi Pancasila dan sistem pemerintahan Indonesia saat ini dengan syariat Islam, sistem khilafah dan hukum Islam.

“Dari sejumlah barang bukti yang ditemukan dalam bentuk dokumen tertulis menunjukkan bahwa jaringan NII di Sumatera Barat memiliki visi-misi yang sama persis dengan NII Kartosuwiryo,” kata Aswin.

Ia mengatakan NII Sumatera Barat memiliki banyak rencana, terdapat juga potensi ancaman berupa serangan teror yang tertuang dalam wujud perintah mempersiapkan senjata tajam (disebut golok) dan juga mencari para pandai besi.

“Temuan alat bukti arahan persiapan golok tersebut sinkron dengan temuan barang bukti sebilah golok panjang miliki salah satu tersangka,” katanya.

Aswin menyebutkan, penyidik masih terus mendalami keterangan dari para tersangka.

Pada bulan Maret 2022 telah dilakukan penegakan hukum terhadap 16 orang anggota jaringan NII di 2 tempat di Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Tanah Datar.

Penegakan hukum terhadap anggota jaringan NII di Provinsi Sumatra Barat dilakukan sebagai salah satu upaya mengungkap struktur dan menekan perkembangan jaringan NII baik di tingkat kewilayahan hingga ke pusat.

“Hal ini penting dilakukan mengingat perkembangan jaringan NII sudah tersebar masif di berbagai wilayah di Indonesia, antara lain di Jakarta, Tangerang, Jawa Barat, Bali, Sulawesi, Maluku, dan juga Sumatra Barat,” kata Aswin.

Khusus wilayah Sumatera Barat, kata dia, para tersangka yang sudah ditangkap memberikan keterangan bahwa struktur NII berada pada tingkat cabang/kecamatan atau CV IV/Padang dalam istilah organisasi terlarang tersebut.

Mereka memiliki anggota mencapai 1.125 orang, di mana sekitar 400 orang di antaranya merupakan personel aktif dan selebihnya non aktif (sudah berbaiat namun belum aktif dilibatkan dalam kegiatan NII) yang sewaktu-waktu bisa diaktifkan apabila perlu.

NII Cabang IV/Padang terbagi dalam 5 ranting/UD yang masing-masing beranggota sekitar 200 orang. Dari jumlah total di Sumatera Barat, 833 orang tersebar di Kabupaten Dharmasraya dan 292 orang di Kabupaten Tanah Datar.

Aswin menjelaskan, proses perekrutan anggota NII juga digelar secara terstruktur dan sistematis. Untuk bergabung menjadi “warga” NII, seseorang harus melalui 4 tahap perekrutan yang disebut “pencorakan” yaitu P1 (pencorakan 1), P2, PL/P3 dan P4.

Densus juga mendeteksi potensi ancaman teror NII Sumatera Barat, di antaranya memiliki keinginan untuk mengubahi ideologi Pancasila dengan ideologi Syariat Islam secara kaffah. Memiliki niat untuk menggulingkan pemerintahan yang sah apabila NKRI sedang dalam keadaan kacau/chaos. Melakukan berbagai kegiatan i’dad (persiapan serangan teror) secara rutin.

Kemudian merencanakan persiapan logistik serangan teror berupa senjata tajam (golok) serta produsen senjata tajam (pandai besi), melakukan perekrutan anggota secara masif di wilayah Sumatra Barat dengan melibatkan anak-anak di bawah umur dan memiliki hubungan dengan kelompok teror di wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Bali.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Lahir di Hari Bhayangkara, tiga bayi di Kota Tangerang dapat kejutan dari Kapolres
Jumat, 01 Juli 2022 - 23:36 WIB
Tiga bayi yang baru lahir di Kota Tangerang, Banten bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Bhayangkara k...
 Dituding ambil paksa beras, Kabid Humas Polda Sumut: Sudah sesuai prosedur
Jumat, 01 Juli 2022 - 23:25 WIB
Polda Sumut angkat bicara soal tudingan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Krimsus) Polda ...
 Kapolres dan Dandim pastikan situasi di Pidie kondusif
Jumat, 01 Juli 2022 - 22:37 WIB
Kapolres Pidie AKBP Padli dan Dandim 0102/Pidie, Letkol Inf Abd Jamal Husin memastikan situasi di w...
BNPT lakukan pencegahan aksi terorisme jelang KTT G-20
Jumat, 01 Juli 2022 - 22:06 WIB
Indonesia resmi ditetapkan sebagai sekretariat G20 sekaligus tuan rumah penyelenggaraan sejumlah per...
Polda Jatim `launching` buku kumpulan soal ujian teori SIM
Rabu, 29 Juni 2022 - 22:36 WIB
Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur, Rabu (29/6) siang, menggelar `Launching Buku Ku...
 Peringati HUT ke-76 Bhayangkara, Polres Padangsidimpuan ziarah di Makam Bahagia
Rabu, 29 Juni 2022 - 16:45 WIB
Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Kepolisian Negara Republik Indonesia ke-76 tahun 2022, Polres ...
Kepala BNPT: KTN strategi `pentahelix` penanggulangan terorisme
Selasa, 28 Juni 2022 - 16:57 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komisaris (BNPT) Jenderal Polisi Boy Rafli Amar menga...
HUT Bhayangkara ke-76, Polres Padangsidimpuan gelar olah raga dan peduli lingkungan 
Selasa, 28 Juni 2022 - 16:45 WIB
Polres Padangsidimpuan menggelar olah raga, jalan santai dan peduli lingkungan dalam rangka Hari Bha...
Satgas Yonif 126/KC laksanakan karya bakti bersama warga perbatasan Papua
Senin, 27 Juni 2022 - 19:36 WIB
Bersama warga kampung perbatasan RI-PNG, personel Pos Batom Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC melaks...
Satgas Pamtas Yonif 126/KC bagikan sembako di Kampung Pund Distrik Waris, Papua 
Senin, 27 Juni 2022 - 17:13 WIB
Pos Kout Satgas Pamtas Yonif 126/KC dipimpin Wadan Satgas Mayor Inf Wahidin Sobar berbagi keceriaan ...
InfodariAnda (IdA)