Kiat bila ingin manfaatkan uang THR sebagai tabungan
Elshinta
Sabtu, 23 April 2022 - 07:11 WIB |
Kiat bila ingin manfaatkan uang THR sebagai tabungan
Ilustrasi uang THR (Pixabay)

Elshinta.com - Uang Tunjangan Hari Raya (THR) tahun ini bisa Anda dapatkan selambat-lambatnya tujuh hari sebelum hari raya bagi umat Islam itu, merujuk pada peraturan Kementerian Ketenagakerjaan. Sebagian pegawai di tanah air bahkan mulai mendapatkannya hari ini.

Dalam memanfaatkannya, maka kecermatan menjadi hal yang diperlukan agar dana tak habis begitu saja, mengingat sebagian Anda memiliki kebutuhan menjelang dan saat Lebaran. mulai dari membagikan THR kepada orang tua, adik-adik, keponakan, membeli baju baru, hingga untuk memasak berbagai macam hidangan khas Lebaran yang lezat.

Tetapi, sebagian orang bisa memanfaatkan THR sebagai tabungan di masa depannya. Berikut kiat yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan uang THR dengan bijak, khususnya sebagai tabungan di masa depan seperti dikutip dari siaran pers Zipmex Indonesia, Jumat:

1. Niatkan tekad untuk menabung
Menyisihkan uang THR untuk ditabung selain akan sangat berguna untuk masa depan, juga dapat mencegah Anda untuk berperilaku konsumtif dengan membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Mulai menabung sekecil apapun, sangat berarti untuk dapat membentuk kebiasaan baik di masa depan.

2. Alokasikan sebagian untuk dana darurat
Sesuai dengan namanya, dana darurat berfungsi sebagai sumber dana yang dapat Anda gunakan untuk hal-hal yang tidak terduga seperti saat terkena PHK, munculnya pandemi, kebutuhan mendadak, dan lain sebagainya.

Dana darurat merupakan salah satu bagian dalam perencanaan keuangan yang wajib dimiliki, karena dapat mencegah Anda memiliki hutang, menutupi biaya mendesak, bahkan dapat menjadi dana untuk masa depan.

Asuransi dapat dikategorikan sebagai menabung, karena dapat berguna untuk keadaan-keadaan mendesak di luar ekspektasi dan tidak diinginkan seperti saat kecelakaan, kematian, dan lainnya. Kerugian-kerugian atas kejadian tersebut dapat diminimalisasi dengan asuransi yang sudah Anda miliki.

3. Menyiapkan dana pensiun sedikit demi sedikit
Tabungan pensiun dapat menjadi jaminan di hari tua Anda saat usia Anda sudah tidak produktif lagi. Hal tersebut dilakukan agar di masa tua, Anda masih dapat memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari. Menggunakan uang THR untuk dialokasikan ke dana pensiun dikatakan merupakan suatu hal yang bijak.

4. Perluas portfolio Investasi Anda
Dengan Anda mengalokasikan THR Anda untuk berinvestasi, Anda dapat memiliki masa depan yang aman dan tenang. Saat ini sudah banyak instrumen investasi yang memudahkan Anda untuk mulai berinvestasi. Dari mulai emas, saham, reksadana sampai kripto. Belakangan kripto menjadi salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dan menjadi salah satu dari lima instrumen investasi terpopuler bersama dengan emas.

“Beberapa hari menjelang hari raya banyak orang yang menghabiskan uang THR untuk membeli hal-hal yang sifatnya konsumtif. Sebaiknya uang THR tersebut digunakan untuk membayar hutang, menabung, membayar zakat, dana darurat, membeli kebutuhan lain untuk hari raya, dan 10 - 20 persen dari uang THR dapat dialokasikan untuk berinvestasi," kata Head of Growth Zipmex Indonesia, Siska Lestari.

Dia mengingatkan, saat akan berinvestasi, sebaiknya pastikan aplikasi atau platform yang digunakan telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Google bermasalah di Eropa soal privasi data
Kamis, 30 Juni 2022 - 14:36 WIB
Lembaga perlindungan konsumen di Prancis melayangkan protes kepada Google soal praktik pengumpulan d...
Lima tips agar keuangan Anda tetap sehat
Kamis, 30 Juni 2022 - 00:11 WIB
Perekonomian Indonesia di tahun 2022 diprediksi akan membaik seiring dengan meningkatnya konsumsi m...
Otak gurita punya kesamaan dengan manusia
Rabu, 29 Juni 2022 - 19:08 WIB
Studi menunjukkan bahwa dua spesies gurita yakni gurita biasa octopus vulgaris dan octopus bimaco...
Karakter Teddy Bear kini hadir di PUBG Mobile
Senin, 27 Juni 2022 - 15:25 WIB
Salah satu game mobile paling populer, PUBG Mobile, bermitra dengan produsen boneka terkemuka dan...
Peringatan kiamat makin dekat, kembali jadi topik perbincangan
Sabtu, 25 Juni 2022 - 17:11 WIB
Sejumlah agama mempercayai adanya kiamat, yaitu kehancuran alam semesta, mulai Islam, Kristen, Hindu...
Bertumpu pada teknologi untuk bangkit dari pandemi
Sabtu, 25 Juni 2022 - 16:35 WIB
Pandemi virus corona sudah berlangsung selama dua tahun, sudah sejak itu pula Indonesia berusaha ban...
Twitter uji coba fitur Notes, bisa cuit lebih dari 280 karakter
Kamis, 23 Juni 2022 - 08:47 WIB
Media sosial Twitter mengonfirmasi sedang menguji fitur cuitan yang lebih panjang bernama Twitter No...
Integrasi antarmoda tingkatkan minat masyarakat naik transportasi umum
Rabu, 22 Juni 2022 - 22:59 WIB
Direktur Niaga PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Hadis Surya Palapa mengatakan, integrasi antarmoda d...
Telegram Premium resmi meluncur dengan ragam fitur eksklusif
Rabu, 22 Juni 2022 - 08:59 WIB
Aplikasi perpesanan Telegram resmi meluncurkan fitur Telegram Premium pada 19 Juni 2022, yang memung...
TikTok pindahkan data penggunanya di AS ke penyimpanan Oracle
Senin, 20 Juni 2022 - 10:47 WIB
TikTok mengumumkan telah memindahkan informasi para penggunanya di Amerika Serikat (AS) ke server pe...
InfodariAnda (IdA)