Tokoh lintas agama kunjungi ulama muslim untuk halal bihalal
Elshinta
Senin, 09 Mei 2022 - 22:57 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Tokoh lintas agama kunjungi ulama muslim untuk halal bihalal
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

Elshinta.com - Para tokoh lintas agama berkunjung ke beberapa tokoh Muslim di Semarang dalam suasana Idul Fitri yang di Indonesia dikenal sebagai tradisi halal bihalal. Pada Minggu (8/5) lalu Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah H Tafsir Ahmad mendapat kunjungan itu. Sementara pada Senin (2/5) lalu KH Mustamaji (Ketua FKUB Kota Semarang), KH Anashom (Ketua PCNU Kota Semarang), Syekh Bagir (Ketua Yayasan Nurutsaqolain) - Syiah, Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) Semarang di Masjid Nusrat Jahan, KH  Muhammad Abdul Qodir (Pengasuh Pondok Pesantren Roudhotus Sholihin Demak) menyambut kunjungan para tokoh lintas agama tersebut. 

Para tokoh lintas agama itu di antaranya adalah Romo Eduardus Didik Chahyono SJ (Kordinator umum Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang), Romo FX Sugiyana Pr (Vikep Semarang), Romo Herman Yosef Singgih (Pastor Paroki Katedral Semarang), Banthe Cattamano (Budha), Pendeta Rahmat Paska Rajagukguk (Kristen), Dwiyanto Putra Sudrajat - Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) Provinsi Jawa Tengah, Adi Pratikto - Presidium Generasi Muda Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan YME Indonesia (Gemapakti) Provinsi Jawa Tengah, Maulana Saefullah Ahmad Farouk - Mubaligh Daerah Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) Provinsi Jawa Tengah.

Kemudian Anton Baskoro (Wakil Ketua Generasi Muda FKUB Provinsi Jawa Tengah), Setyawan Budi (Pelita), Ayuni Setiyoningsih (Perempuan Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan YME Indonesia  Provinsi Jawa Tengah), dan Suster Pascali (Biarawati Penyelenggaraan Ilahi). 

Tafsir Ahmad menjelaskan makna halal bihalal itu kepada para tamunya. "Dalam Islam,halal bihalal memang setiap saat dapat dilakukan. Bahkan ada nasihat, apabila ada umat Muslim yang bertikai atau bermusuhan, mereka harus segera meminta maaf dan memberi maaf, dan  dalam tempo tiga  hari hubungan  harus kembali menjadi baik. Dengan demikian halal bihalal tidak sebatas dilakukan pada saat Idul Fitri. Sementara tradisi melaksanakan halal bihalal pada saat bulan Syawal merupakan budaya umat Muslim Indonesia.” 

Eduardus Didik Chahyono  sebagai Kordinator umum Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang berkesempatan menyampaikan selamat merayakan Idul Fitri dari Uskup Agung Mgr Robertus Rubiyatmoko, Keuskupan Agung Semarang.

”Saya terkesan dengan sambutan Bapak Tafsir selaku ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah. Selain penuh canda,Pak Tafsir menjamu seluruh tamu dengan luar biasa. Padahal saya belum menyampaikan jumlah tamu yang ikut serta dalam silaturahmi tersebut. Kunjungan dengan tokoh lintas agama dan kepercayaan sebagai kejutan,” kata Didik seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Joko Hendrianto.

Sementara itu Banthe Cattamano mengungkapkan  mengundang Pimpinan Wilayah Muhammadiyah untuk berkenan bersilaturahmi pada saat Hari Raya Waisak. 

Saat kunjungan para tokoh lintas agama pada Senin lalu (2/5)Romo  Sugiyana menyampaikan Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri kepada para ulama Muslim itu.

”Kami ikut bergembira dengan perayaan Idul Fitri tahun ini.Kami dari Gereja Katolik Keuskupan Agung Semarang menyampaikan Selamat Merayakn Hari Raya Idul Fitri.Mohon maaf lahir batin.Semoga jalinan persaudaraan dapat terus berjalan baik,” kata Sugiyana.

KH Mustamaji mengaku terharu atas kunungan para tamunya seraya berkata, ”Kami berterima kasih atas kunjungan dan perhatiannya di Hari Raya Idul Fitri.Kami berharap silaturahmi ini semakin memperkuat kerja sama menjaga kerukunan di Kota Semarang.”

KH Anashom pun merasa mendapat kehormatan dengan kunjungan tokoh lintas agama. Ia berharap kerja sama di antara para tokoh lintas agama  perlu dirawat karena masih ada tantangan yang tidak ringan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pura Besakih dan manajemen bagi cikal bakal Hindu Dharma di Bali
Rabu, 29 Juni 2022 - 22:47 WIB
Kawasan Pura Besakih di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem memiliki 19 pura yang menjadi saksi...
Gubernur dan Kapolda dukung tim Sumut di Festival Nusantara Gemilang 2022
Rabu, 29 Juni 2022 - 17:24 WIB
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersama Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanj...
Pemerintah berharap tambahan kuota haji dapat digunakan tahun 2023
Rabu, 29 Juni 2022 - 17:13 WIB
Pemerintah berharap tambahan kuota haji dari Pemerintah Arab Saudi yang tidak bisa dimanfaatkan pada...
Ganjar Pranowo mendadak sutradarai Gemu Fa Mire di Borobudur Student Festival
Selasa, 28 Juni 2022 - 14:05 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendadak menjadi sutradara pertunjukan tari Maumere atau Gemu Fa...
 Mudahkan calon pekurban, ACT Medan berikan harga hewan kurban yang terjangkau
Minggu, 26 Juni 2022 - 17:23 WIB
 Ibadah kurban adalah ibadah yang sangat dianjurkan pada Hari Raya Idul Adha. Perayaan Hari raya Id...
Satlantas Polres Aceh Utara gelar bakti sosial untuk masyarakat miskin
Minggu, 26 Juni 2022 - 14:56 WIB
Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-76, personel Sat lantas Polres  Aceh Utara gelar bakti s...
Kota Magelang canangkan 11 Kampung Religi
Minggu, 26 Juni 2022 - 14:48 WIB
Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah mencanangkan 11 kampung religi, di Pendopo Pengabdian Kota Ma...
Suku Asmat dengan segudang bakat terpendam
Sabtu, 25 Juni 2022 - 15:23 WIB
Berbicara tentang Suku Asmat, semua orang pasti akan tertuju pada keahliannya mengukir kayu secara m...
Aceh Besar pertahankan gelar juara umum MTQ Aceh
Sabtu, 25 Juni 2022 - 14:47 WIB
Kontingen Kabupaten Aceh Besar berhasil mempertahankan gelar juara umum pada Musabaqah Tilawatil Qur...
Palembang berencana menjalankan gerakan shalat subuh berjamaah
Sabtu, 25 Juni 2022 - 13:57 WIB
Pemerintah Kota Palembang di Provinsi Sumatera Selatan berencana menjalankan gerakan shalat subuh be...
InfodariAnda (IdA)