Lima dokter tangani pasien berbobot 275 kg jatuh dari lift
Elshinta
Rabu, 11 Mei 2022 - 20:59 WIB |
Lima dokter tangani pasien berbobot 275 kg jatuh dari lift
Dokter yang menangani pasien berbobot 275 kilogram yang terjatuh dari lift, dr Agung Riyanto Budi Santoso Sp.OT (K), pada saat memberikan keterangan kepada media di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (11/5/2022). (ANTARA/Vicki Febrianto)

Elshinta.com - Lima dokter spesialis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar Kota Malang memberikan penanganan medis kepada Dwi Ariesta Wardhana (38), pasien dengan bobot 275 kilogram yang mengalami patah tulang kaki akibat terjatuh dari lift.

Agung Riyanto Budi Santoso Sp.OT (K), dokter yang menangani Dwi Ariesta  di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu mengatakan, penanganan pasien tersebut tidak hanya fokus pada kondisi patah tulang yang dialami, namun ada sejumlah hal lain yang menjadi perhatian tim dokter.

"Karena kondisinya over weight, biasanya banyak komplikasinya. Kita tidak mau kecolongan kalau ada apa-apa," kata Agung.

Agung menjelaskan, lima dokter spesialis yang menangani Dwi Ariesta tersebut adalah dokter spesialis ortopedi, spesialis anestesi (pembiusan), spesialis penyakit dalam, spesialis gizi dan spesialis rehab medik.

Menurut dia secara garis besar kondisi pasien membaik dan sudah dilakukan tindakan darurat untuk operasi pada pergelangan kaki kiri yang mengalami patah tulang terbuka. Sementara untuk patah tulang pada pergelangan kaki dan lutut kanan akan dilakukan pekan depan.

Untuk melakukan operasi pada pergelangan kaki kiri dan lutut kanan tersebut, lanjutnya, saat ini masih dilakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam, karena pasien terindikasi memiliki penyakit diabetes dan fungsi ginjal yang menurun.

"Kami lakukan secara komprehensif untuk penanganan pasien. Prinsip kami, jika ada kejadian patah tulang, bukan hanya itu yang kami rawat. Akan tetapi penyakit lain yang kita temukan, juga kita tangani," katanya.

Ia menambahkan, selain akan menjalani operasi dan pemulihan akibat mengalami patah tulang tersebut, pasien rencananya juga akan diberikan program penurunan berat badan yang dikonsultasikan dengan ahli gizi.

"Mulai diabetesnya kita konsultasikan ke penyakit dalam. Program gizi kita nanti ke instalasi gizi, harapannya program penurunan berat badan bisa dilaksanakan secara simultan di sini," ujarnya.

Dengan berat badan 275 kilogram, lanjutnya, pasien akan mengalami kendala pada proses rehabilitasi penyembuhan patah tulang. Usai menjalani operasi, pasien akan menjalani proses rehabilitasi dengan harapan fungsi pergelangan kaki dan lutut bisa kembali normal.

"Terlebih, harus menyangga beban yang cukup berat ini. Akan kami konsultasikan kepada gizi, dengan pasien seperti ini, yang aman harus turun berapa kilogram per minggunya. Proses rehabilitasi akan mengikuti program dietnya," ujarnya.

Sebagai informasi, Dwi Ariesta terjatuh pada saat akan turun dari lantai dua di kediamannya yang berada di Perumahan Puri Kartika Asri Blok Q, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang Kota Malang pada Sabtu (7/5) menggunakan lift barang yang dimodifikasi.

Pada saat akan turun ke lantai satu, tali sling atau kawat penghubung mesin dengan lift yang dipergunakan Dwi Ariesta putus. Dwi Ariesta terjatuh dari ketinggian kurang lebih tiga meter dan menyebabkan patah tulang pada kedua kakinya.

Proses evakuasi korban dilakukan oleh tim dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang bersama Pemadam Kebakaran Kota Malang yang menerjunkan kurang lebih 12 personel. Dwi Ariesta kemudian dibawa ke RSUD Saiful Anwar Kota Malang untuk mendapatkan perawatan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kapal wisata di Labuan Bajo tenggelam
Selasa, 28 Juni 2022 - 10:04 WIB
Kapal wisata tenggelam di perairan dalam wilayah Taman Nasional Komodo (TNK) Labuan Bajo, Manggarai ...
Diskar PB Kota Bandung atasi kebakaran sejumlah rumah di Pasirkoja
Sabtu, 25 Juni 2022 - 22:31 WIB
Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Jawa Tengah mengatasi kebakaran...
Tiga warga Desa Windusari luka-luka diserang babi hutan
Kamis, 23 Juni 2022 - 18:57 WIB
Tiga orang warga Dusun Kuwang, Desa Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis, mengalami luk...
Patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut di Katingan Kalteng roboh
Sabtu, 18 Juni 2022 - 21:51 WIB
Patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut yang terletak di tengah bundaran perkantoran Bupati Katingan, ...
18 Juni 2020: KM Puspita Jaya tenggelam di perairan Selat Sunda
Sabtu, 18 Juni 2022 - 06:14 WIB
Kapal Motor (KM) Puspita Jaya tenggelam di Perairan Selat Sunda, pada Kamis, 18 Juni 2020. Sebanyak ...
15 kios di kompleks Pasar Induk Jambu Dua Bogor terbakar
Senin, 13 Juni 2022 - 15:23 WIB
Sebanyak 15 kios semi permanen di kompleks Pasar Induk Jambu Dua, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor...
Kebakaran hebat di Jalan Nias Palembang
Senin, 13 Juni 2022 - 14:47 WIB
Kebakaran hebat terjadi di pemukiman padat penduduk di Jalan Nias, Kelurahan 26 Ilir D.I, Kecamatan ...
Sebuah gudang besar di Sampit terbakar membuat warga panik
Senin, 13 Juni 2022 - 07:11 WIB
Kebakaran melanda sebuah gudang berukuran besar di Jalan Kopi Selatan RT 34 RW 07 Kecamatan Mentawa ...
Tim SAR evakuasi tiga nelayan dihantam gelombang di perairan Kolaka
Minggu, 12 Juni 2022 - 20:09 WIB
Tim SAR gabungan mengevakuasi tiga nelayan yang kapalnya terbalik akibat dihantam gelombang tinggi s...
Satu orang meninggal dunia dalam kebakaran kapal di perairan Karimun
Minggu, 12 Juni 2022 - 15:57 WIB
Satu orang meninggal dunia dalam kebakaran kapal KLM Bintang Surya, kapal kargo kayu bermuatan baran...
InfodariAnda (IdA)