Mencicipi enam menu lokal bercita rasa Tehbotol Sosro
Elshinta
Minggu, 15 Mei 2022 - 08:01 WIB |
Mencicipi enam menu lokal bercita rasa Tehbotol Sosro
Sajian Bolu Batik Ginding Tehbotol Sosro dari Majalengka. (instagram.com/localsunite.id)

Elshinta.com - Enam menu kreasi kuliner dari sejumlah wilayah di Indonesia hadir di Pos Bloc, Jakarta, pada Sabtu, yang memanfaatkan bahan baku lokal yang dipadukan dengan produk Tehbotol Sosro.

Keenamnya merupakan UMKM terpilih hasil dari babak penyisihan kompetisi bertajuk “Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah” yang diadakan oleh PT Sinar Sosro atau Tehbotol Sosro. Para UMKM tersebut masing-masing mewakili daerah asal, antara lain Malang, Solo, Yogyakarta, Majalengka, Palembang, dan Pontianak.

Berikut rangkuman enam sajian lokal bercita rasa Tehbotol Sosro dari setiap daerah, mulai dari makanan kecil atau kudapan, makanan besar atau lauk, hingga minuman.
​​
Pindang Deleg Sosro Anti Galau, Palembang
Tehbotol Sosro menobatkan menu khas Palembang ini sebagai juara pertama kompetisi. Pindang deleg merupakan masakan berbahan baku utama ikan yang dibumbui rempah-rempah, menghasilkan paduan citarasa asam, manis, dan pedas serta aroma rempah pada kuahnya.

“Rasa asam, manis, dan pedas itu sebetulnya akulturasi budaya di Palembang. Ada budaya Melayu, budaya China, budaya India,” kata Yunita Rahma Sari atau disapa Cik Ari sebagai kreator resep saat ditemui wartawan di Jakarta, Sabtu.

Dalam sajian ini, ia memanfaatkan Tehbotol Sosro varian less sugar sebagai kuah pindang deleg. Varian teh tersebut, menurutnya, memberi standarisasi rasa manis pindang deleg kreasinya sehingga tidak perlu menambahkan gula lagi.

Agar pindang deleg disukai anak-anak, Cik Ari menggunakan ikan yang di-fillet sehingga tidak ada duri atau tulang yang tersisa.

Creamy Tehbotol Sosro (CreaTos), Solo
Creamy Tehbotol Sosro (CreaTos) merupakan produk kreasi Pukis Badran yang masuk dalam kategori Pukis in Cup. Kudapan ini mengadaptasi konsep lawas dan kebaruan. Pukis, jajanan pasar yang sudah eksis sejak lama, diubah penampilannya serupa dessert box.

“Saya terinspirasi dari dessert box, itu kan ada lapisan krim sama cake. Tapi untuk cake saya ganti dengan pukis. Kemudian krimnya itu saya ganti, ada yang diganti pakai Tehbotol Sosro dan rasa buah asli,” kata Renata Zoraifi sebagai pembuat resep.

Selain Tehbotol Sosro, Renata juga menambahkan sejumlah bahan lokal lainnya kacang mete dari Wonogiri dan susu segar dari Boyolali. Tampilan CreaTos disajikan layaknya dessert box pada umumnya. Krim dan pukis disusun lapis demi lapis di dalam cup kecil.


Sajian Teatropple Tehbotol Sosro dari Malang. (instagram.com/localsunite.id)

Bolu Batik Ginding Tehbotol Sosro, Majalengka
Pembuat resep Imma Tresna Mahasari menghadirkan sajian bolu yang menggunakan bahan baku mangga gedong gincu khas Majalengka yang dikolaborasikan dengan Tehbotol Sosro. Yang menjadi unik, bolu ini memiliki ukiran motif batik dengan tema gedong gincu.

“Di antara banyaknya bahan baku lokal Majalengka, saya memilih mangga gedong gincu karena memang lebih disukai dan lebih familiar bagi anak-anak maupun dewasa. Lalu kandungan vitaminnya juga baik, warnanya juga bagus,” kata Imma.

Tongseng Kembang Gedang Kuah Tehbotol Sosro, Yogyakarta
Tongseng sebagai sajian khas Yogyakarta dikreasikan menggunakan bahan baku jantung pisang dan memadukan produk Tehbotol Sosro ke dalam kuahnya.

Kombinasi santan rasa gurih dengan aroma melati pada teh menghasilkan rasa yang selaras. Produk Tehbotol Sosro ini menetralkan kentalnya kuah santan tongseng dan menjadikannya semakin gurih dan sedap. Pada menu ini, keunikan terletak pada Tehbotol Sosro yang bisa menggantikan gula.

Teh Sejuk Sosro Pontianak
Resep kreasi ini terinspirasi dari keinginan untuk membawa bahan-bahan khas Pontianak yang dapat disajikan ke dalam sebuah minuman dan dapat dikolaborasikan dengan Tehbotol Sosro.

Teh Sejuk Sosro menggunakan bahan baku lokal lidah buaya (aloe vera) dan jeruk kasturi. Kedua bahan ini sangat identik dengan kota Pontianak. Melalui kreasi Tehbotol Sosro, pembuat resep berharap minuman ini dapat menjadi varian baru serta inovasi dalam bisnis minuman kemasan.

Teatropple Tehbotol Sosro, Malang
Kudapan oleh-oleh ini dibuat dengan memadukan bahan-bahan yang kerap dijumpai di sekitar Malang, yaitu buah apel Malang, ubi ungu Gunung Kawi, dan tempe Malang. Kata “Teatropple” sendiri merupakan singkatan dari tiga bahan dasar tersebut.

Dengan mengombinasikan produk Tehbotol Sosro, kreasi Teatropple menghasilkan rasa yang manis dan legit, serta menonjolkan kekhasan Malang melalui bahan bakunya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Menelusuri ragam kuliner kuno Pesisir Barat Lampung yang masih terjaga
Selasa, 14 Juni 2022 - 10:21 WIB
Ketika melancong ke berbagai tempat, tentu berburu kuliner menjadi salah satu kegiatan yang biasa di...
Kacang panggang Indonesia tembus pasar Kanada
Rabu, 08 Juni 2022 - 08:01 WIB
Kementerian Perdagangan melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Vancouver memeriksa kedatan...
Sambal Tempoyak Jambi tembus pasar internasional
Rabu, 08 Juni 2022 - 06:31 WIB
Usaha sambal tempoyak \"Maugi\" yang dirintis ibu Pendrawati (39) anggota UMKM Jambi yang berproduks...
Chef asal Amerika ini belajar olahan Sate Maranggi
Sabtu, 04 Juni 2022 - 12:35 WIB
Sate Maranggi merupakan salah satu kuliner yang dimiliki Kabupaten Subang, Jawa Barat. Makanan ini c...
Enam pilihan produk makanan ramah vegan
Sabtu, 28 Mei 2022 - 11:25 WIB
Anuga Asia 2022 yang digelar sejak 24 Mei hingga 28 Mei ini di IMPACT Muang Thong Thani, Bangkok, Th...
jangkrik sebagai panganan dan tips menyantapnya
Jumat, 27 Mei 2022 - 09:35 WIB
Serangga semisal jangkrik sebagai salah satu sumber makanan yang tersedia di sejumlah negara termasu...
Mencicip cita rasa tradisional Buak Tat Lampung
Senin, 16 Mei 2022 - 12:55 WIB
Kuliner tradisional kini memang menjadi daya tarik tersendiri di tengah perkembangan zaman yang sema...
Hal yang perlu diperhatikan saat bangun bisnis kuliner
Minggu, 15 Mei 2022 - 12:33 WIB
Penceritaan atau story telling pada jenama menjadi salah satu elemen penting yang perlu diperhatik...
Mencicipi enam menu lokal bercita rasa Tehbotol Sosro
Minggu, 15 Mei 2022 - 08:01 WIB
Enam menu kreasi kuliner dari sejumlah wilayah di Indonesia hadir di Pos Bloc, Jakarta, pada Sabtu, ...
Lembut gurih sate domba Afrika yang disantap dengan pisang goreng
Rabu, 11 Mei 2022 - 19:47 WIB
Bicara soal sate, yang terbayang pasti potongan daging kecil tersusun rapi di tusuk kayu yang dibaka...
InfodariAnda (IdA)